Publikasi IAIN Batusangkar

MAT312-Algoritma Pemrograman (3 SKS) 5 18-TMM-A IKA METIZA MARIS, M.SI. LABOR KOMPUTER 2, Selasa, 13.15 s.d 15.45 2020/2021

MAT312-Algoritma Pemrograman (3 SKS) 5 18-TMM-A IKA METIZA MARIS, M.SI. LABOR KOMPUTER 2, Selasa, 13.15 s.d 15.45 2020/2021

 

1. Identitas Matakuliah

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
Jurusan PENDIDIKAN (TADRIS) MATEMATIKA
Kode Matakuliah MAT312
Nama Matakuliah Algoritma Pemrograman
Semester 5
SKS 3 sks
Pengampu Perkuliahan IKA METIZA MARIS, M.SI.
Peserta Perkuliahan 1730105010 - ERDILA AGUSTIANI,
1730105023 - JUSAFRIA YALMI,
1830105001 - ALDA ALDELINA,
1830105002 - ANDRE ELVIS YANTO,
1830105006 - ASYIFA NURUL AQSHA,
1830105007 - AULIA FITRI ZETIA,
1830105008 - AULIA YUNITA,
1830105009 - AYU LESTARI,
1830105010 - DEBI HERNIATI,
1830105011 - DELVA YONA SASTRAWATI,
1830105012 - DENATUL HASANAH,
1830105013 - EFRIANA GUSNI,
1830105014 - EZI DAWANTI,
1830105015 - FANIA MARTA FIONA,
1830105016 - FARADILLA HAFIZHAH,
1830105018 - FELINA NABILA UMAIROH,
1830105019 - FITRI HANDAYANI,
1830105020 - GINA DAYANA,
1830105022 - HAYATUN NUFUS,
1830105023 - HAZIZAH,
1830105024 - HIKMATHUN NAZILA,
1830105025 - HIZATUN NABILA,
1830105026 - IRJI ILA RABBIKI,
1830105027 - ISKA HIDAYAT,
1830105029 - KHODIZAH,
1830105030 - LAILATUL RAMADANI,
1830105031 - MAILINA PUTRI,
1830105032 - MEILIN VANESHA PUTRI,
1830105033 - MELIANI WIDYA AUFAH,
1830105034 - MONA YULIVIA PUTRI,
1830105040 - NOFA RAHMA DENI

2. Deskripsi Pembelajaran

Dengan memanfaatkan pembelajaran berbasis inkuiri dengan modus gabungan tatap muka dan daring (online), mahasiswa mampu mengenal dan menguasai Algoritma, Program dan Pemrograman, Struktur program pascal, penulisan program, Elemen-elemen program Pascal, Penyeleksian kondisi dan Perulangan dalam Pascal, Procedure, Function serta program aplikasi pada bidang lain seperti fisika, teknik atau ekonomi.

Perkuliahan tata muka di labor komputer akan menjadi media utama dan media daring (on line) dengan memanfaatkan e-campus digunakan atas dasar kebutuhan . Ketercapaian CPMK akan dilakukan melalui baik tes maupun nontes

3. Capaian / Kompetensi

a. Mampu memahami dasar-dasar pemograman dalam Bahasa turbo Pascal
b. Mampu menguasai pembutan program dalam turbo pascal yang diaplikasikan dalam berbagai bidang seperti matematika, fisika, teknik dan ekonomi
c. Soft skills/Karakter: Memiliki etos kerja, empati, tanggung jawab, percaya diri, dan rasa bangga sebagai calon guru matematika

4. Rencana Pembelajaran

Minggu ke Indikator Capaian Pembelajaran Bahan Kajian Metode Pembelajaran Pengalaman Belajar Waktu Pembelajaran Tugas dan Penilaian Sumber Belajar
1 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan pengertian algoritma, program, pemrograman, bahasa pemrograman Pembahasan tentang Algoritma, Program dan Pemograman Ekspositori Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan pengertian algoritma, program, pemrograman, bahasa pemrograman
2 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan struktur yang ada dalam bahasa pemrograman pascal. Pembahasan tentang algoritma pemograman dan pendahuluan Struktur Bahasa Pascal Ekspositori, Pemberian Tugas Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan struktur dan elemen-elemen yang ada dalam bahasa pemrograman pascal.
3 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Elemen-elemen yang ada pada program Pascal Pembahasan tentang Struktur Bahasa Pascal Ekspositori, Pemberian Tugas Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan Elemen-elemen yang ada pada program Pascal
4 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mempraktekkan penggunaan statemet input dan output Pembahasan tentang Statemen Input dan Output Ekspositori, Praktikum, Pemberian Tugas Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Mempraktekkan 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan dan mempraktekkan penggunaan statemen input dan output
5 Mahasiswa mampu membuat program sederhana Pascal Pembahasan tentang Program sederhana Pascal Ekspositori, Praktikum, Pemberian Tugas Menyimak, Mengamati dan empraktekkan 3 x 50 menit mempraktekkan pembuatan program sederhana
6 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mempraktekkan pembuatan program penggunakan statemen percabangan (if-then dan case- of) Pembahasan tentang statemen percabangan Ekspositori, Praktikum, Pemberian Tugas Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Mempraktekkan 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan dan mempraktekkan penggunaan statemen percabangan
7 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mempraktekkan pembuatan program penggunakan statemen perulangan (for , while-do, repeat-until.) Pembahasan tentang Statemen perulangan Ekspositori, Praktikum, Pemberian Tugas Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Mempraktekkan 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
8 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... 8 : UTS Mengerjakan soal UTS Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
9 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mempraktekkan pembuatan program menggunakan prosedure (parameter dalam procedure, procedure dalam procedure, procedure standard. ) Pembahasan tentang Procedure Ekspositori, Praktikum, Pemberian Tugas Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Mempraktekkan 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan dan mempraktekkan penggunaan procedure
10 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mempraktekkan pembuatan program menggunakan prosedure (parameter dalam procedure, procedure dalam procedure, procedure standard. ) Pembahasan tentang Procedure Ekspositori, Praktikum, Pemberian Tugas Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Mempraktekkan 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan dan mempraktekkan penggunaan procedure
11 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mempraktekkan pembuatan program menggunakan function (function tanpa parameter, paramater function, fungsi pangkat, fungsi memanggil dirinya sendiri, fungsi memanggil fungsi lain, fungsi tersarang, fungsi standard.) Pembahasan tentang Function Ekspositori, Praktikum, Pemberian Tugas Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Mempraktekkan 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan dan mempraktekkan penggunaan function
12 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mempraktekkan pembuatan program menggunakan function (function tanpa parameter, paramater function, fungsi pangkat, fungsi memanggil dirinya sendiri, fungsi memanggil fungsi lain, fungsi tersarang, fungsi standard.) Pembahasan tentang Function Ekspositori, Praktikum, Pemberian Tugas Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Mempraktekkan 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan dan mempraktekkan penggunaan function
13 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mempraktekkan pembuatan program menggunakan array (deklarasi array, deklarasi tipe berindeks, konstanta array) Pembahasan tentang Array Ekspositori, Praktikum, Pemberian Tugas Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Mempraktekkan 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan dan mempraktekkan penggunaan array
14 Mahasiswa mampu membuat program aplikasi bidang lainnya seperti fisika, teknik atau ekonomi Pembahasan tentang aplikasi program pascal Ekspositori, Praktikum, Pemberian Tugas Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Mempraktekkan 3 x 50 menit Ketepatan membuat program aplikasi lainnya
15 Mahasiswa mampu membuat program aplikasi bidang lainnya seperti fisika, teknik atau ekonomi Pembahasan tentang aplikasi program pascal Ekspositori, Praktikum, Pemberian Tugas Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Mempraktekkan 3 x 50 menit Ketepatan membuat program aplikasi lainnya
16 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... 16 : UAS Mengerjakan soal UAS Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya

5. Daftar Rujukan







    News

    Artefak perkuliahan Matakuliah: MAT312-Algoritma Pemrograman (3 SKS), Semester: 5 18-TMM-A, Dosen : IKA METIZA MARIS, M.SI., Ruang: LABOR KOMPUTER 2, Hari: Selasa, 13.15 s.d 15.45, Tahun Akademik: 2020/2021, Jurusan: PENDIDIKAN (TADRIS) MATEMATIKA

Pengunggahan Barusan

Cari Publikasi


Advanced Search

Lihat

Akunku

Discover

Umpan RSS