Fakultas | Tarbiyah dan Ilmu Keguruan |
Jurusan | PENDIDIKAN (TADRIS) KIMIA |
Kode Matakuliah | KIM102 |
Nama Matakuliah | Biologi Umum |
Semester | 1 |
SKS | 3 sks |
Pengampu Perkuliahan | LIZA MEINI FITRI, M.,SI |
Peserta Perkuliahan | 2030110001 - ALIFAH PUTRI SALSABILA, 2030110002 - ANDINI GUSTI AYU, 2030110003 - ANDRI YANSAH EFENDI, 2030110004 - APRILIANI, 2030110005 - AULIATUL ANISA, 2030110006 - FITRI YANTI, 2030110007 - GIBRINA RIZKI, 2030110008 - LAILATUL HASANAH, 2030110009 - MUHAMMAD SYADAM NASHYRA, 2030110010 - MUTIARA NADILA, 2030110011 - PANI FEBIOLA PUTRI, 2030110012 - RANDI MUYANDA SAPUTRA, 2030110013 - SITI NUR WAHYUNINGSIH, 2030110014 - SYAFNIDA WATI, 2030110015 - TANIA ANANDA PUTRI, 2030110016 - UCI SRI RAHAYU, 2030110017 - UKE DEVANI, 2030110018 - VIDDARINUR, 2030110019 - ZAHARA RAHMA |
a. Mendeskripsikan konsep dasar biologi dan sejarah kehidupan (history of life)
b. Mendeskripsikan konsep dasar sel sebagai sistem dan perannya dalam kemajuanbiologi
c. Mempraktikkan pengetahuan tentang sistematika dalam klasifikasi organismedalam mengidentifikasi keanekaragaman hayati
d. Mendeskripsikan anatomi tumbuhan dan hubungannya dengan proses fisiologis
e. Mendeksripsikan anatomi hewan dan hubungannya dengan proses fisiologis
f. Mendeskripsikan pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup
g. Mendeskripsikan mikroorganisme dan peranannya dalam kehidupan
h. Mendeskripsikan pewarisan sifat dan evolusi
i. Mengkaji ekologi beserta komponen dan proses di dalamnya
j. Mendeskripsikan peranan bioteknologi dan kemajuannya bagi kesejahteraanmanusia
k. Mempraktikkan metode penelitian biologi untuk menemukan konsep biologi
l. Mengintegrasikan nilai-nilai keislaman (khususnya terkait akidah, syariah dan akhlak) ke dalam setiap materi atau sub materi biologi umum.
a. Mampu menunjukkan sikap religius
b. Menjunjung tinggi nilai-nilai keislaman yang terkandung di setiap materi/sub materi biologi umum dalam menjalankan tugas.
c. Menginternalisasi nilai-nilai yang terkandung di setiap materi/sub materi biologi umum
d. Mampu mengendalikan pikiran dan perasaan sehingga mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan.
e. Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
f. Memiliki sikap empati yang tinggi terhadap lingkungan dan makhluk hidup lainnya
g. Memiliki etika ilmiah dan mampu mengembangkan nilai-nilai kepribadian melalui pembelajaran biologi umum
h. Memiliki sikap bertanggungjawab dan berakhlak mulia dalam melaksanakan tugas sebagai pendidik Biologi
Minggu ke | Indikator Capaian Pembelajaran | Bahan Kajian | Metode Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Waktu Pembelajaran | Tugas dan Penilaian | Sumber Belajar |
---|---|---|---|---|---|---|---|
1 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 1. menjelaskan dan mendiskusikan CPL, CPM, bahan kajian berikut sumber belajar, kegiatan pembelajaran, dan asesmen serta etika akademik dan nonakademik terkait perkuliahan pembelajaran dan tugas individual dan kelompok | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
2 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | menjelaskan biologi sebagai ilmu, Mendeskripsikan organisasi kehidupan dalam biologi Mendeskripsikan cara mempelajari biologi,Menjelaskan cabang biologi Menjelaskan kaitan biologi dengan ilmu lain. |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | menjelaskan biologi sebagai ilmu, Mendeskripsikan organisasi kehidupan dalam biologi Mendeskripsikan cara mempelajari biologi,Menjelaskan cabang biologi Menjelaskan kaitan biologi dengan ilmu lain |
|
3 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ...1. sejarah, teori dan jenis sel 2. struktur sel hewan dan sel tumbuhan |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | sel | |
4 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ..biosistematika | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | menjelaskan sitemmatika dan tingkatan takson | |
5 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ...struktur tubuh tumbuhan | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | menjelaskan struktur dan fungsi jaringan mendeskripkan organ tumbuhan dan menggambarkan proses metabolisme tumbuhan |
|
6 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
7 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
8 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 8 : UTS | Mengerjakan soal UTS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
9 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
10 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
11 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
12 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
13 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
14 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
15 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
16 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 16 : UAS | Mengerjakan soal UAS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
17 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya |
Artefak perkuliahan Matakuliah: KIM102-Biologi Umum (3 SKS), Semester: 1 20-TKIM, Dosen : LIZA MEINI FITRI, M.,SI, Ruang: L2.5, Hari: Selasa, 07.15 s.d 09.44, Tahun Akademik: 2020/2021, Jurusan: PENDIDIKAN (TADRIS) KIMIA
Semua hak cipta dilindungi oleh Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar