Fakultas | Tarbiyah dan Ilmu Keguruan |
Jurusan | BIMBINGAN KONSELING |
Kode Matakuliah | BDK402 |
Nama Matakuliah | Aplikasi Kegiatan Pendukung Konseling |
Semester | 3 |
SKS | 2 sks |
Pengampu Perkuliahan | EMELIYA HARDI, M. PD |
Peserta Perkuliahan | 1930108001 - ALEN ISWARA, 1930108002 - ALIFA AZ ZAHRA, 1930108003 - ALWI, 1930108004 - AMELTRI RAMADHANI, 1930108005 - ANBIYA RAHMI, 1930108006 - ANIFA MAYARNIS, 1930108007 - ANINDITA, 1930108008 - ANNISA ULJANNAH, 1930108009 - ASRIWURI SINTRIYA, 1930108010 - AURA ARIANI, 1930108011 - CETRISNAWATI, 1930108012 - CHAIRANI, 1930108013 - DESI MARDIANTI EFENDI, 1930108014 - EDWIL YELFINO, 1930108015 - ELA MARIANI, 1930108016 - FADHILAH NURUS SA'ADA RAMBE, 1930108017 - FATIH HATIL YUSRA, 1930108018 - FERINDA WIRATAMA, 1930108019 - FERNANDO MAIDIETA, 1930108020 - FETRA RAHMA JUNITA, 1930108021 - FITRI AULIA RAHMI, 1930108022 - FITRI OKTAFIANI, 1930108023 - FITRI RAMADHANI, 1930108024 - FITRI SALSABILA, 1930108025 - HAFIZATUL HUSNIAH, 1930108026 - HERU FADILLAH, 1930108027 - HUSNA, 1930108028 - IKBAL EDIA PRATAMA, 1930108030 - INDRI PUTRI, 1930108031 - INTANIA IKHLASIA ELVAG, 1930108032 - IRMA JUNITA, 1930108033 - ISTIQOZA PUTRI INDAH SARI, 1930108034 - LOLA ANGGRAINI, 1930108035 - LUSI YANDRIKA |
Mata kuliah ini merupakan salah satu mata kuliah yang akan menambah pengetahuan dan keterampilan mahasiswa dalam mengembangkan kompetensinya sebagai calon guru BK yaitu mampu merancang dan menerapkan kegiatan pendukung BK dalam membantu optimalnya pelaksanaan pelayanan BK. Mata kuliah ini akan membantu mahasiswa dalam beberapa hal, meliputi: memahami jenis-jenis kegiatan pendukung BK mulai dari definisi, contoh pelaksanaan di lapangan hingga mensimulasikan pengorganisasian kegiatan pendukung tersebut.
Aplikasi Kegiatan Pendukung yang dimaksud dalam mata kuliah ini terdiri atas aplikasi Instrumentasi, Himpunan Data, Konferensi Kasus, Kunjungan Rumah, Alih Tangan Kasus serta Tampilan Kepustakaan.
Perkuliahan dengan menggunakan sistem daring online melalui berbagai media (Whatsapp, zoom/ Cloud X, google classroom, dan video materi perkuliahan. Ketercapaian CPMK akan dilakukan melalui tes maupun nontes.
Capaian perkuliahan mahasiswa setelah mengikuti mata kuliah ini:
1. Mahasiswa mengetahui cara pengadministrasian, pengolahan, dan penyampaian hasil dari aplikasi instrumentasi, mampu menganalisis dan mampu merencanakan tindak lanjut dari kegiatan aplikasi instrumentasi, dan untuk selanjutnya hasil olahan dijadikan bahan dalam Himpunan Data.
2. Mahasiswa mampu mengadministrasikan, mengklasifikasikan, pengelompokan data dari standar operasional prosedur (SOP) himpunan data, menganalisis dan merencanakan tindak lanjut dari kegiatan himpunan data.
3. Mahasiswa mampu menerapkan perencanaan, penyelenggaraan dan pelaporan kegiatan kunjungan rumah berdasarkan SOP kunjungan rumah.
4. Mahasiswa mampu menerapkan perencanaan dan penyelenggaraan kegiatan konferensi kasus, tampilan kepustakaan dan alih tangan kasus.
Minggu ke | Indikator Capaian Pembelajaran | Bahan Kajian | Metode Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Waktu Pembelajaran | Tugas dan Penilaian | Sumber Belajar |
---|---|---|---|---|---|---|---|
1 | menjelaskan CPL, CPM, bahan kajian berikut sumber belajar, kegiatan pembelajaran, dan asesmen serta etika akademik dan nonakademik terkait perkuliahan serta menjelaskan Visi dan misi institut, fakultas, dan jurusan agar mahasiswa memahami visi dan misi institute, fakultas dan jurusan serta tujuan akhir dari mata kuliah ini. | Pembahasan tentang Pengantar Perkuliahan ... | Daring | 1.Menyimak 2.Mengamati 3.Tanya Jawab |
2 x 50 menit | Menelaah RPS dan Kode Etik serta visi misi institusi | |
2 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
3 | Mahasiswa memahami perbedaan BK Pola 17+ dengan BK Komprehensif | Kegiatan pendukung dalam BK komprehensif. 1. BK Pola 17+ 2. BK komprehensif 3. Perbandingan (persamaan/perbedaan) |
Daring | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | mahasiswa menemukan sendiri dari berbagai referensi tentang: apa, untuk apa dan bagaimana perbedaan dukungan sistem dalam BK Komprehensif dengan kegiatan pendukung BK dalam BK Pola 17 plus. | |
4 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 8 : UTS | Mengerjakan soal UTS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
5 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
6 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
7 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
8 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
9 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
10 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
11 | Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan kembali tentang kegiatan pendukung “Aplikasi Instrumentasi” | Pembahasan tentang Aplikasi Instrumentasi; 1. Deskripsi Umum 2.Tujuan 3.Komponen 4.Asas 5.Pendekatan dan Teknik 6.Keterkaitan |
Mahasiswa menemukan sendiri dari berbagai referensi tentang aplikasi kegiatan pendukung BK dan cara mengoperasionalisasikannya. | 2 x 50 menit | 1. Resume 2. Dapat memahami dan menjelaskan kembali materi yang telah dibahas |
||
12 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
13 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 16 : UAS | Mengerjakan soal UAS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
14 | Mahasiswa terampil mengoperasionalisasikan kegiatan “Aplikasi Instrumentasi” dengan simulasi. | Pembahasan tentang: 1. Perencanaan 2. Pengorganisasian dan sarana kegiatan 3. Pelaksanaan 4. Penilaian 5. Tindak Lanjut dan laporan |
Mahasiswa mengetahui jenis-jenis instrumen yang ada di BK dan mampu mengoperasionalisasikannya | 2 x 50 menit | Video Presentasi (Kelompok) Resume (Individu) keaktifan dalam perkuliahan |
||
15 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
16 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya |
Artefak perkuliahan Matakuliah: BDK402-Aplikasi Kegiatan Pendukung Konseling (2 SKS), Semester: 3 19-BK-A, Dosen : EMELIYA HARDI, M. PD, Ruang: L2.9, Hari: Selasa, 13.15 s.d 14.54, Tahun Akademik: 2020/2021, Jurusan: BIMBINGAN KONSELING
Semua hak cipta dilindungi oleh Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar