Fakultas | Tarbiyah dan Ilmu Keguruan |
Jurusan | PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH |
Kode Matakuliah | PGM301 |
Nama Matakuliah | Pembelajaran Tematik |
Semester | 3 |
SKS | 3 sks |
Pengampu Perkuliahan | ZULHENDRI |
Peserta Perkuliahan | 1930111015 - DELTI KURNIA, 1930111029 - FIRA SAPUTRI, 1930111039 - INTAN SUNDARI, 1930111051 - MUHAMMAD ZIKRI, 1930111052 - MUTIARA FADHILLAH DESRA, 1930111053 - NADIYA ELSA PUTRI, 1930111054 - NADYA DWI OKTA PUTRI CHANIAGO, 1930111055 - NALFA WULANDARI, 1930111056 - NELVI DESRITA, 1930111057 - NUR AFNI, 1930111058 - NUR ANISA, 1930111059 - NUR KHAIRANI, 1930111060 - NURDIANA, 1930111061 - NURHAYATI, 1930111063 - PUTRI ANZUYA, 1930111064 - QORI AMARA, 1930111066 - RAHMA DANI, 1930111067 - RANI DWI PUTRI, 1930111068 - RAUDHOTUL JANNAH, 1930111071 - REVINA JUNIA PUTRI, 1930111072 - REZA FEBRIANTI, 1930111074 - RINDIANI, 1930111075 - RISALATUL AZMI, 1930111076 - ROZA MUSPITA SARI, 1930111077 - SAKINA RAHMA FITRI, 1930111078 - SASMITA RAHMADANI, 1930111079 - SEPTI ELVIRA ANGGRAINI, 1930111080 - SITI AISYAH ERNI, 1930111081 - SRI NUR RAHMI, 1930111082 - SUSI SAFITRI, 1930111083 - SUSI SHOLAIHA, 1930111084 - SYARAH YULIANI, 1930111085 - TIA RAHMAWATI, 1930111086 - TRI WULANDARI, 1930111087 - TUTI GUSTIN, 1930111088 - ULFI DWI IDRA, 1930111089 - WAFIQ AZIZAH, 1930111090 - WAHDINI ANNA FILLA, 1930111091 - WASTRIAMI, 1930111092 - WIDIANA EKA PUTRI, 1930111093 - WIDYA PITALOKA, 1930111094 - WILDA HIDAYATI, 1930111095 - WINDA YONA FAUZIA, 1930111096 - WINDI YONA HANIVAH, 1930111097 - WITA VRICELA, 1930111098 - YENNI ROZA, 1930111099 - ZAHARA TUNISA, 1930111100 - RUSDEE TAPAKIYA |
Mata kuliah Pembelajaran Tematik menyajikan hakekat, prinsip-prinsip penyusunan perencanaan pembelajaran dalam keterpaduan bidang studi, tema dan kompektisitasnya serta mampu melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran tematik. Pengalaman yang dibuat mahasiswa adalah memahami pentingnya pembelajaran tematik sehingga mampu mengimplementasikan ragam pembelajaran secara krestif terutama pada konteks proses belajar mengajar di kelas awal. Pembelajaan tematik adalah pembelajaran tepadu yang menggunakan tema untuk mengaitkan beberapa mata pelajaran sehingga dapat memberikan pengalaman bermakna kepada siswa.
Mahasiswa mama Mata kuliah Pembelajaran Tematik menyajikan hakekat, prinsip-prinsip penyusunan perencanaan pembelajaran dalam keterpaduan bidang studi, tema dan kompektisitasnya serta mampu melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran tematik. Pengalaman yang dibuat mahasiswa adalah memahami pentingnya pembelajaran tematik sehingga mampu mengimplementasikan ragam pembelajaran secara krestif terutama pada konteks proses belajar mengajar di kelas awal. Pembelajaan tematik adalah pembelajaran tepadu yang menggunakan tema untuk mengaitkan beberapa mata pelajaran sehingga dapat memberikan pengalaman bermakna kepada siswa.
Minggu ke | Indikator Capaian Pembelajaran | Bahan Kajian | Metode Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Waktu Pembelajaran | Tugas dan Penilaian | Sumber Belajar |
---|---|---|---|---|---|---|---|
1 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang Kontrak Perkuliahan | Diskusi online dengan menggunakan aplikasi e-learning dan WAG | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Penjelasan deskripsi dan silabus mata kuliah. |
2 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang konsep dasar Pembelajaran Terpadu | Kelas online dan diskusi melalui e-campus, WA, Google Classroom | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Hakikat, Karakteristik, Landasan dan Prinsi-prinsip Pembelajaran Terpadu |
3 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
4 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
5 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
6 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
7 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
8 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 8 : UTS | Mengerjakan soal UTS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
9 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
10 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
11 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
12 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
13 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
14 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
15 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
16 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 16 : UAS | Mengerjakan soal UAS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya |
Artefak perkuliahan Matakuliah: PGM301-Pembelajaran Tematik (3 SKS), Semester: 3 19-PGMI-B, Dosen : ZULHENDRI, Ruang: Lokal KII.1, Hari: Selasa, 07.15 s.d 09.45, Tahun Akademik: 2020/2021, Jurusan: PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH
Semua hak cipta dilindungi oleh Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar