Fakultas | Tarbiyah dan Ilmu Keguruan |
Jurusan | BIMBINGAN KONSELING |
Kode Matakuliah | BDK106 |
Nama Matakuliah | Psikologi Kepribadian |
Semester | 3 |
SKS | 2 sks |
Pengampu Perkuliahan | RINA YULITRI, M. PD |
Peserta Perkuliahan | 1930108068 - RIRIN KURNIA, 1930108069 - RIZKA MARLINA, 1930108070 - SANDI ARIAKSA, 1930108071 - SANDRA FITRI YUHELIA, 1930108072 - SILVIA MEGA PUTRI, 1930108073 - SITI NILAM SARI, 1930108075 - SRI WAHYUNI, 1930108076 - SYARIFAH AINA, 1930108077 - SYINDICLOUDIA, 1930108078 - TASYA PERMATA HELMI, 1930108079 - TEGURAHMAT, 1930108080 - TESYA MARTALINA, 1930108081 - TIKA AULIA DESRI, 1930108082 - TIKA SILVIA, 1930108083 - TOBIE IVANA, 1930108084 - VELLA TIARA PUTRI, 1930108085 - WAHIDIN, 1930108086 - WAHYU GUSTANCA, 1930108087 - WERI AFRIANI, 1930108088 - WIDIA RAHMA PUTRI, 1930108089 - WIDYA ANA PERTA, 1930108090 - WIDYA NINGSIH, 1930108091 - WILLA ANGGRAINI, 1930108092 - WINDA TRI UTAMI, 1930108093 - YANI AFRIDA ZUHRI, 1930108094 - YOLANDA, 1930108095 - YOSI LESTIA, 1930108096 - YULIA SELVI ANNISA, 1930108097 - YUSVALIDA PUTRI WAHYANI, 1930108098 - ZAHARA FEBRIYANTI, 1930108099 - ZAHARA RAMADANI, 1930108100 - ZEHANNISA AZZAHRA |
1. Mahasiswa dapat menguasai konsep teoritis landasan dan berbagai dalam psikologi dan budaya.
2. Mahasiswa dapat menguasai konsep, komponen, dan berbagai model BK yang integratif dan interkonektif dengan nilai Islam, Budaya, dan Teknologi.
Mata kuliah ini membahas tentang pengertian psikologi kepribadian, teori tentang kepribadian, ciri-ciri kepribadian yang dinamis, produktif dan matang.
Minggu ke | Indikator Capaian Pembelajaran | Bahan Kajian | Metode Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Waktu Pembelajaran | Tugas dan Penilaian | Sumber Belajar |
---|---|---|---|---|---|---|---|
1 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Rencana Perkuliahan Semester | Menjelaskan dan mendiskusikan CPL, CPM, bahan kajian berikut sumber belajar, kegiatan pembelajaran, dan asesmen serta etika akademik dan non akademik terkait perkuliahan yang terdapat dalam kontrak perkuliahan | Daring (zoom meeting) | Menyimak,Mendiskusikan | 2 x 50 menit | Pemahaman terhadap RPS dan Kontrak perkuliahan | Rencana Perkuliahan Semester |
2 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan : -Pengertian kepribadian, teori kepribadian dan kegunaan teori kepribadian -Hakekat kepribadian -Karakteristik Kepribadian |
Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian, hakekat, dan karakteristik kepribadian. | Daring (Video pembelajaran melalui aplikasi OBS) | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan dalam waktu pengumpulan tugas, pemahaman terhadap materi. | -Pengertian kepribadian, teori kepribadian dan kegunaan teori kepribadian -Hakekat kepribadian -Karakteristik Kepribadian |
3 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan: - Faktor-faktor yang mempengaruhi kepribadian - Kunci memahami kepribadian orang lain |
Mahasiswa mampu menjelaskan faktor-faktor yang mempengauhi kepribadian. | DISKUSI ONLINE | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Sikap dalam diskusi, pemahaman terhadap materi. | - Faktor-faktor yang mempengaruhi kepribadian - Kunci memahami kepribadian orang lain |
4 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan : -Biodata Sigmund Freud -Struktur Kepribadian -Dinamika Kepribadian Tahap Perkembangan Manusia |
Mahasiswa mampu memahami, menjelaskan dan menganalisis teori psikoanalisis klasik “Sigmund Freud”. | Daring (Video pembelajaran melalui aplikasi OBS) | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Sikap dalam diskusi,, pemahaman terhadap materi, ketepatan dalam waktu pengumpulan tugas, | -Biodata Sigmund Freud -Struktur Kepribadian -Dinamika Kepribadian Tahap Perkembangan Manusia |
5 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan: Biodata singkat Jung -Struktur Kepribadian -Dinamika kepribadian -Tipe kepribadian Manusia |
Mahasiswa mampu memahami, menjelaskan dan menganalisis teori Neo Freudian “Jung” | Daring (Materi disampaikan lewat e campus dalam bentuk power point) | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Sikap dalam diskusi,, pemahaman terhadap materi, ketepatan dalam waktu pengumpulan tugas, | Biodata singkat Jung -Struktur Kepribadian -Dinamika kepribadian -Tipe kepribadian Manusia |
6 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan : - Biodata singkat Adler - Pandangan tentang manusia - Pokok-pokok teori Adler |
Mahasiswa mampu memahami, menjelaskan dan menganalisis teori kepribadian menurut Adler | Daring (Video pembelajaran melalui aplikasi OBS) | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Sikap dalam diskusi,, pemahaman terhadap materi, ketepatan dalam waktu pengumpulan tugas, | - Biodata singkat Adler - Pandangan tentang manusia - Pokok-pokok teori Adler |
7 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan: Biodata singkat Erikson -Pandangan tentang manusia -Struktur Kepribadian -Tahap perkembangan psikososial |
Mahasiswa mampu memahami, menjelaskan dan menganalisis teori kepribadian menurut Erikson | Daring (zoom meeting) | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Sikap dalam diskusi,, pemahaman terhadap materi. | Biodata singkat Erikson -Pandangan tentang manusia -Struktur Kepribadian -Tahap perkembangan psikososial |
8 | Mahasiswa mampu menjelaskan setiap soal dengan tepat dan benar | 8 : UTS | Mengerjakan soal UTS | Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan dalam menjawab soal | soal uts |
9 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan : -Sejarah singkat Fromm -Teori Kepriadian Fromm -Eksistensi dan kebutuhan manusia -Mekanisme melarikan diri dari kebebasan |
Mahasiswa mampu memahami, menjelaskan dan menganalisis teori kepribadian menurut Erich Fromm. | Daring (Materi disampaikan lewat e campus dalam bentuk power point) | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Sikap dalam diskusi,, pemahaman terhadap materi, ketepatan dalam waktu pengumpulan tugas, | -Sejarah singkat Fromm -Teori Kepriadian Fromm -Eksistensi dan kebutuhan manusia -Mekanisme melarikan diri dari kebebasan |
10 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan : Biodata singkat Allport - Pandangan tentang manusia - Struktur Kepribadian - Dinamika kepribadian - Komponen Kepribadian |
Mahasiswa mampu memahami, menjelaskan dan menganalisis teori kepribadian menurut Gordon W. Allport. | Daring (Materi disampaikan lewat e campus dalam bentuk power point) | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Sikap dalam diskusi,, pemahaman terhadap materi. | Biodata singkat Allport - Pandangan tentang manusia - Struktur Kepribadian - Dinamika kepribadian - Komponen Kepribadian |
11 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan : - Sejarah singkat Maslow -Teori kepribadian humanistic maslow - Hirarki kebutuhan, Aktualisasi, Karakteristik Sel-Actualizing People |
Mahasiswa mampu memahami, menjelaskan dan menganalisis teori kepribadian menurut Abraham Maslow | Daring (Video pembelajaran melalui aplikasi OBS) | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Sikap dalam diskusi,, pemahaman terhadap materi, ketepatan dalam waktu pengumpulan tugas, | - Sejarah singkat Maslow -Teori kepribadian humanistic maslow - Hirarki kebutuhan, Aktualisasi, Karakteristik Sel-Actualizing People |
12 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan : - Biodata singkat Rogers - Pandangan Rogers tentang manusia - Struktur kepribadian - Dinamika kepribadian - Perkembangan kepribadian. |
Mahasiswa mampu memahami, menjelaskan dan menganalisis teori kepribadian menurut Carl Rogers | Daring (materi dishare lewat e campus) | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Sikap dalam diskusi,, pemahaman terhadap materi, ketepatan dalam waktu pengumpulan tugas, | - Biodata singkat Rogers - Pandangan Rogers tentang manusia - Struktur kepribadian - Dinamika kepribadian - Perkembangan kepribadian. |
13 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan : -Biodata singkat Viktor Frankl -Konsep Dasar Psikologi Frankl Sumber-sumber makna hidup |
Mahasiswa mampu memahami, menjelaskan dan menganalisis teori kepribadian menurut Viktor Frankl. | Daring (Materi disampaikan lewat e campus dalam bentuk power point) | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Sikap dalam diskusi,, pemahaman terhadap materi, ketepatan dalam waktu pengumpulan tugas, | -Biodata singkat Viktor Frankl -Konsep Dasar Psikologi Frankl Sumber-sumber makna hidup |
14 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan : -Biodata singkat Eric Berne -Ego manusia menurut teori Analisis Transaksioanal -Struktur Hunger Posisi psikologi dasar manusia |
Mahasiswa mampu memahami, menjelaskan dan menganalisis teori kepribadian Analisis Transaksional (Eric Berne) | Daring (Video pembelajaran melalui aplikasi OBS) | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Sikap dalam diskusi,, pemahaman terhadap materi, ketepatan dalam waktu pengumpulan tugas, | -Biodata singkat Eric Berne -Ego manusia menurut teori Analisis Transaksioanal -Struktur Hunger Posisi psikologi dasar manusia |
15 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan materi 1 s.d 14 | .Review Materi | Daring (zoom meeting) | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Sikap dalam diskusi,, pemahaman terhadap materi. | Materi 1 sd 14 |
16 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 16 : UAS | Mengerjakan soal UAS | Menjawab soal | 2 x 50 menit | ketepatan dalam menjawab soal | soal UAS |
Artefak perkuliahan Matakuliah: BDK106-Psikologi Kepribadian (2 SKS), Semester: 3 19-BK-C, Dosen : RINA YULITRI, M. PD, Ruang: Lokal KIII.6, Hari: Selasa, 08.56 s.d 10.34, Tahun Akademik: 2020/2021, Jurusan: BIMBINGAN KONSELING
Semua hak cipta dilindungi oleh Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar