Abstract:
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat dan membuktikan apakah terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan perilaku agresif siswa di SMKN 2 Batusangkar.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan Jenis penelitian korelasional. Alat pengumpul data adalah skala kecerdasan emosional (SKE) dan skala perilaku agresif. Sampel enam puluh sembilan orang, diambil secara Random Sampling dari dua ratus tujuh puluh tujuh orang populasi di SMKN 2 Batusangkar. Adapun teknik analisis data yang penulis gunakan adalah teknik analisis Product Moment.
Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang positif signifikan antara kecerdasan emosional dengan perilaku agresif siswa di SMKN 2 Batusangkar. Siswa yang memiliki kecerdasan emosional yang tinggi jarang berperilaku agresif dan sebaliknya siswa yang memiliki kecerdasan emosional rendah sering untuk berperilaku agresif.