Publikasi IAIN Batusangkar

PAI111-Filsafat Pendidikan Islam (2 SKS) 3 19-PAI-D Dr. ADRIPEN, M.Pd., ANNISAUL KHAIRAT, M.Pd GH.2.1, Selasa, 13.15 s.d 14.54 2020/2021

PAI111-Filsafat Pendidikan Islam (2 SKS) 3 19-PAI-D Dr. ADRIPEN, M.Pd., ANNISAUL KHAIRAT, M.Pd GH.2.1, Selasa, 13.15 s.d 14.54 2020/2021

 

1. Identitas Matakuliah

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
Jurusan PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Kode Matakuliah PAI111
Nama Matakuliah Filsafat Pendidikan Islam
Semester 3
SKS 2 sks
Pengampu Perkuliahan Dr. ADRIPEN, M.Pd.,
ANNISAUL KHAIRAT, M.Pd
Peserta Perkuliahan 1730101050 - HUSWATUL HASANAH,
1730101080 - MIFTAHUL RAHMAN,
1730101085 - MUHAMMAD YUSUF,
1830101009 - DINUL USRY,
1930101032 - RAFI SAIFULLAH,
1930101117 - PUTU ALBIANSYAH WIJAYA,
1930101119 - RADILA PUTRI RAHAYU,
1930101120 - RAHMA DISKY,
1930101121 - RAHMAT AKBAR,
1930101122 - RAHMI RAHMA LIA,
1930101123 - RAHMIED ALDINO,
1930101125 - REZI AMELIA,
1930101126 - RICKY ELVIANDI,
1930101127 - RIDHO ARRAHMAN,
1930101129 - RINI RAHMADANI,
1930101130 - SANDRA AGUSTIA,
1930101131 - SARMILA SARI,
1930101132 - SASRA ELISA,
1930101133 - SEPTI LARAS CINDI,
1930101134 - SHAVELLA MAHARANI,
1930101136 - SISRI SILVA YANTI,
1930101138 - SRI DIFA PUTRI,
1930101139 - SUAR,
1930101140 - SUCI RAMADHANI,
1930101141 - SUCI WULANDARI,
1930101142 - SYELSA SALFAMA DIKVA,
1930101143 - THOYIB HIDAYAT,
1930101144 - TIKA RAHMA SARI,
1930101145 - WAWAN SYAFRIANDI,
1930101146 - WENI YULISTIANI,
1930101147 - YESRI GUSNIWATI,
1930101148 - YOLLA YULFIZA,
1930101149 - YULIA NOVA SANTIKA,
1930101150 - YULIA PUTRI,
1930101151 - YULISA DWI ASTUTI,
1930101152 - ZELI AFRILIA,
1930101153 - ZIKRIATUL SAKINAH,
1930101154 - ZUHAIRA,
1930101155 - ZUL HANIF NAUFAL,
1930101156 - ZULKIFLI

2. Deskripsi Pembelajaran

Tujuan utama dari mata kuliah ini adalah mahasiswa memiliki pengetahuan dan keterampilan untuk mengkaji pemikiran-pemikiran para filosof pendidikan dan pendidikan Islam tentang berbagai aspek dan komponen pendidikan Islam tentang berbagai aspek dan komponen pendidikan dengan berbagai tokohnya, sehingga memiliki keterampilan berpikir mengenai pendidikan sehingga dapat merumuskan pemikiran konsepsional dalam bidang pendidikan Islam

3. Capaian / Kompetensi

Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa dapat:
1. Menganalisis pentingnya komitmen dalam pembelajaran
2. Menjelaskan secara rinci konsep dasar filsafat, filsafat pendidikan dan filsafat pendidikan Islam
3. Mengidentifikasi beberapa pandangan dari aliran filsafat pendidikan dan filsafat pendidikan Islam
4. Menganalisis konsep manusia, masyarakat dan ilmu pengetahuan dalam perspektif filsafat pendidikan Islam
5. Membedakan berbagai komponen dalam pendidikan sebagi bagian dari filsafat pendidikan Islam
6. Menjelaskan pola pendidikan akhlak dan pendidikan nilai dalam perspektif filsafat pendidikan Islam
7. Menganalisis pemikiran pendidikan tokoh pendidikan Islam dunia, Indonesia dan Minangkabau

4. Rencana Pembelajaran

Minggu ke Indikator Capaian Pembelajaran Bahan Kajian Metode Pembelajaran Pengalaman Belajar Waktu Pembelajaran Tugas dan Penilaian Sumber Belajar
1 Mahasiswa memahami perlunya komitmen dalam pembelajaran Pembahasan tentang Kontrak Perkuliahan, Komitmen belajar dan gambaran umum filsafat pendidikan islam Ceramah dan Diskusi Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, 2 x 50 menit 1. Menyimak
2. Mengamati
3. Mendengarkan tentang gambaran umum matakuliah filsafat pendidikan Islam
• Concept Map
• Learning Contract
• Gambaran umum matakuliah filsafat pendidikan islam
2 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan pengertian, ruang lingkup, tujuan, dan metode filsafat, filsarfat pendidikan dan filsafat pendidikan Islam Pembahasan tentang konsep dasar filsafat pendidikan islam Diskusi, Information search dan video pembelajaran Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Konsep Dasar Filsafat, Filsafat Pendidikan dan Konsep Dasar Pendidikan Islam
 Pengertian Filsafat, Filsafat Pendidikan dan Filsafat Pendidikan Islam
 Ruang Lingkup Filsafat, Filsafat Pendidikan, dan Filsafat Pendidikan Islam
 Tujuan Filsafat, Filsafat Pendidikan dan Filsafat Pendidikan Islam
 Metode Filsafat, Filsafat Pendidikan dan Filsafat Pendidikan Islam
3 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang Aliran FIlsafat Pendidikan Information search, diskusi, jigsaw learning Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Aliran Filsafat Pendidikan
• Progresivisme
• Perenialisme
• Essensilisme
• Rekonstruksionisme
4 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang aliran filsafat pendidikan Islam Diskusi Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Aliran Filsafat Pendidikan Islam
• Aliran Konservativ (Al-Muhafidz)
• Aliran Religius Rasional (Al-Diniy al-Aqlaniy
• Aliran Pragmatis (al-Dzara’iy)
5 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang konsep manusia perspektif filsafat pendidikan Islam Diskusi. Tanya Jawab, Ceramah Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya • Konsep Manusia dalam perspektif filasafat pendidikan Islam
• Penciptaan Manusia Unsur Materi dan Non Materi
• Tujuan Penciptaan Manusia
6 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang konsep masyarakat perspektif filsafat pendidikan Islam Diskusi, tanya jawab dan ceramah Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya • Konsep masyarakat dalam perspektif filsafat pendidikan Islam
• Unsur-unsur pembentuk masyarakat
• Karakteristik masyarakat Muslim
• Peran,tugas,dan tanggung jawab masyarakat Muslim terhadap Pendidikan Islam
7 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang Konsep ilmu pengetahuan perspektif filsafat pendidikan Islam DIskusi, Tanya Jawab, Ceramah Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya • Hakikat ilmu pengetahuan dalam perspektif filsafat pendidikan islam
• Sifat pengetahuan
• Jenis-jenis pengetahuan
• Sumber-sumber pengetahuan
8 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... 8 : UTS Mengerjakan soal UTS Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
9 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
10 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
11 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
12 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
13 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
14 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
15 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
16 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... 16 : UAS Mengerjakan soal UAS Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya

5. Daftar Rujukan







    News

    Artefak perkuliahan Matakuliah: PAI111-Filsafat Pendidikan Islam (2 SKS), Semester: 3 19-PAI-D, Dosen : Dr. ADRIPEN, M.Pd., ANNISAUL KHAIRAT, M.Pd, Ruang: GH.2.1, Hari: Selasa, 13.15 s.d 14.54, Tahun Akademik: 2020/2021, Jurusan: PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Pengunggahan Barusan