Publikasi IAIN Batusangkar

PGM112-Psikologi Perkembangan Anak (2 SKS) 1 20-PGMI-B DRA. DESMITA, M.SI., Rahmah Rezki Elvika, S.Pd.I., M.Si GH.2.5, Selasa, 13.15 s.d 14.55 2020/2021

PGM112-Psikologi Perkembangan Anak (2 SKS) 1 20-PGMI-B DRA. DESMITA, M.SI., Rahmah Rezki Elvika, S.Pd.I., M.Si GH.2.5, Selasa, 13.15 s.d 14.55 2020/2021

 

1. Identitas Matakuliah

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
Jurusan PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH
Kode Matakuliah PGM112
Nama Matakuliah Psikologi Perkembangan Anak
Semester 1
SKS 2 sks
Pengampu Perkuliahan DRA. DESMITA, M.SI.,
Rahmah Rezki Elvika, S.Pd.I., M.Si
Peserta Perkuliahan 2030111042 - FARIS ZAKI ALQOLBI,
2030111043 - FAUZA,
2030111044 - FEBRIKA ANWAR,
2030111045 - FIONIZA RAHMATILLAH ZIKRA,
2030111046 - FITRI NASHITO,
2030111047 - FITRIA SISKA,
2030111048 - FRISKA MEGA PUTRI,
2030111049 - GABY NURSIMA NELWAN,
2030111050 - GEA AMANDA,
2030111051 - GEBRIELA AZZAHRA,
2030111052 - GHINA ZAHARA,
2030111053 - GUSTI DELVICHA,
2030111054 - HAFIFAH SEPTI ANIKA,
2030111055 - HAIRANI,
2030111056 - HAMAT,
2030111057 - HANIFA,
2030111058 - HERLINDA SAPITRI,
2030111059 - HIDAYATUR RAHMI,
2030111060 - IKHWANUL HASAN,
2030111061 - ILMI KHAIRO,
2030111062 - KESSY ELFIRA,
2030111063 - KHAIRANI ZAHARA,
2030111064 - KURNIA APRILIANTI,
2030111065 - LAILATUL FITRI,
2030111066 - LATHIFAH HUSNI,
2030111067 - LATIFA ANISA,
2030111068 - LESTARI RAHMADANI,
2030111069 - LIDYA RAHMADHANI,
2030111070 - LILI RAMIDAS,
2030111071 - LISA NONA PITRI,
2030111072 - LUVI ELDA PUTRI,
2030111073 - M. DANDI SUHUD,
2030111074 - MAISIL VELLA SAFITRI,
2030111075 - MARDINA HAFIZAH,
2030111076 - MAYSAH PUTRI,
2030111077 - MELIZA SILVI,
2030111078 - MELLA PUSPITA,
2030111079 - MELSA ORTAFIOLA,
2030111080 - MESRA WINDA,
2030111081 - MIFTAHUL JANAH,
2030111082 - MIFTAHUL JANNAH

2. Deskripsi Pembelajaran

Materi perkembangan yang dibahas dalam mata kuliah ini meliputi konsep dan teori psikologi perkembangan anak, hakikat pertumbuhan dan perkembangan, serta mengintegrasikan dalam pandangan psikologi Islam.

3. Capaian / Kompetensi

Mahasiswa diharapkan dapat memahami secara komprehensif mengenai konsep, teori, dan sejarah perkembangan anak serta pertumbuhan dan perkembangan anak usia sekolah dasar.

4. Rencana Pembelajaran

Minggu ke Indikator Capaian Pembelajaran Bahan Kajian Metode Pembelajaran Pengalaman Belajar Waktu Pembelajaran Tugas dan Penilaian Sumber Belajar
1 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Mahasiswa memiliki kesadaran untuk aktif dalam setiap perkuliahan. Active Knowledge Sharing Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Kontrak belajar, penjelasan tata tertib perkuliahan, dan tugas.
2 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Mampu memahami materi dan menjelaskan mengenai konsep dasar psikologi perkembangan. Information Seacrh Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Konsep dasar psikologi perkembangan anak.
3 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Mampu memahami materi dan menjelaskan mengenai hakikat perkembangan. Information Seacrh Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Hakikat perkembangan.
4 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Mampu memahami materi dan menjelaskan mengenai isu-isu penting dalam perkembangan. Information Seacrh Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Isu-Isu Penting dalam Perkembangan
5 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Mampu memahami materi dan menjelaskan mengenai tahapan perkembangan. Information Seacrh Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Tahapan Perkembangan
6 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Mampu memahami materi dan menjelaskan mengenai teori dan metode psikologi perkembangan. Information Seacrh Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Teori dan Metode Psikologi Perkembangan
7 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Mampu memahami materi dan menjelaskan mengenai konsep perkembangan anak. Information Seacrh Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Perkembangan Anak
8 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Ujian Tengah Semester UTS Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya -
9 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Mampu memahami materi dan menjelaskan mengenai konsep perkembangan kognitif anak. Information Seacrh Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Perkembangan Kognitif Anak
10 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Mampu memahami materi dan menjelaskan mengenai konsep perkembangan kemandirian anak-anak. Information Seacrh Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Perkembangan Kemandirian Anak-Anak
11 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Mampu memahami materi dan menjelaskan mengenai konsep perkembangan emosi anak. Information Seacrh Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Perkembangan Emosi Anak
12 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Mampu memahami materi dan menjelaskan mengenai konsep perkembangan tingkah laku prososial anak. Information Seacrh Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Perkembangan Tingkah Laku Prososial Anak
13 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Mampu memahami materi dan menjelaskan mengenai konsep perkembangan psiko-sosial. Information Seacrh Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Perkembangan Psiko-Sosial
14 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Mampu memahami materi dan menjelaskan mengenai konsep perkembangan moral. Information Seacrh Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Perkembangan Moral
15 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Mampu memahami materi dan menjelaskan mengenai konsep pengasuhan orang tua. Information Seacrh Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Pengasuhan Orang Tua
16 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Mampu memahami materi dan menjelaskan mengenai konsep pendisiplinan pada anak. Information Seacrh Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Pendisiplinan pada Anak
17 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Ujian Akhir Semester UAS Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya -

5. Daftar Rujukan







    News

    Artefak perkuliahan Matakuliah: PGM112-Psikologi Perkembangan Anak (2 SKS), Semester: 1 20-PGMI-B, Dosen : DRA. DESMITA, M.SI., Rahmah Rezki Elvika, S.Pd.I., M.Si, Ruang: GH.2.5, Hari: Selasa, 13.15 s.d 14.55, Tahun Akademik: 2020/2021, Jurusan: PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH

Pengunggahan Barusan