Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat adakah terdapat hubungan antara efikasi diri dengan prokrastinasi akademik siswa kelas VIII di SMPN 1 Pariangan.
Kegunaan penelitian ini adalah untuk mencapai gelar Sarjana Pendidika Islam dalam bidang Ilmu Pendidikan dan Konseling.
Metode yang penulis gunakan adalah metode penelitian pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional dengan sampel penelitian adalah siswa kelas VIII yang diambil secara acak (simple random sampling) yaitu sebanyak 30 orang. Alat pengumpulan data yang digunakann adalah skala Likert yang mengacu kepada kisi-kisi skala yang telah penulis buat. Analisis data yang digunakan adalah teknik uji korelasional product moment yang penulis olah secara manual.
Berdasarkan hasil penelitian yang berkaitan dengan hubungan antara efikasi diri dengan prokrastinasi akademik siswa kelas VIII di SMPN 1 Pariangan, hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif yang signifikan antara efikasi diri dengan prokrastinasi akademik siswa kelas VIII di SMPN 1 Pariangan, hal ini dapat dilihat dari rhitung yang diperoleh -0,621 dengan rtabel pada taraf signifikan 1% adalah 0,460 , dapat disimpulkan bahwa rhitung lebih besar dari rtabel. artinya hipotesa alternative (Ha) diterima atau disetujui dan hipotesa nihil (H0) ditolak. Kesimpulannya adalah terdapat hubungan negatif yang signifikan antara efikasi diri dengan prokrastinasi akademik siswa kelas VIII di SMPN 1 Pariangan artinya apabila tingkat efikasi diri yang dimiliki siswa tinggi, maka siswa tersebut akan jarang melakukan prokrastinasi akademik, dan sebaliknya apabila tingkat efikasi diri siswa rendah, maka siswa tersebut akan sering melakukan prokrastinasi akademik.