Fakultas | Tarbiyah dan Ilmu Keguruan |
Jurusan | PENDIDIKAN BAHASA ARAB |
Kode Matakuliah | PBA309 |
Nama Matakuliah | Al Nahw Al Thathbiqiy |
Semester | 3 |
SKS | 2 sks |
Pengampu Perkuliahan | KAMALUDDIN, S.AG., MA. |
Peserta Perkuliahan | 1930102001 - ADE IRMA AISYAH, 1930102002 - ADZKIA TUNNISA, 1930102003 - AFIFAH PUTRI, 1930102004 - AFZA LIA FUSCA ZELA, 1930102005 - AGIL PRASETYA, 1930102006 - ANNISA AGUSTINA, 1930102007 - ANNISA KHAIRANI, 1930102008 - ARNELA EKA FHADILA, 1930102009 - ASDARIANI, 1930102010 - DELLA HELVIZA, 1930102011 - DEWI YUNITA PUTRI, 1930102012 - FIKYAN THORIQ ISMI, 1930102013 - FITRI RAHMA SARI, 1930102014 - GHIFARI AHMAD ZAKI, 1930102015 - HANIFAH, 1930102017 - HUSNUL KHATIMAH, 1930102018 - INDAH PERMATA SARI, 1930102019 - JEFRI, 1930102021 - KELVIN, 1930102022 - KHOIRON NUR TAUFIQ, 1930102023 - MASRI WAHYULI YANTI, 1930102025 - MISLIMAYNI, 1930102050 - YES SATAS |
Mata kuliah Alnahwu Al Tathbiqiy ini bertujuan untuk membekali mahasiswa agar memiliki kompetensi dalam penerapan teori-teori Nahwu dalam teks Bahasa Arab. Mata kuliah ini mempelajari tentang teori-teori Nahwu dan penerpannya dalam teks Bahas Arab. Mata kuliah ini membahas tentang penerpan teori I’rab, Jumlah Mufidah, Awaamil Annawasikh, Attakmilah, Almajruuraat dan I’rab Alfi’il dalam teks Bahasa Arab
Mahasiswa mampu menjelaskan dan menerapkan teori-teori Nahwu dalam teks Bahasa Arab
Minggu ke | Indikator Capaian Pembelajaran | Bahan Kajian | Metode Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Waktu Pembelajaran | Tugas dan Penilaian | Sumber Belajar |
---|---|---|---|---|---|---|---|
1 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pendahuluan, membahas RPS dan teknik perkuliahan | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | RPS, Teknik perkuliahan dan pembagian kelompok | |
2 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
3 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
4 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
5 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
6 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang كان وأخواتها وكاد وأخواتها |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | إعراب اسم وخبر كان وأخواتها وكاد وأخواتها ومعانيهما | |
7 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
8 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 8 : UTS | Mengerjakan soal UTS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
9 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
10 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
11 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
12 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
13 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
14 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
15 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
16 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 16 : UAS | Mengerjakan soal UAS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya |
Artefak perkuliahan Matakuliah: PBA309-Al Nahw Al Thathbiqiy (2 SKS), Semester: 3 19-PBA-A, Dosen : KAMALUDDIN, S.AG., MA., Ruang: Lokal F3, Hari: Rabu, 07.15 s.d 08.54, Tahun Akademik: 2020/2021, Jurusan: PENDIDIKAN BAHASA ARAB
Semua hak cipta dilindungi oleh Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar