Fakultas | Tarbiyah dan Ilmu Keguruan |
Jurusan | PENDIDIKAN AGAMA ISLAM |
Kode Matakuliah | PAI401 |
Nama Matakuliah | Bahasa Arab Untuk Pembelajaran Pendidikan Agama Islam |
Semester | 5 |
SKS | 2 sks |
Pengampu Perkuliahan | MELISA REZI, S.PDI., MA |
Peserta Perkuliahan | 1730101089 - NADYA ANGGITA, 1730101122 - SARI DERITA, 1830101038 - YOSSI WULANDARI, 1830101080 - ANDIKA SAPUTRA, 1830101081 - ANNISA SEPTIANI, 1830101082 - ATIKA WULANNARI, 1830101083 - DANDI, 1830101084 - DILLA NOFRIANTI, 1830101085 - ELFI SYAHRI RAMADHANI, 1830101086 - FADEL MUHAMMAD, 1830101088 - FADHLI AZMI, 1830101090 - HARIANTI FAJAR, 1830101092 - HIDAYATUL HUSNA, 1830101093 - ISMI PUTRI UTAMA, 1830101094 - IZHA LAILA, 1830101095 - LISA AMELIA PARATAMA, 1830101096 - M. ABDUL KHALIK, 1830101097 - MARDHIYATUL HUSNI, 1830101099 - MUHAMMAD RIZKY, 1830101101 - NAMIRA NUR ANNISA, 1830101102 - NUR AFIFAH, 1830101103 - NURUL WATIL WAQO, 1830101104 - RAHMAT NUZUL HIDAYAH, 1830101105 - RAHMI HIDAYANI, 1830101107 - RIKA RAHMA RAHMATIKA, 1830101108 - RIRI MARDILIANTI, 1830101109 - RULLI VANDRA, 1830101110 - RUSYDA ANNISA, 1830101111 - SARI FITRA, 1830101113 - SYAFRI ZIKRA NUR, 1830101114 - WAHYUNI HAJRIATI, 1830101115 - YOLA ENGLA SARI, 1830101116 - YULI ANDRI, 1830101117 - YUNNA AULIA, 1830101118 - ZAKKI RAHMATULLAH |
Mahasiswa mampu mengajar mapel PAI dengan menggunakan bahasa Arab
Mampu menguasai bentuk-bentuk keterampilan mengajar PAI dengan menggunakan Bahasa Arab
- Mampu menganalisa realita penggunaan Bahasa Arab dalam pembelajaran PAI
- Mampu menguasai pengetahuan dan langkah-langkah berkomunikasi baik lisan maupun tulisan dalam pembelajaran PAI dengan menggunakan bahasa Arab
- Mampu mendesain dan mengembangkan RPP mata pelajaran PAI dengan menggunakan Bahasa Arab
- Mampu mempraktekkan mengajar mata pelajaran PAI dengan menggunakan bahssa Arab
Minggu ke | Indikator Capaian Pembelajaran | Bahan Kajian | Metode Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Waktu Pembelajaran | Tugas dan Penilaian | Sumber Belajar |
---|---|---|---|---|---|---|---|
1 | Menguasai dan melaksanakan kontrak kuliah dan rincian RPS dengan baik dan benar | Pembahasan tentang Pengantar dan kontrak perkuliahan | Discovery Learning | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | - Mahasiswa berkemampuan menata diri untuk menyusun agenda perkuliahan dan melaksanakan tugas terstruktur dan mandiri selama masa perkuliahan | RPS | |
2 | a. Menjelaskan konsep keterampilan membuka pelajaran b. Menjelaskan bentuk-bentuk keterampilan membuka pelajaran PAI dan Bahasa Arab yang digunakan c. Melakukan praktek / simulasi membuka pelajaran dengan Bahasa Arab untuk mata pelajaran PAI |
Pembahasan tentang Keterampilan membuka mapel PAI dengan bahasa arab | - Small Group Discussion - Simulasi |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | a. Ketepatan analisis materi perkuliahan, b. Kerapian sajian materi perkuliahan, c. Kretivitas ide pengembangan materi dan contoh materi terkait materi perkuliahan d. Kemampuan komunikasi Bahasa Arab baik lisan maupun tylisan. |
Keterempilan membuka pelajaran PAI dengan bahasa arab |
3 | a. Menjelaskan konsep Keterampilan menjelaskan dan memberikan variasi b. Menjelaskan bentuk-bentuk Keterampilan menjelaskan dan memberikan variasi pelajaran PAI dengan bahasa Arab yang digunakan c. Melakukan praktek / simulasi menjelaskan dan memberikan variasi dengan Bahasa Arab untuk mata pelajaran PAI |
Pembahasan tentang keterampilan menjelaskan dan memberikan variasi dengan bahasa arab | - Small Group Discussion - Simulasi |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | a. Ketepatan analisis materi perkuliahan, b. Kerapian sajian materi perkuliahan, c. Kretivitas ide pengembangan materi dan contoh materi terkait materi perkuliahan d. Kemampuan komunikasi Bahasa Arab baik lisan maupun tylisan. |
Keterampilan menjelaskan dan memberikan variasi mapel PAI dengan bahasa arab |
4 | a. Menjelaskan konsep Keterampilan menjelaskan dan memberikan variasi b. Menjelaskan bentuk-bentuk Keterampilan menjelaskan dan memberikan variasi pelajaran PAI dengan bahasa Arab yang digunakan c. Melakukan praktek / simulasi menjelaskan dan memberikan variasi dengan Bahasa Arab untuk mata pelajaran PAI |
Pembahasan tentang bertanya dan memberikan penguatan mapel PAI dalam bahasa Arab | - Small Group Discussion - Simulasi |
- Mahasiswa membuat rancangan bahan diskusi dan aturan diskusi, lalu menjadi moderator dan sekaligus mengulasnya - Mahasiswa mepresentasikan makalah . - Mahasiswa mempraktekkan keterampilan memberikan penguatan dan bertanya dalam pelajaran PAI dengan bahasa Arab sederhana sesuai dengan teori yang di bahas - Mahasiswa mendiskusikannya dengan mengadakan sesi kritik/ saran dan tanya jawab seputar topik yang dibahas - Mahasiswa mendengarkan penjelasan dan penguatan dari dosen terkait topik yang di bahas. |
2 x 50 menit | a. Ketepatan analisis materi perkuliahan, b. Kerapian sajian materi perkuliahan, c. Kretivitas ide pengembangan materi dan contoh materi terkait materi perkuliahan d. Kemampuan komunikasi Bahasa Arab baik lisan maupun tylisan |
keterampilan memberikan bertanya dan memberikan penguatan dengan bahasa arab |
5 | a. Menjelaskan konsep keterampilan menutup pelajaran b. Menjelaskan bentuk-bentuk keterampilan menutup pelajaran PAI dan Bahasa Arab yang digunakan c. Melakukan praktek / simulasi menutup pelajaran dengan Bahasa Arab untuk mata pelajaran PAI |
Pembahasan tentang keterampilan menutup pelajaran dengan bahasa arab | - Small Group Discussion - Simulasi |
- Mahasiswa membuat rancangan bahan diskusi dan aturan diskusi, lalu menjadi moderator dan sekaligus mengulasnya - Mahasiswa mepresentasikan makalah . - Mahasiswa mempraktekkan keterampilan menutup pelajaran PAI dengan bahasa Arab sederhana sesuai dengan teori yang di bahas - Mahasiswa mendiskusikannya dengan mengadakan sesi kritik/ saran dan tanya jawab seputar topik yang dibahas - Mahasiswa mendengarkan penjelasan dan penguatan dari dosen terkait topik yang di bahas. |
2 x 50 menit | a. Ketepatan analisis materi perkuliahan, b. Kerapian sajian materi perkuliahan, c. Kretivitas ide pengembangan materi dan contoh materi terkait materi perkuliahan d. Kemampuan komunikasi Bahasa Arab baik lisan maupun tylisan. |
keterampilan menutup pelajaran dengan bahasa arab |
6 | a. Mengobservasi RPP PAI di Madrasah b. Menganalisa dan mengkritisi c. Merancang penggunaan Bahasa Arab pada RPP PAI d. Merancang blangko penilaian/ validasi simulasi/ praktek |
Pembahasan tentang RPP mata pelajaran PAI dengan Bahasa Arab | - Contextual Instruction - Collaborative Learning |
- Mahasiswa melakukan observasi ke lapangan dengan mendapatkan contoh RPP PAI di Madrasah - Mahasiswa menganalisa hasil observasi yang dihubungkan dengan teori yang ada - Mahasiswa bekerja sama dengan anggota kelompoknya dalam mengerjakan tugas dan membuat rancangan RPP dan blangko validasi penilaian simulasi RPP untuk pembelajaran PAI dengan Bahasa Arab |
2 x 50 menit | a. Ketepatan analisis materi perkuliahan, b. Kerapian sajian materi perkuliahan, c. Kretivitas ide pengembangan materi dan contoh materi terkait materi perkuliahan d. Kemampuan komunikasi Bahasa Arab baik lisan maupun tylisan |
RPP mata pelajaran PAI dengan Bahasa Arab |
7 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan a. Merancang RPP dan blangko validasi penilaian simulasi RPP untuk mata pelajaran Fiqih berbahasa Arab sederhana pada tingkat Madrasah Tsanawiyyah b. Melakukan praktek mengajar mata pelajaran Fiqih berbahasa Arab sederhana |
Pembahasan tentang Praktek mengajar mata pelajaran Fiqih berbahasa Arab sederhana pada tingkat Madrasah Tsanawiyyah | - Small Group Discussion - Simulasi |
- Mahasiswa melakukan observasi ke lapangan dengan mendapatkan contoh RPP PAI di Madrasah - Mahasiswa menganalisa hasil observasi yang dihubungkan dengan teori yang ada - Mahasiswa bekerja sama dengan anggota kelompoknya dalam mengerjakan tugas dan membuat rancangan RPP dan blangko validasi penilaian simulasi RPP untuk pembelajaran PAI dengan Bahasa Arab - Mahasiswa bekerja sama dengan anggota kelompoknya dalam mengerjakan tugas dan membuat rancangan RPP dan blangko validasi penilaian simulasi RPP untuk mata pelajaran Fiqih berbahasa Arab sederhana pada tingkat Madrasah Tsanawiyyah - Mahasiswa melakukan praktek mengajar mata pelajaran Fiqih berbahasa Arab sederhana pada tingkat Madrasah Tsanawiyyah - Mahasiswa mendiskusikan dan menvalidasi penggunaan bahasa Arab tersebut |
2 x 50 menit | a. Ketepatan dan kemampuan komunikasi Bahasa Arab dalam praktek mengajar, b. Kerapian sajian materi (RPP, Materi, Media, Blangko Validasi) c. Kretivitas ide pengembangan materi, media dan strategi menarik pada saat praktek |
RPP mata pelajaran PAI dengan Bahasa Arab |
8 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 8 : UTS | Mengerjakan soal UTS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
9 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
10 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
11 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
12 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
13 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
14 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
15 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
16 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 16 : UAS | Mengerjakan soal UAS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya |
Artefak perkuliahan Matakuliah: PAI401-Bahasa Arab Untuk Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (2 SKS), Semester: 5 18-PAI-C, Dosen : MELISA REZI, S.PDI., MA, Ruang: Lokal KI.5, Hari: Selasa, 13.15 s.d 14.54, Tahun Akademik: 2020/2021, Jurusan: PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Semua hak cipta dilindungi oleh Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar