Fakultas | Tarbiyah dan Ilmu Keguruan |
Jurusan | PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH |
Kode Matakuliah | PGM112 |
Nama Matakuliah | Psikologi Perkembangan Anak |
Semester | 1 |
SKS | 2 sks |
Pengampu Perkuliahan | DRA. DESMITA, M.SI., Rahmah Rezki Elvika, S.Pd.I., M.Si |
Peserta Perkuliahan | 2030111001 - ADE SAFITRI, 2030111002 - ADEK AGUSTIN, 2030111003 - ADILA SYAFITRI, 2030111004 - ALFIN WAHYUDI, 2030111005 - AL-HANAB BILLFADAWI, 2030111006 - AMANDA SUCI RAMADHANI, 2030111007 - ANA NURUL FALAH, 2030111008 - ANANDA ZAHARA SYAHRANI, 2030111009 - ANGGINA YULITA, 2030111010 - ANGGUN INDAH LESTARI, 2030111011 - ANISA, 2030111012 - ANNISA FITRI, 2030111013 - ANNISA NURHASANAH, 2030111014 - ANNISA RIZKY ERISTIA, 2030111015 - ANNISATIL KHAIRAH, 2030111016 - APRIYANI YANTI, 2030111017 - ARDIAN PALBI, 2030111018 - ARIF ARYA MAULANA, 2030111019 - ARIF MUSTAQIM, 2030111020 - ARIFAH DIANA PUTRI, 2030111021 - ASHARI DITHA SYAFITRI, 2030111022 - ASRA, 2030111023 - AULIA ELFIYANI, 2030111024 - BANGUN SAPUTRA, 2030111025 - BOBRY PUTRA BATAPES, 2030111026 - CICI FEBRIYANI, 2030111027 - CICI INTAN PERMATA SARI, 2030111028 - CINDY CLODYA, 2030111029 - DEA FEBRIANA, 2030111030 - DEA YULIANDA PUTRI, 2030111031 - DETIA RIZKI RAMADHANI, 2030111032 - DIFA NILA KESUMA, 2030111033 - DILSA KURNIA ILLAHI, 2030111034 - DINA ALVINA, 2030111035 - ELSA RAHMA DEWI, 2030111036 - ELVI RAHIMAH, 2030111037 - ELVIA SANDRA, 2030111038 - ENJEL MERIANTI, 2030111039 - EVI HARIANTI, 2030111040 - FADHILLA AFIFAH QALBI, 2030111041 - FARID ALHAKIM |
Materi perkembangan yang dibahas dalam mata kuliah ini meliputi konsep dan teori psikologi perkembangan anak, hakikat pertumbuhan dan perkembangan, serta mengintegrasikan dalam pandangan psikologi Islam.
Mahasiswa diharapkan dapat memahami secara komprehensif mengenai konsep, teori, dan sejarah perkembangan anak serta pertumbuhan dan perkembangan anak usia sekolah dasar.
Minggu ke | Indikator Capaian Pembelajaran | Bahan Kajian | Metode Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Waktu Pembelajaran | Tugas dan Penilaian | Sumber Belajar |
---|---|---|---|---|---|---|---|
1 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Mahasiswa memiliki kesadaran untuk aktif dalam perkuliahan. | Active Knowledge Sharing, Online Learing via Zoom | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Kontrak Belajar, Penjelasan Tata Tertib Perkuliahan, dan Tugas |
2 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Mampu memahami materi dan menjelaskan mengenai konsep dasar psikologi perkembangan. | Information Search | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Konsep dasar psikologi perkembangan anak |
3 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Mampu memahami materi dan menjelaskan mengenai hakikat perkembangan | Information Search | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Hakikat Perkembangan |
4 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Mampu memahami materi dan menjelaskan mengenai Isu-Isu Penting dalam Perkembangan. | Information Search | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Isu-Isu Penting dalam Perkembangan |
5 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Mampu memahami materi dan menjelaskan mengenai tahapan perkembangan. | Information Search | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Tahapan Perkembangan |
6 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Mampu memahami materi dan menjelaskan mengenai teori dan metode perkembangan. | Information Search | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Teori dan Metode Psikologi Perkembangan |
7 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Mampu memahami materi dan menjelaskan mengenai konsep perkembangan anak. | Information Search | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Perkembangan Anak |
8 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Ujian Tengah Semester | UTS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | - |
9 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Mampu memahami materi dan menjelaskan mengenai konsep perkembangan kognitif anak. | Information Search | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Perkembangan Kognitif Anak |
10 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Mampu memahami materi dan menjelaskan mengenai konsep perkembangan kemandirian anak-anak. | Information Search | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Perkembangan Kemandirian Anak-Anak |
11 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Mampu memahami materi dan menjelaskan mengenai konsep perkembangan emosi anak. | Information Search | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Perkembangan Emosi Anak |
12 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Mampu memahami materi dan menjelaskan mengenai konsep perkembangan tingkah laku prososial anak. | Information Search | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Perkembangan Tingkah Laku Prososial Anak |
13 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Mampu memahami materi dan menjelaskan mengenai konsep perkembangan psikososial. | Information Search | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Perkembangan Psiko-Sosial |
14 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Mampu memahami materi dan menjelaskan mengenai konsep perkembangan moral. | Information Search | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Perkembangan Moral |
15 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Mampu memahami materi dan menjelaskan mengenai konsep pengasuhan orang tua. | Information Search | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Pengasuhan Orang Tua |
16 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Mampu memahami materi dan menjelaskan mengenai konsep pendisiplinan pada anak. | Information Search | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Pendisiplinan pada Anak |
17 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Ujian Akhir Semester | UAS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | - |
Artefak perkuliahan Matakuliah: PGM112-Psikologi Perkembangan Anak (2 SKS), Semester: 1 20-PGMI-A, Dosen : DRA. DESMITA, M.SI., Rahmah Rezki Elvika, S.Pd.I., M.Si, Ruang: GH.2.5, Hari: Selasa, 10.35 s.d 12.15, Tahun Akademik: 2020/2021, Jurusan: PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH
Semua hak cipta dilindungi oleh Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar