Publikasi IAIN Batusangkar

PGM112-Psikologi Perkembangan Anak (2 SKS) 1 20-PGMI-A DRA. DESMITA, M.SI., Rahmah Rezki Elvika, S.Pd.I., M.Si GH.2.5, Selasa, 10.35 s.d 12.15 2020/2021

PGM112-Psikologi Perkembangan Anak (2 SKS) 1 20-PGMI-A DRA. DESMITA, M.SI., Rahmah Rezki Elvika, S.Pd.I., M.Si GH.2.5, Selasa, 10.35 s.d 12.15 2020/2021

 

1. Identitas Matakuliah

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
Jurusan PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH
Kode Matakuliah PGM112
Nama Matakuliah Psikologi Perkembangan Anak
Semester 1
SKS 2 sks
Pengampu Perkuliahan DRA. DESMITA, M.SI.,
Rahmah Rezki Elvika, S.Pd.I., M.Si
Peserta Perkuliahan 2030111001 - ADE SAFITRI,
2030111002 - ADEK AGUSTIN,
2030111003 - ADILA SYAFITRI,
2030111004 - ALFIN WAHYUDI,
2030111005 - AL-HANAB BILLFADAWI,
2030111006 - AMANDA SUCI RAMADHANI,
2030111007 - ANA NURUL FALAH,
2030111008 - ANANDA ZAHARA SYAHRANI,
2030111009 - ANGGINA YULITA,
2030111010 - ANGGUN INDAH LESTARI,
2030111011 - ANISA,
2030111012 - ANNISA FITRI,
2030111013 - ANNISA NURHASANAH,
2030111014 - ANNISA RIZKY ERISTIA,
2030111015 - ANNISATIL KHAIRAH,
2030111016 - APRIYANI YANTI,
2030111017 - ARDIAN PALBI,
2030111018 - ARIF ARYA MAULANA,
2030111019 - ARIF MUSTAQIM,
2030111020 - ARIFAH DIANA PUTRI,
2030111021 - ASHARI DITHA SYAFITRI,
2030111022 - ASRA,
2030111023 - AULIA ELFIYANI,
2030111024 - BANGUN SAPUTRA,
2030111025 - BOBRY PUTRA BATAPES,
2030111026 - CICI FEBRIYANI,
2030111027 - CICI INTAN PERMATA SARI,
2030111028 - CINDY CLODYA,
2030111029 - DEA FEBRIANA,
2030111030 - DEA YULIANDA PUTRI,
2030111031 - DETIA RIZKI RAMADHANI,
2030111032 - DIFA NILA KESUMA,
2030111033 - DILSA KURNIA ILLAHI,
2030111034 - DINA ALVINA,
2030111035 - ELSA RAHMA DEWI,
2030111036 - ELVI RAHIMAH,
2030111037 - ELVIA SANDRA,
2030111038 - ENJEL MERIANTI,
2030111039 - EVI HARIANTI,
2030111040 - FADHILLA AFIFAH QALBI,
2030111041 - FARID ALHAKIM

2. Deskripsi Pembelajaran

Materi perkembangan yang dibahas dalam mata kuliah ini meliputi konsep dan teori psikologi perkembangan anak, hakikat pertumbuhan dan perkembangan, serta mengintegrasikan dalam pandangan psikologi Islam.

3. Capaian / Kompetensi

Mahasiswa diharapkan dapat memahami secara komprehensif mengenai konsep, teori, dan sejarah perkembangan anak serta pertumbuhan dan perkembangan anak usia sekolah dasar.

4. Rencana Pembelajaran

Minggu ke Indikator Capaian Pembelajaran Bahan Kajian Metode Pembelajaran Pengalaman Belajar Waktu Pembelajaran Tugas dan Penilaian Sumber Belajar
1 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Mahasiswa memiliki kesadaran untuk aktif dalam perkuliahan. Active Knowledge Sharing, Online Learing via Zoom Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Kontrak Belajar, Penjelasan Tata Tertib Perkuliahan, dan Tugas
2 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Mampu memahami materi dan menjelaskan mengenai konsep dasar psikologi perkembangan. Information Search Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Konsep dasar psikologi perkembangan anak
3 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Mampu memahami materi dan menjelaskan mengenai hakikat perkembangan Information Search Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Hakikat Perkembangan
4 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Mampu memahami materi dan menjelaskan mengenai Isu-Isu Penting dalam Perkembangan. Information Search Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Isu-Isu Penting dalam Perkembangan
5 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Mampu memahami materi dan menjelaskan mengenai tahapan perkembangan. Information Search Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Tahapan Perkembangan
6 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Mampu memahami materi dan menjelaskan mengenai teori dan metode perkembangan. Information Search Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Teori dan Metode Psikologi Perkembangan
7 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Mampu memahami materi dan menjelaskan mengenai konsep perkembangan anak. Information Search Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Perkembangan Anak
8 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Ujian Tengah Semester UTS Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya -
9 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Mampu memahami materi dan menjelaskan mengenai konsep perkembangan kognitif anak. Information Search Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Perkembangan Kognitif Anak
10 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Mampu memahami materi dan menjelaskan mengenai konsep perkembangan kemandirian anak-anak. Information Search Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Perkembangan Kemandirian Anak-Anak
11 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Mampu memahami materi dan menjelaskan mengenai konsep perkembangan emosi anak. Information Search Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Perkembangan Emosi Anak
12 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Mampu memahami materi dan menjelaskan mengenai konsep perkembangan tingkah laku prososial anak. Information Search Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Perkembangan Tingkah Laku Prososial Anak
13 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Mampu memahami materi dan menjelaskan mengenai konsep perkembangan psikososial. Information Search Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Perkembangan Psiko-Sosial
14 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Mampu memahami materi dan menjelaskan mengenai konsep perkembangan moral. Information Search Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Perkembangan Moral
15 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Mampu memahami materi dan menjelaskan mengenai konsep pengasuhan orang tua. Information Search Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Pengasuhan Orang Tua
16 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Mampu memahami materi dan menjelaskan mengenai konsep pendisiplinan pada anak. Information Search Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Pendisiplinan pada Anak
17 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Ujian Akhir Semester UAS Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya -

5. Daftar Rujukan







    News

    Artefak perkuliahan Matakuliah: PGM112-Psikologi Perkembangan Anak (2 SKS), Semester: 1 20-PGMI-A, Dosen : DRA. DESMITA, M.SI., Rahmah Rezki Elvika, S.Pd.I., M.Si, Ruang: GH.2.5, Hari: Selasa, 10.35 s.d 12.15, Tahun Akademik: 2020/2021, Jurusan: PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH

Pengunggahan Barusan