Fakultas | Tarbiyah dan Ilmu Keguruan |
Jurusan | PENDIDIKAN (TADRIS) MATEMATIKA |
Kode Matakuliah | MAT312 |
Nama Matakuliah | Algoritma Pemrograman |
Semester | 5 |
SKS | 3 sks |
Pengampu Perkuliahan | IKA METIZA MARIS, M.SI. |
Peserta Perkuliahan | 1730105010 - ERDILA AGUSTIANI, 1730105023 - JUSAFRIA YALMI, 1830105001 - ALDA ALDELINA, 1830105002 - ANDRE ELVIS YANTO, 1830105006 - ASYIFA NURUL AQSHA, 1830105007 - AULIA FITRI ZETIA, 1830105008 - AULIA YUNITA, 1830105009 - AYU LESTARI, 1830105010 - DEBI HERNIATI, 1830105011 - DELVA YONA SASTRAWATI, 1830105012 - DENATUL HASANAH, 1830105013 - EFRIANA GUSNI, 1830105014 - EZI DAWANTI, 1830105015 - FANIA MARTA FIONA, 1830105016 - FARADILLA HAFIZHAH, 1830105018 - FELINA NABILA UMAIROH, 1830105019 - FITRI HANDAYANI, 1830105020 - GINA DAYANA, 1830105022 - HAYATUN NUFUS, 1830105023 - HAZIZAH, 1830105024 - HIKMATHUN NAZILA, 1830105025 - HIZATUN NABILA, 1830105026 - IRJI ILA RABBIKI, 1830105027 - ISKA HIDAYAT, 1830105029 - KHODIZAH, 1830105030 - LAILATUL RAMADANI, 1830105031 - MAILINA PUTRI, 1830105032 - MEILIN VANESHA PUTRI, 1830105033 - MELIANI WIDYA AUFAH, 1830105034 - MONA YULIVIA PUTRI, 1830105040 - NOFA RAHMA DENI |
Dengan memanfaatkan pembelajaran berbasis inkuiri dengan modus gabungan tatap muka dan daring (online), mahasiswa mampu mengenal dan menguasai Algoritma, Program dan Pemrograman, Struktur program pascal, penulisan program, Elemen-elemen program Pascal, Penyeleksian kondisi dan Perulangan dalam Pascal, Procedure, Function serta program aplikasi pada bidang lain seperti fisika, teknik atau ekonomi.
Perkuliahan tata muka di labor komputer akan menjadi media utama dan media daring (on line) dengan memanfaatkan e-campus digunakan atas dasar kebutuhan . Ketercapaian CPMK akan dilakukan melalui baik tes maupun nontes
a. Mampu memahami dasar-dasar pemograman dalam Bahasa turbo Pascal
b. Mampu menguasai pembutan program dalam turbo pascal yang diaplikasikan dalam berbagai bidang seperti matematika, fisika, teknik dan ekonomi
c. Soft skills/Karakter: Memiliki etos kerja, empati, tanggung jawab, percaya diri, dan rasa bangga sebagai calon guru matematika
Minggu ke | Indikator Capaian Pembelajaran | Bahan Kajian | Metode Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Waktu Pembelajaran | Tugas dan Penilaian | Sumber Belajar |
---|---|---|---|---|---|---|---|
1 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan pengertian algoritma, program, pemrograman, bahasa pemrograman | Pembahasan tentang Algoritma, Program dan Pemograman | Ekspositori | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan pengertian algoritma, program, pemrograman, bahasa pemrograman | |
2 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan struktur yang ada dalam bahasa pemrograman pascal. | Pembahasan tentang algoritma pemograman dan pendahuluan Struktur Bahasa Pascal | Ekspositori, Pemberian Tugas | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan struktur dan elemen-elemen yang ada dalam bahasa pemrograman pascal. | |
3 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Elemen-elemen yang ada pada program Pascal | Pembahasan tentang Struktur Bahasa Pascal | Ekspositori, Pemberian Tugas | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan Elemen-elemen yang ada pada program Pascal | |
4 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mempraktekkan penggunaan statemet input dan output | Pembahasan tentang Statemen Input dan Output | Ekspositori, Praktikum, Pemberian Tugas | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Mempraktekkan | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan dan mempraktekkan penggunaan statemen input dan output | |
5 | Mahasiswa mampu membuat program sederhana Pascal | Pembahasan tentang Program sederhana Pascal | Ekspositori, Praktikum, Pemberian Tugas | Menyimak, Mengamati dan empraktekkan | 3 x 50 menit | mempraktekkan pembuatan program sederhana | |
6 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mempraktekkan pembuatan program penggunakan statemen percabangan (if-then dan case- of) | Pembahasan tentang statemen percabangan | Ekspositori, Praktikum, Pemberian Tugas | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Mempraktekkan | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan dan mempraktekkan penggunaan statemen percabangan | |
7 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mempraktekkan pembuatan program penggunakan statemen perulangan (for , while-do, repeat-until.) | Pembahasan tentang Statemen perulangan | Ekspositori, Praktikum, Pemberian Tugas | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Mempraktekkan | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
8 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 8 : UTS | Mengerjakan soal UTS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
9 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mempraktekkan pembuatan program menggunakan prosedure (parameter dalam procedure, procedure dalam procedure, procedure standard. ) | Pembahasan tentang Procedure | Ekspositori, Praktikum, Pemberian Tugas | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Mempraktekkan | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan dan mempraktekkan penggunaan procedure | |
10 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mempraktekkan pembuatan program menggunakan prosedure (parameter dalam procedure, procedure dalam procedure, procedure standard. ) | Pembahasan tentang Procedure | Ekspositori, Praktikum, Pemberian Tugas | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Mempraktekkan | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan dan mempraktekkan penggunaan procedure | |
11 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mempraktekkan pembuatan program menggunakan function (function tanpa parameter, paramater function, fungsi pangkat, fungsi memanggil dirinya sendiri, fungsi memanggil fungsi lain, fungsi tersarang, fungsi standard.) | Pembahasan tentang Function | Ekspositori, Praktikum, Pemberian Tugas | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Mempraktekkan | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan dan mempraktekkan penggunaan function | |
12 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mempraktekkan pembuatan program menggunakan function (function tanpa parameter, paramater function, fungsi pangkat, fungsi memanggil dirinya sendiri, fungsi memanggil fungsi lain, fungsi tersarang, fungsi standard.) | Pembahasan tentang Function | Ekspositori, Praktikum, Pemberian Tugas | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Mempraktekkan | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan dan mempraktekkan penggunaan function | |
13 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mempraktekkan pembuatan program menggunakan array (deklarasi array, deklarasi tipe berindeks, konstanta array) | Pembahasan tentang Array | Ekspositori, Praktikum, Pemberian Tugas | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Mempraktekkan | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan dan mempraktekkan penggunaan array | |
14 | Mahasiswa mampu membuat program aplikasi bidang lainnya seperti fisika, teknik atau ekonomi | Pembahasan tentang aplikasi program pascal | Ekspositori, Praktikum, Pemberian Tugas | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Mempraktekkan | 3 x 50 menit | Ketepatan membuat program aplikasi lainnya | |
15 | Mahasiswa mampu membuat program aplikasi bidang lainnya seperti fisika, teknik atau ekonomi | Pembahasan tentang aplikasi program pascal | Ekspositori, Praktikum, Pemberian Tugas | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Mempraktekkan | 3 x 50 menit | Ketepatan membuat program aplikasi lainnya | |
16 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 16 : UAS | Mengerjakan soal UAS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya |
Artefak perkuliahan Matakuliah: MAT312-Algoritma Pemrograman (3 SKS), Semester: 5 18-TMM-A, Dosen : IKA METIZA MARIS, M.SI., Ruang: LABOR KOMPUTER 2, Hari: Selasa, 13.15 s.d 15.45, Tahun Akademik: 2020/2021, Jurusan: PENDIDIKAN (TADRIS) MATEMATIKA
Semua hak cipta dilindungi oleh Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar