Abstract:
Masalah pokok dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan hubungan yang signifikan antara kecemasan dengan prestasi belajar matematika siswa di SMAN 1 Rambatan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan membuktikan apakah ada hubungan yang signifikan antara kecemasan dengan prestasi belajar matematika siswa di SMAN 1 Rambatan.
Metode yang digunakan adalah penelitian, yaitu penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah selurug siswa di SMAN1 Ramabatan yang berjumlah 60 orang. Alat pengumpulan data adalah skala kecemasan dan nilaiujian semester 1 pada mata pelajaran matematika adalah teknis analisis Product Moment.
Berdasarkan hasil penelitian yang berkaitan dengan hubungan kecemasan dengan prestasi belajar matematika siswa di SMAN 1 Rambatan menunjukkan bahwa terdapat hubungan signifikan antara variabel kecemasan dengan prestasibelajarmatematikasiswa di SMAN 1 Rambatan. Berdasarkan hasil rhitung lebih besar dari rtabel, dengan demikian dinyatakan bahwasanya rhitung lebih besar dari pada rtabel. Berdasarkan hasil di atas dapat dijelaskan bahwa antara kecemasandengan prestasibelajarmatematika siswa terdapat hubungan Rumusnya sebagai berikut Ha diterima HO ditolak, artinya terdapat hubungan yang signifikan antara kecemasan siswa dengan prestasi belajar matematika siswa terutama dalam mengikuti ujian semester .