Fakultas | Tarbiyah dan Ilmu Keguruan |
Jurusan | PENDIDIKAN ISLAM ANAK USIA DINI |
Kode Matakuliah | PGR404 |
Nama Matakuliah | Al Arabiyah Lil Athfal |
Semester | 5 |
SKS | 2 sks |
Pengampu Perkuliahan | MELISA REZI, S.PDI., MA |
Peserta Perkuliahan | 1730109017 - HERA ARNILA, 1830109001 - AISHA SATIRA ARDHI, 1830109003 - ASRI PUTRI AYU MAHARANI, 1830109004 - AYU PRATIWI, 1830109005 - AYUNDA SALSABILA ZEIN, 1830109006 - DELFIRA ANGGRAINI, 1830109008 - DINA APRILIA, 1830109009 - DINA RAHMAWATI, 1830109011 - ELIZA FEBRIYANI, 1830109012 - ELVI MULYANI, 1830109013 - FEBI YOLA, 1830109014 - FEBRI ASTUTI, 1830109015 - FITRI AMELIA, 1830109016 - FITRI RAHMI, 1830109017 - FITRI YANTI, 1830109018 - FUJA OKTAVIA, 1830109019 - GUSMIATI, 1830109020 - HAFIFATUL MAUFIZAH, 1830109022 - HAYATUL RAHMI, 1830109023 - HELENA JUWITA, 1830109024 - LATIFA ATMUL FAUZIA, 1830109025 - LEZIANA PUTRI, 1830109026 - LIA ANDRIANI, 1830109027 - LISA SRI YULIA FITRI, 1830109028 - LOVINI AFRILA FITRI, 1830109029 - LUFVIA DWI SYAIFUL, 1830109030 - MEI HAZRA NAZRI, 1830109031 - MESI FITRI YANTI, 1830109032 - MIFTAHUL JANNAH, 1830109033 - MIFTAHUL JANNAH |
Menguasai pembelajaran bahasa arab untuk anak usia dini
Mahasiswa mampu memahami lonsep, mengobservasi menganalisis, merancang serta mempraktekkan pembelajaran bahasa Arab untuk anak usia dini
Minggu ke | Indikator Capaian Pembelajaran | Bahan Kajian | Metode Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Waktu Pembelajaran | Tugas dan Penilaian | Sumber Belajar |
---|---|---|---|---|---|---|---|
1 | Menguasai dan melaksanakan kontrak kuliah dan rincian RPS dengan baik dan benar | Pembahasan tentang Pengantar dan kontrak perkuliahan | Discovery Learning | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | - Mahasiswa berkemampuan menata diri untuk menyusun agenda perkuliahan dan melaksanakan tugas terstruktur dan mandiri selama masa perkuliahan | Ketepatan dalam analisa hasil observasi dan ketepatan rancangan serta prakteknya | Kontrak kuliah |
2 | a. Mengidentifikasi materi huruf hijaiyyah b. Melakukan observasi ke lapangan dan menganalisis hasil observasi yang ditemukan di lapangan c. Merancang materi huruf hijaiyyah beserta latihan-latihannya |
Pembahasan tentang materi huruf hijaiyyah | - Cooperative Learning - Project Based Learning - Group Small Discussion |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | a. Ketepatan analisis materi perkuliahan, b. Kerapian sajian materi perkuliahan, c. Kretivitas ide rancangan pengembangan materi perkuliahan. |
huruf hijaiyyah |
3 | a. Mengidentifikasi materi angka dan warna Mahasiswa melakukan observasi ke lapangan dan menganalisis hasil observasi yang ditemukan di lapangan b. Merancang materi angka dan warna beserta latihan-latihannya |
Pembahasan tentang angka dan warna | - Cooperative Learning - Project Based Learning - Group Small Discussion |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | a. Ketepatan analisis materi perkuliahan, b. Kerapian sajian materi perkuliahan, c. Kretivitas ide rancangan pengembangan materi perkuliahan. |
angka dan warna |
4 | a. Mengidentifikasi materi anggota tubuh dan anggota keluarga b. Mahasiswa melakukan observasi ke lapangan dan menganalisis hasil observasi yang ditemukan di lapangan c. Merancang anggota tubuh dan anggota keluarga beserta latihan-latihannya |
Pembahasan tentang anggota tubuh dan anggota keluarga | - Cooperative Learning - Project Based Learning - Group Small Discussion |
- Mahasiswa melakukan observasi materi TK tentang anggota tubuh dan anggota keluarga dan menganalisanya - Mahasiswa membuat rancangan materi anggota tubuh dan anggota keluarga beserta latihannya - Mahasiswa membuat laporan hasil observasi, analisis, dan rancangan tentang materi anggota tubuh dan anggota keluarga - Mahasiswa mempresentasikan laporan dan produk rancangan tersebut dan mendiskusikannya dengan mengadakan sesi kritik/ saran dan tanya jawab seputar topik yang dibahas - Mahasiswa mendengarkan penjelasan dan penguatan dari dosen terkait topik yang di bahas. |
2 x 50 menit | a. Ketepatan analisis materi perkuliahan, b. Kerapian sajian materi perkuliahan, c. Kretivitas ide rancangan pengembangan materi perkuliahan. |
anggota tubuh dan keluarga |
5 | a. Mengidentifikasi materi buah-buahan dan binatang Mahasiswa melakukan observasi ke lapangan dan menganalisis hasil observasi yang ditemukan di lapangan b. Merancang materi buah-buahan dan binatang beserta latihan-latihannya |
Pembahasan tentang .Buah-buahan dan Binatang.. | - Cooperative Learning - Project Based Learning - Group Small Discussion |
- Mahasiswa melakukan observasi materi TK tentang buah-buahan dan binatang dan menganalisanya - Mahasiswa membuat rancangan buah-buahan dan binatang beserta latihannya - Mahasiswa membuat laporan hasil observasi, analisis, dan rancangan tentang materi buah-buahan dan binatang - Mahasiswa mempresentasikan laporan dan produk rancangan tersebut dan mendiskusikannya dengan mengadakan sesi kritik/ saran dan tanya jawab seputar topik yang dibahas - Mahasiswa mendengarkan penjelasan dan penguatan dari dosen terkait topik yang di bahas. |
2 x 50 menit | a. Ketepatan analisis materi perkuliahan, b. Kerapian sajian materi perkuliahan, c. Kretivitas ide rancangan pengembangan materi perkuliahan. |
Kosakata Buah-buahan dan Binatang |
6 | d. Mengidentifikasi materi rumahku dan alat-alat transportasi e. Mahasiswa melakukan observasi ke lapangan dan menganalisis hasil observasi yang ditemukan di lapangan f. Merancang materi rumahku dan alat-alat transportasi beserta latihan-latihannya |
Pembahasan tentang rumahku dan alat alat Transportasi | - Cooperative Learning - Project Based Learning - Group Small Discussion |
- Mahasiswa melakukan observasi materi TK tentang rumahku dan alat-alat transportasi dan menganalisanya - Mahasiswa membuat rancangan rumahku dan alat-alat transportasi beserta latihannya - Mahasiswa membuat laporan hasil observasi, analisis, dan rancangan tentang materi rumahku dan alat-alat transportasi - Mahasiswa mempresentasikan laporan dan produk rancangan tersebut dan mendiskusikannya dengan mengadakan sesi kritik/ saran dan tanya jawab seputar topik yang dibahas - Mahasiswa mendengarkan penjelasan dan penguatan dari dosen terkait topik yang di bahas. |
2 x 50 menit | d. Ketepatan analisis materi perkuliahan, e. Kerapian sajian materi perkuliahan, f. Kretivitas ide rancangan pengembangan materi perkuliahan |
Kosakata Rumahku dan Alat alat Transportasi |
7 | a. Menjelaskan konsep metode dengar ucap b. Menjelaskan langkah-langkah metode dengar ucap c. Melakukan praktek / simulasi mengajar Bahasa Arab untuk anak usia dini (TK) dengan metode dengar ucap |
Pembahasan tentang Metode Dengar Ucap untuk anak usia dini | - Cooperative Learning - Project Based Learning - Group Small Discussion - Group Small Discussion - Simulasi |
- Mahasiswa membuat rancangan bahan diskusi dan aturan diskusi, lalu menjadi moderator dan sekaligus mengulasnya - Mahasiswa mepresentasikan makalah . - Mahasiswa mempraktekkan metode dengar ucap untuk pembelajaran Bahasa Arab pada anak usia dini sesuai dengan teori yang di bahas - Mahasiswa mendiskusikannya dengan mengadakan sesi kritik/ saran dan tanya jawab seputar topik yang dibahas - Mahasiswa mendengarkan penjelasan dan penguatan dari dosen terkait topik yang di bahas. |
2 x 50 menit | a. Ketepatan analisis materi perkuliahan, a. Kerapian sajian materi perkuliahan, b. Kretivitas ide pengembangan materi dan contoh materi terkait materi perkuliahan c. Kemampuan komunikasi Bahasa Arab baik lisan maupun tylisan. |
Metode dengar ucap |
8 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | - Cooperative Learning - Project Based Learning - Group Small Discussion - Group Small Discussion - Simulasi |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
9 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 8 : UTS | Mengerjakan soal UTS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
10 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | - Cooperative Learning - Project Based Learning - Group Small Discussion - Group Small Discussion - Simulasi |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
11 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
12 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
13 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
14 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
15 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
16 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 16 : UAS | Mengerjakan soal UAS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya |
Artefak perkuliahan Matakuliah: PGR404-Al Arabiyah Lil Athfal (2 SKS), Semester: 5 18-PIAUD-A, Dosen : MELISA REZI, S.PDI., MA, Ruang: Lokal KI.5, Hari: Selasa, 08.56 s.d 10.35, Tahun Akademik: 2020/2021, Jurusan: PENDIDIKAN ISLAM ANAK USIA DINI
Semua hak cipta dilindungi oleh Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar