Fakultas | Tarbiyah dan Ilmu Keguruan |
Jurusan | BIMBINGAN KONSELING |
Kode Matakuliah | BDK400 |
Nama Matakuliah | Bimbingan Karya Ilmiah |
Semester | 1 |
SKS | 2 sks |
Pengampu Perkuliahan | Dr. Ardimen, M.Pd., Kons. |
Peserta Perkuliahan | 2030108001 - ABDI THOYIB, 2030108002 - ADE FADHILLU RAHMAN, 2030108003 - ADINDA SALSABILLAH, 2030108004 - AFIFAH SALSABILLAH FIDRA, 2030108005 - AHMAD FAIRUZI, 2030108006 - ANDINI ELSHA, 2030108007 - ANISA MARSHANDA, 2030108008 - ANNISA FITRI, 2030108009 - ARUM PRAMESTY, 2030108010 - AZZUHRI ROZI, 2030108011 - BEFFI RAHMI SUCI, 2030108012 - CINDY FADDILA, 2030108013 - DEWI HERMAYENI, 2030108014 - DICKI FIRMANSYAH, 2030108015 - DINA MAIYUSTI, 2030108016 - DISKA CLARISTA PERMATA SARI, 2030108017 - DIYAH AYU LESTARI, 2030108018 - DWIANA PRATIWI, 2030108019 - EGI AFRIYAN, 2030108020 - FADILA RAHMI, 2030108021 - FATHONAH ANISA, 2030108022 - FITRI JULIYENTI, 2030108023 - GELORA CINTA SUCI, 2030108024 - GHINA RACHMAWATI, 2030108025 - HAFIZ IMAM IRSYAD, 2030108026 - HAFUZAENCI ISTIQOMAH, 2030108027 - HANIFAH ZAHRA, 2030108028 - HANIFAH ZAHRA, 2030108029 - HANIFATHUL KHAIRI, 2030108030 - HENDRI RIVALDI, 2030108031 - HUSNAL HAYATI, 2030108032 - INDRI AMELIA PUTRI, 2030108033 - INTAN FAHRIYA AZNEL, 2030108034 - INTAN PERMATA SARI, 2030108035 - IQBAL ARYAPUTRA HIDAYAT, 2030108036 - LENI EKA PUTRI, 2030108037 - MEGA DARMA |
Tujuan Utama dari mata kuliah ini adalah membekali mahasiswa dengan kemampuan menulis karya ilmiah berupa artikel, makalah, dan sebagainya sesuai kaidah-kaidah ilmiah
Mahasiswa memiliki kemampuan menulis artikel pada sebuah jurnal ilmiah
Minggu ke | Indikator Capaian Pembelajaran | Bahan Kajian | Metode Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Waktu Pembelajaran | Tugas dan Penilaian | Sumber Belajar |
---|---|---|---|---|---|---|---|
1 | Mahasiswa mampu memahami proses perkuliahan Bimbingan Karya Ilmiah | Orientasi perkuliahan dan RPS | 1. Kelas online 2. Metode: Project Based Learning 3. Media: Google Meet dan e-Learning 4. Lembar kerja |
1. Menyimak 2. Mengamati 3. Mendiskusikan, dan 4. Mengerjakan lembar kerja |
2 x 50 menit | 1. Memahami kontrak belajar dengan benar. 2. Mengerjakan lembar kerja dengan tepat. Mematuhi kontrak belajar dan membuat lembar kerja secara tepat |
Bahan Khusus |
2 | Mahasiswa mampu memahami konsep dasar penulisan karya ilmiah. | Konsep dasar penulisan karya ilmiah. | 1. Kelas online 2. Metode: Project Based Learning 3. Media: Google Meet dan e-Learning 4. Lembar observasi 5. Hasil kutipan 6. Lembar kerja |
1. Membaca 2. Mencari 3. Mengumpulkan dan menyusun informasi untuk mendeskripsikan pengetahuan 4. Mengerjakan lembar kerja |
2 x 50 menit | 1. Merangkum pengertian karya ilmiah. 2. Menguraikan jenis-jenis karya ilmiah. Ketepatan dalam menjelaskan pengertian dan jenis-jenis karya ilmiah |
Bahan Khusus |
3 | Mahasiswa mampu menemukan dan memilih topik/isu untuk menulis karya ilmiah/artikel | Menemukan dan memilih topik/isu untuk menulis karya ilmiah/artikel | 1. Kelas online 2. Metode: Project Based Learning 3. Media: Google Meet dan e-Learning 4. Lembar observasi 5. Hasil kutipan 6. Lembar kerja |
1. Membaca 2. Mencari 3. Mengumpulkan dan menyusun informasi untuk mendeskripsikan pengetahuan 4. Mengerjakan lembar kerja |
2 x 50 menit | 1. Menjelaskan topikatau isu terkini. 2. Memberi contoh topik atau isu untuk ditulis. 3. Menguraikan pentingnya suatu topik diangkat dalam artikel. Ketepatan dalam memberi contoh topik atau isu terkini |
Bahan Khusus |
4 | Mahasiswa mampu menemukan dan menelusuri berbagai artikel jurnal . | Menemukan dan menelusuri berbagai artikel jurnal . | 1. Kelas online 2. Metode: Project Based Learning 3. Media: Google Meet dan e-Learning 4. Lembar observasi 5. Hasil kutipan 6. Lembar kerja |
1. Membaca 2. Mencari 3. Mengumpulkan dan menyusun informasi untuk mendeskripsikan pengetahuan 4. Mengerjakan lembar kerja |
2 x 50 menit | Mempraktikkan contoh cara menemukan artikel jurnal. Ketepatan dalam memberi contoh cara menemukan artikel jurnal | Bahan Khusus |
5 | Mahasiswa mampu memahami dan mempraktikkan teknik menulis kalimat dan paragraf. | Memahami dan mempraktikkan teknik menulis kalimat dan paragraf. | 1. Kelas online 2. Metode: Project Based Learning 3. Media: Google Meet dan e-Learning 4. Lembar observasi 5. Hasil kutipan 6. Lembar kerja |
1. Membaca 2. Mencari 3. Mengumpulkan dan menyusun informasi untuk mendeskripsikan pengetahuan 4. Mengerjakan lembar kerja |
2 x 50 menit | Menulis kalimat dan paragraf. Ketepatan dalam menulis kalimat dan paragraf. | Bahan Khusus |
6 | Mahasiswa mampu melakukan teknik menulis kutipan dan daftar kepustakaan menggunakan aplikasi MS Word dan Mendeley. | Teknik menulis kutipan dan daftar kepustakaan menggunakan aplikasi MS Word dan Mendeley. | 1. Mempelajari Materi di E-Learning 2. Menyelesaikan Tugas di E-Learning |
1. Membaca 2. Mencari 3. Mengumpulkan dan menyusun informasi untuk mendeskripsikan pengetahuan 4. Mengerjakan lembar kerja |
2 x 50 menit | Mempraktikkan contoh menulis kutipan menggunakan MS Word dan Mendeley. Ketepatan memberi contoh menulis kutipan menggunakan MS Word dan Mendeley. | Bahan Khusus |
7 | Mahasiswa mampu menulis bagian “INTRODUCTION” untuk sebuah artikel . | Menulis bagian “INTRODUCTION” untuk sebuah artikel . | 1. Kelas online 2. Metode: Project Based Learning 3. Media: Google Meet dan e-Learning 4. Lembar observasi 5. Hasil kutipan 6. Lembar kerja |
1. Membaca 2. Mencari 3. Mengumpulkan dan menyusun informasi untuk mendeskripsikan pengetahuan 4. Mengerjakan lembar kerja |
2 x 50 menit | Menulis bagian Introduction untuk sebuah artikel. Ketepatan dalam Menulis bagian Introduction untuk sebuah artikel | Bahan Khusus |
8 | UTS | 8 : UTS | Mengerjakan soal UTS | UTS | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
9 | Mahasiswa mampu menulis bagian “LITERRATURE REVIEW” untuk sebuah artikel . | Menulis bagian “LITERRATURE REVIEW” untuk sebuah artikel . | 1. Kelas online 2. Metode: Project Based Learning 3. Media: Google Meet dan e-Learning 4. Lembar observasi 5. Hasil kutipan 6. Lembar kerja |
1. Membaca 2. Mencari 3. Mengumpulkan dan menyusun informasi untuk mendeskripsikan pengetahuan 4. Mengerjakan lembar kerja |
2 x 50 menit | Menulis bagian literrature review dalam artikel. Ketepatan dalam Menulis bagian literrature review dalam artikel. | Bahan Khusus |
10 | Mahasiswa mampu menulis bagian “METHOD” untuk sebuah artikel. | Menulis bagian “METHOD” untuk sebuah artikel. | 1. Kelas online 2. Metode: Project Based Learning 3. Media: Google Meet dan e-Learning 4. Lembar observasi 5. Hasil kutipan 6. Lembar kerja |
1. Membaca 2. Mencari 3. Mengumpulkan dan menyusun informasi untuk mendeskripsikan pengetahuan 4. Mengerjakan lembar kerja |
2 x 50 menit | Menulis bagian method dalam artikel. Ketepatan dalam Menulis bagian method dalam artikel. | Bahan Khusus |
11 | Mahasiswa mampu menulis bagian “RESULT” untuk sebuah artikel. | Menulis bagian “RESULT” untuk sebuah artikel. | 1. Kelas online 2. Metode: Project Based Learning 3. Media: Google Meet dan e-Learning 4. Lembar observasi 5. Hasil kutipan 6. Lembar kerja |
1. Membaca 2. Mencari 3. Mengumpulkan dan menyusun informasi untuk mendeskripsikan pengetahuan 4. Mengerjakan lembar kerja |
2 x 50 menit | Menulis bagian result dalam artikel. Ketepatan dalam Menulis bagian result dalam artikel. | Bahan Khusus |
12 | Mahasiswa mampu menulis bagian “DISCUSSION” untuk sebuah artikel. | Menulis bagian “DISCUSSION” untuk sebuah artikel. | 1. Kelas online 2. Metode: Project Based Learning 3. Media: Google Meet dan e-Learning 4. Lembar observasi 5. Hasil kutipan 6. Lembar kerja |
1. Membaca 2. Mencari 3. Mengumpulkan dan menyusun informasi untuk mendeskripsikan pengetahuan 4. Mengerjakan lembar kerja |
2 x 50 menit | Menulis bagian discussion dalam artikel. Ketepatan dalam Menulis bagian discussion dalam artikel. | Bahan Khusus |
13 | Mahasiswa mampu menulis bagian “CONCLUSION” untuk sebuah artikel. | Menulis bagian “CONCLUSION” untuk sebuah artikel. | 1. Kelas online 2. Metode: Project Based Learning 3. Media: Google Meet dan e-Learning 4. Lembar observasi 5. Hasil kutipan 6. Lembar kerja |
1. Membaca 2. Mencari 3. Mengumpulkan dan menyusun informasi untuk mendeskripsikan pengetahuan 4. Mengerjakan lembar kerja |
2 x 50 menit | Menulis bagian conclusion dalam artikel. Ketepatan dalam Menulis bagian conclusion dalam artikel. | Bahan Khusus |
14 | Mahasiswa mampu memahami keterkaitan dari Introduction hingga Conclusion. | Memahami keterkaitan dari Introduction hingga Conclusion. | 1. Kelas online 2. Metode: Project Based Learning 3. Media: Google Meet dan e-Learning 4. Lembar observasi 5. Hasil kutipan 6. Lembar kerja |
1. Membaca 2. Mencari 3. Mengumpulkan dan menyusun informasi untuk mendeskripsikan pengetahuan 4. Mengerjakan lembar kerja |
2 x 50 menit | Menguraikan Keterkaitan antara Introduction, Literrature Review, Method, Result, Discussiona, hingga Conclusion yang terdapat dalam batang tubuh artikel. Ketepatan dalam menguraikan keterkaitan antara Introduction, Literrature Review, Method, Result, Discussiona, hingga Conclusion yang terdapat dalam batang tubuh artikel. | Bahan Khusus |
15 | Mahasiswa mampu memahami standar mutu dan kualitas artikel serta men-submitt artikel | Memahami standar mutu dan kualitas artikel serta men-submitt artikel | 1. Kelas online 2. Metode: Project Based Learning 3. Media: Google Meet dan e-Learning 4. Lembar observasi 5. Hasil kutipan 6. Lembar kerja |
1. Membaca 2. Mencari 3. Mengumpulkan dan menyusun informasi untuk mendeskripsikan pengetahuan 4. Mengerjakan lembar kerja |
2 x 50 menit | Menguraikan standar mutu dan kualitas artikel serta men-submitt artikel. Ketepatan dalam menguraikan standar mutu dan kualitas artikel serta men-submitt artikel. | Bahan Khusus |
16 | UAS | 16 : UAS | Mengerjakan soal UAS | UAS | 2 x 50 menit |
Artefak perkuliahan Matakuliah: BDK400-Bimbingan Karya Ilmiah (2 SKS), Semester: 1 20-BK-A, Dosen : Dr. Ardimen, M.Pd., Kons., Ruang: L2.7, Hari: Rabu, 07.15 s.d 08.54, Tahun Akademik: 2020/2021, Jurusan: BIMBINGAN KONSELING
Semua hak cipta dilindungi oleh Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar