Fakultas | Tarbiyah dan Ilmu Keguruan |
Jurusan | PENDIDIKAN (TADRIS) FISIKA |
Kode Matakuliah | FIS101 |
Nama Matakuliah | Fisika Dasar 1 |
Semester | 1 |
SKS | 3 sks |
Pengampu Perkuliahan | NOVIA LIZELWATI, M.PFIS. |
Peserta Perkuliahan | 1730107019 - SILVIA NINGSIH, 1830107014 - ISRA AZHARIA, 1830107025 - PERMATA LENI, 2030107001 - AMARUL FATTHA, 2030107002 - ARIESYA ANANDA PUTRI, 2030107003 - ASYIFA WIRAS WANDI, 2030107004 - FITRIA HANDAYANI, 2030107005 - GIVA FADILAH RAHMA, 2030107006 - JIHAN AZIZAH ANANDA, 2030107007 - JIHAN FADHILA, 2030107008 - LAILATUZ ZAHRA, 2030107009 - LILIS NUR INDAH SARI, 2030107010 - MELLA KARLINA, 2030107011 - MUTAZA ALATIFA, 2030107012 - NADIRAH ZILDA EFFENDI, 2030107013 - NURAINUN FADHILLAH LUBIS, 2030107014 - PUTRI NADA SARI, 2030107015 - RENNA AZMAR, 2030107016 - SELVI DWI ARNIS, 2030107017 - SILVI RAHMIATI, 2030107018 - VIVIEY ISNAIN NISYAK, 2030107019 - YOGA AZIZUL HAKIM, 2030107020 - YUPITA PUTRI |
Mata kuliah fisika dasar 1 membahas tentang: dasar-dasar mekanik dan termofisika yang mencakup Besaran dan Satuan, Kinematika Partikel, Dinamika Partikel, Usaha dan Energi, Momentum Linear, Momentum Sudut dan Benda Tegar, Fluida, Konsep Suhu dan Kalor, serta Hukum-hukum Termodinamika. Sebelum perkuliahan tatap muka dikelas, setiap mahasiswa harus sudah membuat resume tentang materi yang akan dipelajari. Resume dibuat didalam kertas folio dan di apload dalam e-campus. Kegiatan perkuliahan dilakukan secara daring dalam bentuk diskusi dan tanya jawab melalui aplikasi pembelajaran on line seperti group WA, google classroom, atau zoom.apk. Dosen memandu diskusi dan menjelaskan materi menggunakan media powerpoint atau video pembelajaran. Setelah diberikan contoh soal mahasiswa mengerjakan latihan dan tugas PR sebagai aplikasi konsep.
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar mekanika dan termofisika, konsep Fluida serta Hukum-hukum Termodinamika.
Mahasiswa mampu mengaplikasikan konsep dasar mekanika dan termofisika, konsep Fluida, serta Hukum-hukum Termodinamika dalam penyelesaian soal-soal
Mahasiswa memiliki keterampilan berpikir logis, kritis, dan sistematis dalam mengapilkasikan konsep-konsep mekanika, termofisika, dan termodinamika
Mahasiswa memiliki sikap jujur, semangat kemandirian, tidak mudah menyerah, bertanggungjawab, berakhatul karimah, dan kerjasama
Minggu ke | Indikator Capaian Pembelajaran | Bahan Kajian | Metode Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Waktu Pembelajaran | Tugas dan Penilaian | Sumber Belajar |
---|---|---|---|---|---|---|---|
1 | kontrak kuliah | diskusi dan tanya jawab | 3 x 50 menit | ||||
2 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan konsep besaran dan satuan | Pembahasan tentang besaran dan satuan | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal besaran dan satuan | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan konsep besaran dan satuan dan aplikasinya dalam penyelesaian soal | ||
3 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan kinematika partikel | Pembahasan tentang kinematika partikel | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal kinematika partikel | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan konsep kinematika partikel dan aplikasinya dalam penyelesaian soal | ||
4 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan dinamika partikel | Pembahasan tentang dinamika partikel | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal dinamika partikel | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan konsep dinamika partikel dan aplikasinya dalam penyelesaian soal | ||
5 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan usaha dan energi | Pembahasan tentang usaha dan energi | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal usaha dan energi | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan konsep usaha dan energi dan aplikasinya dalam penyelesaian soal | ||
6 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan momentum linier | Pembahasan tentang momentum linier | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal momentum linier | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan konsep momentum linier dan aplikasinya dalam penyelesaian soal | ||
7 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan momentum sudut dan benda tegar | Pembahasan tentang momentum sudut dan benda tegar | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal momentum sudut dan benda tegar | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan konsep momentum sudut dan benda tegar dan aplikasinya dalam penyelesaian soal | ||
8 | 8 : UTS | Mengerjakan soal UTS | 3 x 50 menit | ||||
9 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan fluida statis | Pembahasan tentang fluida statis | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal fluida statis | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan konsep dasar fluida statis dan Ketepatan ,kemampuan mengaplikasikan konsep fluida statis | ||
10 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan fluida dinamis | Pembahasan tentang fluida dinamis | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal fluida dinamis | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan fluida dinamis dan aplikasinya dalam penyelesaian soal | ||
11 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan suhu dan pemuaian | Pembahasan tentang suhu dan pemuaian | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal suhu dan pemuaian | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan konsep suhu dan pemuaian dan aplikasinya dalam penyelesaian soal | ||
12 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan kalor dan perpindahan kalor | Pembahasan tentang kalor dan perpindahan kalor. | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan konsep kalor dan perpindahan kalor dan aplikasinya dalam penyelesaian soal | ||
13 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan gas ideal dan hukum termodinamika 1 | Pembahasan tentang hukum termodinamika | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan. hukum termodinamika 1 dan aplikasinya dalam penyelesaian soal | ||
14 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan hukum termodinamika 2 | Pembahasan tentang hukum kedua termodinamika | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan konsep hukum termodinamika 2 dan aplikasinya dalam penyelesaian soal | ||
15 | review materi | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | pemberian latihan | |||
16 | 16 : UAS | Mengerjakan soal UAS | 3 x 50 menit |
Artefak perkuliahan Matakuliah: FIS101-Fisika Dasar 1 (3 SKS), Semester: 1 20-TFIS-A, Dosen : NOVIA LIZELWATI, M.PFIS., Ruang: L2.2, Hari: Selasa, 09.45 s.d 12.15, Tahun Akademik: 2020/2021, Jurusan: PENDIDIKAN (TADRIS) FISIKA
Semua hak cipta dilindungi oleh Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar