Publikasi IAIN Batusangkar

PBA309-Al Nahw Al Thathbiqiy (2 SKS) 3 19-PBA-A KAMALUDDIN, S.AG., MA. Lokal F3, Rabu, 07.15 s.d 08.54 2020/2021

PBA309-Al Nahw Al Thathbiqiy (2 SKS) 3 19-PBA-A KAMALUDDIN, S.AG., MA. Lokal F3, Rabu, 07.15 s.d 08.54 2020/2021

 

1. Identitas Matakuliah

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
Jurusan PENDIDIKAN BAHASA ARAB
Kode Matakuliah PBA309
Nama Matakuliah Al Nahw Al Thathbiqiy
Semester 3
SKS 2 sks
Pengampu Perkuliahan KAMALUDDIN, S.AG., MA.
Peserta Perkuliahan 1930102001 - ADE IRMA AISYAH,
1930102002 - ADZKIA TUNNISA,
1930102003 - AFIFAH PUTRI,
1930102004 - AFZA LIA FUSCA ZELA,
1930102005 - AGIL PRASETYA,
1930102006 - ANNISA AGUSTINA,
1930102007 - ANNISA KHAIRANI,
1930102008 - ARNELA EKA FHADILA,
1930102009 - ASDARIANI,
1930102010 - DELLA HELVIZA,
1930102011 - DEWI YUNITA PUTRI,
1930102012 - FIKYAN THORIQ ISMI,
1930102013 - FITRI RAHMA SARI,
1930102014 - GHIFARI AHMAD ZAKI,
1930102015 - HANIFAH,
1930102017 - HUSNUL KHATIMAH,
1930102018 - INDAH PERMATA SARI,
1930102019 - JEFRI,
1930102021 - KELVIN,
1930102022 - KHOIRON NUR TAUFIQ,
1930102023 - MASRI WAHYULI YANTI,
1930102025 - MISLIMAYNI,
1930102050 - YES SATAS

2. Deskripsi Pembelajaran

Mata kuliah Alnahwu Al Tathbiqiy ini bertujuan untuk membekali mahasiswa agar memiliki kompetensi dalam penerapan teori-teori Nahwu dalam teks Bahasa Arab. Mata kuliah ini mempelajari tentang teori-teori Nahwu dan penerpannya dalam teks Bahas Arab. Mata kuliah ini membahas tentang penerpan teori I’rab, Jumlah Mufidah, Awaamil Annawasikh, Attakmilah, Almajruuraat dan I’rab Alfi’il dalam teks Bahasa Arab

3. Capaian / Kompetensi

Mahasiswa mampu menjelaskan dan menerapkan teori-teori Nahwu dalam teks Bahasa Arab

4. Rencana Pembelajaran

Minggu ke Indikator Capaian Pembelajaran Bahan Kajian Metode Pembelajaran Pengalaman Belajar Waktu Pembelajaran Tugas dan Penilaian Sumber Belajar
1 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pendahuluan, membahas RPS dan teknik perkuliahan Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya RPS, Teknik perkuliahan dan pembagian kelompok
2 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
3 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
4 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
5 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
6 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang
كان وأخواتها وكاد وأخواتها
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya إعراب اسم وخبر كان وأخواتها وكاد وأخواتها ومعانيهما
7 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
8 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... 8 : UTS Mengerjakan soal UTS Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
9 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
10 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
11 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
12 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
13 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
14 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
15 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
16 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... 16 : UAS Mengerjakan soal UAS Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya

5. Daftar Rujukan







    News

    Artefak perkuliahan Matakuliah: PBA309-Al Nahw Al Thathbiqiy (2 SKS), Semester: 3 19-PBA-A, Dosen : KAMALUDDIN, S.AG., MA., Ruang: Lokal F3, Hari: Rabu, 07.15 s.d 08.54, Tahun Akademik: 2020/2021, Jurusan: PENDIDIKAN BAHASA ARAB

Pengunggahan Barusan

Cari Publikasi


Advanced Search

Lihat

Akunku

Discover

Umpan RSS