Fakultas | Tarbiyah dan Ilmu Keguruan |
Jurusan | PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH |
Kode Matakuliah | PGM112 |
Nama Matakuliah | Psikologi Perkembangan Anak |
Semester | 1 |
SKS | 2 sks |
Pengampu Perkuliahan | DRA. DESMITA, M.SI., Rahmah Rezki Elvika, S.Pd.I., M.Si |
Peserta Perkuliahan | 2030111042 - FARIS ZAKI ALQOLBI, 2030111043 - FAUZA, 2030111044 - FEBRIKA ANWAR, 2030111045 - FIONIZA RAHMATILLAH ZIKRA, 2030111046 - FITRI NASHITO, 2030111047 - FITRIA SISKA, 2030111048 - FRISKA MEGA PUTRI, 2030111049 - GABY NURSIMA NELWAN, 2030111050 - GEA AMANDA, 2030111051 - GEBRIELA AZZAHRA, 2030111052 - GHINA ZAHARA, 2030111053 - GUSTI DELVICHA, 2030111054 - HAFIFAH SEPTI ANIKA, 2030111055 - HAIRANI, 2030111056 - HAMAT, 2030111057 - HANIFA, 2030111058 - HERLINDA SAPITRI, 2030111059 - HIDAYATUR RAHMI, 2030111060 - IKHWANUL HASAN, 2030111061 - ILMI KHAIRO, 2030111062 - KESSY ELFIRA, 2030111063 - KHAIRANI ZAHARA, 2030111064 - KURNIA APRILIANTI, 2030111065 - LAILATUL FITRI, 2030111066 - LATHIFAH HUSNI, 2030111067 - LATIFA ANISA, 2030111068 - LESTARI RAHMADANI, 2030111069 - LIDYA RAHMADHANI, 2030111070 - LILI RAMIDAS, 2030111071 - LISA NONA PITRI, 2030111072 - LUVI ELDA PUTRI, 2030111073 - M. DANDI SUHUD, 2030111074 - MAISIL VELLA SAFITRI, 2030111075 - MARDINA HAFIZAH, 2030111076 - MAYSAH PUTRI, 2030111077 - MELIZA SILVI, 2030111078 - MELLA PUSPITA, 2030111079 - MELSA ORTAFIOLA, 2030111080 - MESRA WINDA, 2030111081 - MIFTAHUL JANAH, 2030111082 - MIFTAHUL JANNAH |
Materi perkembangan yang dibahas dalam mata kuliah ini meliputi konsep dan teori psikologi perkembangan anak, hakikat pertumbuhan dan perkembangan, serta mengintegrasikan dalam pandangan psikologi Islam.
Mahasiswa diharapkan dapat memahami secara komprehensif mengenai konsep, teori, dan sejarah perkembangan anak serta pertumbuhan dan perkembangan anak usia sekolah dasar.
Minggu ke | Indikator Capaian Pembelajaran | Bahan Kajian | Metode Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Waktu Pembelajaran | Tugas dan Penilaian | Sumber Belajar |
---|---|---|---|---|---|---|---|
1 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Mahasiswa memiliki kesadaran untuk aktif dalam setiap perkuliahan. | Active Knowledge Sharing | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Kontrak belajar, penjelasan tata tertib perkuliahan, dan tugas. |
2 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Mampu memahami materi dan menjelaskan mengenai konsep dasar psikologi perkembangan. | Information Seacrh | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Konsep dasar psikologi perkembangan anak. |
3 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Mampu memahami materi dan menjelaskan mengenai hakikat perkembangan. | Information Seacrh | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Hakikat perkembangan. |
4 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Mampu memahami materi dan menjelaskan mengenai isu-isu penting dalam perkembangan. | Information Seacrh | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Isu-Isu Penting dalam Perkembangan |
5 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Mampu memahami materi dan menjelaskan mengenai tahapan perkembangan. | Information Seacrh | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Tahapan Perkembangan |
6 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Mampu memahami materi dan menjelaskan mengenai teori dan metode psikologi perkembangan. | Information Seacrh | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Teori dan Metode Psikologi Perkembangan |
7 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Mampu memahami materi dan menjelaskan mengenai konsep perkembangan anak. | Information Seacrh | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Perkembangan Anak |
8 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Ujian Tengah Semester | UTS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | - |
9 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Mampu memahami materi dan menjelaskan mengenai konsep perkembangan kognitif anak. | Information Seacrh | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Perkembangan Kognitif Anak |
10 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Mampu memahami materi dan menjelaskan mengenai konsep perkembangan kemandirian anak-anak. | Information Seacrh | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Perkembangan Kemandirian Anak-Anak |
11 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Mampu memahami materi dan menjelaskan mengenai konsep perkembangan emosi anak. | Information Seacrh | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Perkembangan Emosi Anak |
12 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Mampu memahami materi dan menjelaskan mengenai konsep perkembangan tingkah laku prososial anak. | Information Seacrh | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Perkembangan Tingkah Laku Prososial Anak |
13 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Mampu memahami materi dan menjelaskan mengenai konsep perkembangan psiko-sosial. | Information Seacrh | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Perkembangan Psiko-Sosial |
14 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Mampu memahami materi dan menjelaskan mengenai konsep perkembangan moral. | Information Seacrh | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Perkembangan Moral |
15 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Mampu memahami materi dan menjelaskan mengenai konsep pengasuhan orang tua. | Information Seacrh | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Pengasuhan Orang Tua |
16 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Mampu memahami materi dan menjelaskan mengenai konsep pendisiplinan pada anak. | Information Seacrh | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Pendisiplinan pada Anak |
17 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Ujian Akhir Semester | UAS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | - |
Artefak perkuliahan Matakuliah: PGM112-Psikologi Perkembangan Anak (2 SKS), Semester: 1 20-PGMI-B, Dosen : DRA. DESMITA, M.SI., Rahmah Rezki Elvika, S.Pd.I., M.Si, Ruang: GH.2.5, Hari: Selasa, 13.15 s.d 14.55, Tahun Akademik: 2020/2021, Jurusan: PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH
Semua hak cipta dilindungi oleh Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar