Abstract:
Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah beberapa orang siswa SMAN 1 Rambatan kurang mendapatkan perhatian dari orang tua karena banyaknya aktivitas dari orang tua atau orang tua kurang mampu mendidik anaknya, hal tersebut akan mengakibatkan anak berkembang tanpa arahan dan bimbingan yang pada akhirnya mengakibatkan hasil belajar yang diperoleh oleh siswa pun juga kurang memuaskan. Tujuan penelitian adalah untuk melihat hubungan perhatian orang tua dengan hasil belajar siswa di SMAN 1 Rambatan.
Metode penelitian adalah metode kuantitatif dengan Jenis penelitian korelasional. Teknik pengambilan sampel yaitu Random Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 52 orang siswa. Adapun teknik analisis yang di adalah teknik analisis Product Moment yang dikembangkan oleh Karl Pearson.
Hasil penelitian adalah terdapat korelasi yang signifikan antara perhatian orang tua dengan hasil belajar siswa, artinya semakin tinggi perhatian orang tua maka semakin tinggi hasil belajar anak, sebaliknya semakin rendah perhatian yang diberikan orang tua maka semakin rendah pula hasil belajar anak.
Berdasarkan hasil penelitian diasumsikan akan mempengaruhi hasil belajar, hal ini dilihat dari hasil perhitungan dari nilai rhitung lebih besar dari rtabel (0,730 > 0,354) pada taraf signifikan “r” Product Moment 1% yaitu 0,354. Berarti hipotesa alternative (Ha) diterima dan hipotesa nihil (Ho) ditolak dengan taraf signifikan 0,70 – 0,90 “r” Product Moment yang kuat, maka dapat diketahui antara variabel X dan variabel Y terdapat korelasi yang kuat artinya terdapat korelasi yang kuat antara perhatian orang tua dengan hasil belajar siswa di SMAN 1 Rambatan.
v