Publikasi IAIN Batusangkar

PGM301-Pembelajaran Tematik (3 SKS) 3 19-PGMI-B ZULHENDRI Lokal KII.1, Selasa, 07.15 s.d 09.45 2020/2021

PGM301-Pembelajaran Tematik (3 SKS) 3 19-PGMI-B ZULHENDRI Lokal KII.1, Selasa, 07.15 s.d 09.45 2020/2021

 

1. Identitas Matakuliah

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
Jurusan PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH
Kode Matakuliah PGM301
Nama Matakuliah Pembelajaran Tematik
Semester 3
SKS 3 sks
Pengampu Perkuliahan ZULHENDRI
Peserta Perkuliahan 1930111015 - DELTI KURNIA,
1930111029 - FIRA SAPUTRI,
1930111039 - INTAN SUNDARI,
1930111051 - MUHAMMAD ZIKRI,
1930111052 - MUTIARA FADHILLAH DESRA,
1930111053 - NADIYA ELSA PUTRI,
1930111054 - NADYA DWI OKTA PUTRI CHANIAGO,
1930111055 - NALFA WULANDARI,
1930111056 - NELVI DESRITA,
1930111057 - NUR AFNI,
1930111058 - NUR ANISA,
1930111059 - NUR KHAIRANI,
1930111060 - NURDIANA,
1930111061 - NURHAYATI,
1930111063 - PUTRI ANZUYA,
1930111064 - QORI AMARA,
1930111066 - RAHMA DANI,
1930111067 - RANI DWI PUTRI,
1930111068 - RAUDHOTUL JANNAH,
1930111071 - REVINA JUNIA PUTRI,
1930111072 - REZA FEBRIANTI,
1930111074 - RINDIANI,
1930111075 - RISALATUL AZMI,
1930111076 - ROZA MUSPITA SARI,
1930111077 - SAKINA RAHMA FITRI,
1930111078 - SASMITA RAHMADANI,
1930111079 - SEPTI ELVIRA ANGGRAINI,
1930111080 - SITI AISYAH ERNI,
1930111081 - SRI NUR RAHMI,
1930111082 - SUSI SAFITRI,
1930111083 - SUSI SHOLAIHA,
1930111084 - SYARAH YULIANI,
1930111085 - TIA RAHMAWATI,
1930111086 - TRI WULANDARI,
1930111087 - TUTI GUSTIN,
1930111088 - ULFI DWI IDRA,
1930111089 - WAFIQ AZIZAH,
1930111090 - WAHDINI ANNA FILLA,
1930111091 - WASTRIAMI,
1930111092 - WIDIANA EKA PUTRI,
1930111093 - WIDYA PITALOKA,
1930111094 - WILDA HIDAYATI,
1930111095 - WINDA YONA FAUZIA,
1930111096 - WINDI YONA HANIVAH,
1930111097 - WITA VRICELA,
1930111098 - YENNI ROZA,
1930111099 - ZAHARA TUNISA,
1930111100 - RUSDEE TAPAKIYA

2. Deskripsi Pembelajaran

Mata kuliah Pembelajaran Tematik menyajikan hakekat, prinsip-prinsip penyusunan perencanaan pembelajaran dalam keterpaduan bidang studi, tema dan kompektisitasnya serta mampu melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran tematik. Pengalaman yang dibuat mahasiswa adalah memahami pentingnya pembelajaran tematik sehingga mampu mengimplementasikan ragam pembelajaran secara krestif terutama pada konteks proses belajar mengajar di kelas awal. Pembelajaan tematik adalah pembelajaran tepadu yang menggunakan tema untuk mengaitkan beberapa mata pelajaran sehingga dapat memberikan pengalaman bermakna kepada siswa.

3. Capaian / Kompetensi

Mahasiswa mama Mata kuliah Pembelajaran Tematik menyajikan hakekat, prinsip-prinsip penyusunan perencanaan pembelajaran dalam keterpaduan bidang studi, tema dan kompektisitasnya serta mampu melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran tematik. Pengalaman yang dibuat mahasiswa adalah memahami pentingnya pembelajaran tematik sehingga mampu mengimplementasikan ragam pembelajaran secara krestif terutama pada konteks proses belajar mengajar di kelas awal. Pembelajaan tematik adalah pembelajaran tepadu yang menggunakan tema untuk mengaitkan beberapa mata pelajaran sehingga dapat memberikan pengalaman bermakna kepada siswa.

4. Rencana Pembelajaran

Minggu ke Indikator Capaian Pembelajaran Bahan Kajian Metode Pembelajaran Pengalaman Belajar Waktu Pembelajaran Tugas dan Penilaian Sumber Belajar
1 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang Kontrak Perkuliahan Diskusi online dengan menggunakan aplikasi e-learning dan WAG Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Penjelasan deskripsi dan silabus mata kuliah.
2 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang konsep dasar Pembelajaran Terpadu Kelas online dan diskusi melalui e-campus, WA, Google Classroom Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Hakikat, Karakteristik, Landasan dan Prinsi-prinsip Pembelajaran Terpadu
3 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
4 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
5 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
6 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
7 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
8 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... 8 : UTS Mengerjakan soal UTS Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
9 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
10 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
11 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
12 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
13 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
14 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
15 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
16 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... 16 : UAS Mengerjakan soal UAS Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya

5. Daftar Rujukan







    News

    Artefak perkuliahan Matakuliah: PGM301-Pembelajaran Tematik (3 SKS), Semester: 3 19-PGMI-B, Dosen : ZULHENDRI, Ruang: Lokal KII.1, Hari: Selasa, 07.15 s.d 09.45, Tahun Akademik: 2020/2021, Jurusan: PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH

Pengunggahan Barusan

Cari Publikasi


Advanced Search

Lihat

Akunku

Discover

Umpan RSS