Abstract:
Masalah yang menjadi pokok dalam penelitian ini adalah bagaimana gambaran self efficacy mahasiswa Kependidikan Islam/Bimbingan Konseling angkatan 2011 dalam penyusunan skripsi dan program pengembangannya di STAIN Batusangkar. Tujuan penelitian untuk melihat gambaran self efficacy mahasiswa Kependidikan Islam/Bimbingan Konseling angkatan 2011 dalam penyusunan skripsi di STAIN Batusangkar dan merumuskan program pengembanganya.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan atau Research And Development (R&D), dengan memakai lima (5) langkah (potensi masalah, mengumpulkan informasi,desain produk, validasi desain, dan perbaikan desain), dengan teknik pengumpulan data menggunakan skala model Likert. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 57 orang mahasiswa Kependidikan Islam/Bimbingan Konseling angkatan 2011 STAIN Batusangkar, penelitian ini adalah penelitian populasi karena seluruh sampel dari populasi dijadikan subjek penelitian. Intrumen yang dipakai dalam penelitian ini adalah skala model Likert.
Hasil penelitian self efficacy mahasiswa yang tinggi adalah keyakinan mahasiswa terhadap kemampuannya dalam menghadapi tugas dengan tingkat kesulitan yang berbeda, usaha yang dilakukan untuk dapat meningkatkan kemampuan dalam menyusuan skripsi serta optimis bisa menyelesaikan skripsi tepat waktu. Self efficacy mahasiswa yang sedang adalah keyakinan mahasiswa pada kemampuannya untuk melakukan perencanaan dan pengaturan diri dalam penyusunan skripsi, keyakinan mahasiswa pada kemampuannya dalam menghadapi peristiwa dan situasi yang mereka hadapi dalam penyusunan skripsi dan keyakinan mahasiswa pada kemampuannya dalam menghadapi tugas sesuai dengan kompetensinya. Self efficacy yang rendah adalah kemampuan mahasiswa dalam menghadapi tugas yang bervariasi. Berdasarkan data tersebutlah penulis merumuskan program untuk mengembangkan self efficacy mahasiswa Kependidikan Islam/Bimbingan Konseling Angkatan 2011 dalam penyusunan skripsi di STAIN Batusangkar.