Fakultas | Tarbiyah dan Ilmu Keguruan |
Jurusan | PENDIDIKAN AGAMA ISLAM |
Kode Matakuliah | PAI111 |
Nama Matakuliah | Filsafat Pendidikan Islam |
Semester | 3 |
SKS | 2 sks |
Pengampu Perkuliahan | Dr. ADRIPEN, M.Pd., ANNISAUL KHAIRAT, M.Pd |
Peserta Perkuliahan | 1730101050 - HUSWATUL HASANAH, 1730101080 - MIFTAHUL RAHMAN, 1730101085 - MUHAMMAD YUSUF, 1830101009 - DINUL USRY, 1930101032 - RAFI SAIFULLAH, 1930101117 - PUTU ALBIANSYAH WIJAYA, 1930101119 - RADILA PUTRI RAHAYU, 1930101120 - RAHMA DISKY, 1930101121 - RAHMAT AKBAR, 1930101122 - RAHMI RAHMA LIA, 1930101123 - RAHMIED ALDINO, 1930101125 - REZI AMELIA, 1930101126 - RICKY ELVIANDI, 1930101127 - RIDHO ARRAHMAN, 1930101129 - RINI RAHMADANI, 1930101130 - SANDRA AGUSTIA, 1930101131 - SARMILA SARI, 1930101132 - SASRA ELISA, 1930101133 - SEPTI LARAS CINDI, 1930101134 - SHAVELLA MAHARANI, 1930101136 - SISRI SILVA YANTI, 1930101138 - SRI DIFA PUTRI, 1930101139 - SUAR, 1930101140 - SUCI RAMADHANI, 1930101141 - SUCI WULANDARI, 1930101142 - SYELSA SALFAMA DIKVA, 1930101143 - THOYIB HIDAYAT, 1930101144 - TIKA RAHMA SARI, 1930101145 - WAWAN SYAFRIANDI, 1930101146 - WENI YULISTIANI, 1930101147 - YESRI GUSNIWATI, 1930101148 - YOLLA YULFIZA, 1930101149 - YULIA NOVA SANTIKA, 1930101150 - YULIA PUTRI, 1930101151 - YULISA DWI ASTUTI, 1930101152 - ZELI AFRILIA, 1930101153 - ZIKRIATUL SAKINAH, 1930101154 - ZUHAIRA, 1930101155 - ZUL HANIF NAUFAL, 1930101156 - ZULKIFLI |
Tujuan utama dari mata kuliah ini adalah mahasiswa memiliki pengetahuan dan keterampilan untuk mengkaji pemikiran-pemikiran para filosof pendidikan dan pendidikan Islam tentang berbagai aspek dan komponen pendidikan Islam tentang berbagai aspek dan komponen pendidikan dengan berbagai tokohnya, sehingga memiliki keterampilan berpikir mengenai pendidikan sehingga dapat merumuskan pemikiran konsepsional dalam bidang pendidikan Islam
Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa dapat:
1. Menganalisis pentingnya komitmen dalam pembelajaran
2. Menjelaskan secara rinci konsep dasar filsafat, filsafat pendidikan dan filsafat pendidikan Islam
3. Mengidentifikasi beberapa pandangan dari aliran filsafat pendidikan dan filsafat pendidikan Islam
4. Menganalisis konsep manusia, masyarakat dan ilmu pengetahuan dalam perspektif filsafat pendidikan Islam
5. Membedakan berbagai komponen dalam pendidikan sebagi bagian dari filsafat pendidikan Islam
6. Menjelaskan pola pendidikan akhlak dan pendidikan nilai dalam perspektif filsafat pendidikan Islam
7. Menganalisis pemikiran pendidikan tokoh pendidikan Islam dunia, Indonesia dan Minangkabau
Minggu ke | Indikator Capaian Pembelajaran | Bahan Kajian | Metode Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Waktu Pembelajaran | Tugas dan Penilaian | Sumber Belajar |
---|---|---|---|---|---|---|---|
1 | Mahasiswa memahami perlunya komitmen dalam pembelajaran | Pembahasan tentang Kontrak Perkuliahan, Komitmen belajar dan gambaran umum filsafat pendidikan islam | Ceramah dan Diskusi | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, | 2 x 50 menit | 1. Menyimak 2. Mengamati 3. Mendengarkan tentang gambaran umum matakuliah filsafat pendidikan Islam |
• Concept Map • Learning Contract • Gambaran umum matakuliah filsafat pendidikan islam |
2 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan pengertian, ruang lingkup, tujuan, dan metode filsafat, filsarfat pendidikan dan filsafat pendidikan Islam | Pembahasan tentang konsep dasar filsafat pendidikan islam | Diskusi, Information search dan video pembelajaran | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Konsep Dasar Filsafat, Filsafat Pendidikan dan Konsep Dasar Pendidikan Islam Pengertian Filsafat, Filsafat Pendidikan dan Filsafat Pendidikan Islam Ruang Lingkup Filsafat, Filsafat Pendidikan, dan Filsafat Pendidikan Islam Tujuan Filsafat, Filsafat Pendidikan dan Filsafat Pendidikan Islam Metode Filsafat, Filsafat Pendidikan dan Filsafat Pendidikan Islam |
3 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang Aliran FIlsafat Pendidikan | Information search, diskusi, jigsaw learning | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Aliran Filsafat Pendidikan • Progresivisme • Perenialisme • Essensilisme • Rekonstruksionisme |
4 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang aliran filsafat pendidikan Islam | Diskusi | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Aliran Filsafat Pendidikan Islam • Aliran Konservativ (Al-Muhafidz) • Aliran Religius Rasional (Al-Diniy al-Aqlaniy • Aliran Pragmatis (al-Dzara’iy) |
5 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang konsep manusia perspektif filsafat pendidikan Islam | Diskusi. Tanya Jawab, Ceramah | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | • Konsep Manusia dalam perspektif filasafat pendidikan Islam • Penciptaan Manusia Unsur Materi dan Non Materi • Tujuan Penciptaan Manusia |
6 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang konsep masyarakat perspektif filsafat pendidikan Islam | Diskusi, tanya jawab dan ceramah | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | • Konsep masyarakat dalam perspektif filsafat pendidikan Islam • Unsur-unsur pembentuk masyarakat • Karakteristik masyarakat Muslim • Peran,tugas,dan tanggung jawab masyarakat Muslim terhadap Pendidikan Islam |
7 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang Konsep ilmu pengetahuan perspektif filsafat pendidikan Islam | DIskusi, Tanya Jawab, Ceramah | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | • Hakikat ilmu pengetahuan dalam perspektif filsafat pendidikan islam • Sifat pengetahuan • Jenis-jenis pengetahuan • Sumber-sumber pengetahuan |
8 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 8 : UTS | Mengerjakan soal UTS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
9 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
10 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
11 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
12 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
13 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
14 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
15 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
16 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 16 : UAS | Mengerjakan soal UAS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya |
Artefak perkuliahan Matakuliah: PAI111-Filsafat Pendidikan Islam (2 SKS), Semester: 3 19-PAI-D, Dosen : Dr. ADRIPEN, M.Pd., ANNISAUL KHAIRAT, M.Pd, Ruang: GH.2.1, Hari: Selasa, 13.15 s.d 14.54, Tahun Akademik: 2020/2021, Jurusan: PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Semua hak cipta dilindungi oleh Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar