Fakultas | Tarbiyah dan Ilmu Keguruan |
Jurusan | PENDIDIKAN ISLAM ANAK USIA DINI |
Kode Matakuliah | PGR302 |
Nama Matakuliah | Metodologi Penelitian |
Semester | 5 |
SKS | 3 sks |
Pengampu Perkuliahan | ELIS KOMALASARI, M.PD |
Peserta Perkuliahan | 1630109036 - NETI AGUSTINA, 1830109034 - MIFTAHUL JANNAH, 1830109036 - NADILLA SUNDARI WIJAYA, 1830109037 - NANDA FAKHIRA ALVI, 1830109038 - NILMAYA SUCI, 1830109039 - NISA URRAHMAH, 1830109040 - NITA PURNAMA SARI, 1830109041 - NOVI YENSI LESTARI, 1830109042 - NOVITA ADITYA ANGGRAENI, 1830109043 - NUR AINUN, 1830109044 - NURMALIZA, 1830109046 - PUTRI AYU, 1830109047 - RAHAYU NOLA SARI, 1830109048 - RAHMA MELIYA REZA, 1830109050 - RAHMA YUNI, 1830109051 - RAHMI NOFERMA, 1830109052 - REZA RIDHATUL HAYATI, 1830109053 - SARI RAMA DONA, 1830109054 - SETRI MONALISA, 1830109055 - SISI NILASARI, 1830109056 - SOVIA SUSANTI, 1830109058 - THESSA FARADILA, 1830109059 - TIA LAILA RAMADHANI, 1830109060 - WALTIANA, 1830109061 - WIDYA AMELIA YUNITA, 1830109062 - WIRA SONIA, 1830109063 - YORI DENOFITA SADGI, 1830109064 - YOZA PRAOKTA, 1830109066 - ZAHRA WANI |
Mata kuliah ini membahas tentang metode penelitian dalam bidang pendidikan anak usia dini, yang meliputi pendekatan kuantitatif, kualitatif dan mix methods. tujuan utama dari mata kuliah ini adalah memberikan pemahaman pada mahasiswa tentang ragam metodologi penelitian dan dapat mengimplementasikannya dalam penyusunan skripsi khususnya dalam melaksanakan penelitian di lapangan.
Mahasiswa dapat memahami konsep metode penelitian,arah dan tujuan perkuliahan, serta dapat memahami aturan dan ketentuan dalam perkuliahan
Minggu ke | Indikator Capaian Pembelajaran | Bahan Kajian | Metode Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Waktu Pembelajaran | Tugas dan Penilaian | Sumber Belajar |
---|---|---|---|---|---|---|---|
1 | Mahasiswa mampu memahami arah dan tujuan mata kuliah serta memahami aturan dan ketentuan dalam perkuliahan metodologi penelitian | Orientasi Perkuliahan | Ceramah | menyimak dan mendiskusikan aturan perkuliahan | 3 x 50 menit | kehadiran | RPS |
2 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
3 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
4 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
5 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
6 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
7 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
8 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 8 : UTS | Mengerjakan soal UTS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
9 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
10 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
11 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
12 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
13 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
14 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
15 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
16 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 16 : UAS | Mengerjakan soal UAS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya |
Artefak perkuliahan Matakuliah: PGR302-Metodologi Penelitian (3 SKS), Semester: 5 18-PIAUD-B, Dosen : ELIS KOMALASARI, M.PD, Ruang: L2.8, Hari: Rabu, 07.15 s.d 09.45, Tahun Akademik: 2020/2021, Jurusan: PENDIDIKAN ISLAM ANAK USIA DINI
Semua hak cipta dilindungi oleh Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar