Fakultas | Tarbiyah dan Ilmu Keguruan |
Jurusan | MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM |
Kode Matakuliah | MPI414 |
Nama Matakuliah | Metodologi Penelitian MPI II |
Semester | 5 |
SKS | 3 sks |
Pengampu Perkuliahan | RAHMI FITRIA, M. PD.I |
Peserta Perkuliahan | 1830103028 - HALIMAH AINORA, 1830103029 - IQBHAL SUBNUR, 1830103030 - ISRI ROHMATUL AYSYI, 1830103031 - KHAIRUNNISA, 1830103032 - LARA MAULIDIA, 1830103033 - LELI APRILIA, 1830103034 - LIANA PUTRI, 1830103036 - MEGA PUSPA RINA, 1830103037 - MIRANDA ANGGUN OKTAVIA, 1830103038 - MITA ANGRIANI, 1830103039 - MONICA AMANDA FEBIOLA, 1830103040 - MUHAMMAD SYAFIQ NAGIUDDIN, 1830103042 - NADYA RAHMADANI, 1830103043 - NIKE AGUSTIA, 1830103045 - NUR AISYAH, 1830103046 - NUR LAILATUR SYAHRIZA, 1830103048 - NUR`ALAINA, 1830103049 - PUTRI NENGSIH, 1830103050 - RAHMA JULITA, 1830103051 - RAHMI OKTAVIA, 1830103052 - RAMATUL NISA, 1830103053 - RAUFU RAHIM IBNU KALZAN, 1830103054 - REKA DOMALASARI, 1830103082 - REYHAN TRI SEPTA |
Mata kuliah Metode Penelitian Kualitatif bertujuan untuk membekali mahasiswa agar memiliki kopetensi dasar dalam bidang metodologi penelitian sehingga mampu membuat penelitian dengan baik dan benar sesuai dengan kaedah-kaedah penelitian. Mata kuliah ini mempelajari prinsip-prinsip metodologi penelitian yang akan dipergunakan kelak dalam melakukan penelitian baik untuk kepentingan akademik (skripsi) maupun praktis (pendapat hukum, putusan, dll). Mata kuliah ini akan membahas tentang, penelitain secara umum, penelitian pendidikan, membuat rancangan proposal, pelaksanaan penelitian normatif dan empiris, serta teknik pembuatan laporan penelitian/penulisan skripsi
1. Mahasiswa mampu menjelaskan prinsip dan etika dalam penelitian manajemen pendidikan
2. Mahasiswa mampu menjelaskan karakteristik dan jenis-jenis penelitian manajemen pendidikan
3. Mahasiswa mampu menyusun proposal penelitian hukum dan mempresentasikannya
4. Mahasiswa mampu melaksanakan penelitian manajemen pendidikan
5. Mahasiswa mampu melaksanakan penelitian manajemen pendidikan
6. Mahasiswa mampu mejelaskan teknik penulisan laporan penlitian manajemen pendidikan
Minggu ke | Indikator Capaian Pembelajaran | Bahan Kajian | Metode Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Waktu Pembelajaran | Tugas dan Penilaian | Sumber Belajar |
---|---|---|---|---|---|---|---|
1 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan kontrak perkuliahan | Pembahasan tentang kontrak perkuliahan | Kuliah online melaui Group WA 1 x 50 menit Belajar Mandiri dan Tugas Terstruktur: 2x50 menit |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | kontrak perkuliahan |
2 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan penelitian kualitatif dapat menemukan permasalahan penelitian | Pembahasan tentang penelitian kualitatif dapat menemukan permasalahan penelitian | Kuliah online melaui Group WA 1 x 50 menit Belajar Mandiri dan Tugas Terstruktur: 2x50 menit |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Penelitin kualitatif dan Permasalahan penelitian |
3 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Bab I (latar belakang masalah penelitian) | Pembahasan tentang Bab I (latar belakang masalah penelitian) | Kuliah online melaui Group WA 1 x 50 menit Belajar Mandiri dan Tugas Terstruktur: 2x50 menit |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Bab I (latar belakang masalah penelitian) |
4 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Bab I (fokus sub fokus, dan Rumusan Masalah ,Tujuan, Manfaat, dan Defenisi Operasional) | Pembahasan tentang Bab I (fokus sub fokus, dan Rumusan Masalah ,Tujuan, Manfaat, dan Defenisi Operasional) | Kuliah online melaui Group WA 1 x 50 menit Belajar Mandiri dan Tugas Terstruktur: 2x50 menit |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | 1. fokus dan sub fokus penelitian 2. rumusan masalah 3. Tujuan Penelitian 4. Manfaat Penelitian 5. Defenisi Operasional |
5 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Bab II (Teori) | Pembahasan tentang Bab II (Teori) | Kuliah online melaui Group WA 1 x 50 menit Belajar Mandiri dan Tugas Terstruktur: 2x50 menit |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | 1. Sumber-Sumber Teori 2. Macam-Macam Teori |
6 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Bab III (latar dan waktu, Instrumen, sumber data, serta keabsahan data) | Pembahasan tentang Bab III (latar dan waktu, Instrumen, sumber data, serta keabsahan data) | Kuliah online melaui Group WA 1 x 50 menit Belajar Mandiri dan Tugas Terstruktur: 2x50 menit |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | 1. Latar dan waktu Penelitian 2. Instrumen penelitian 3. Sumber data (Teknik Pemilihan sampel) |
7 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Bab III (keabsahan data) | Pembahasan tentangBab III (keabsahan data) | Kuliah online melaui Group WA 1 x 50 menit Belajar Mandiri dan Tugas Terstruktur: 2x50 menit |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | 1. Validitas dan reliabilitas (keabsahan) data |
8 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Bab III (Teknik Pengumpulan data melalui observasi) | Pembahasan tentang Bab III (Teknik Pengumpulan data melalui observasi) | Kuliah online melaui Group WA 1 x 50 menit Belajar Mandiri dan Tugas Terstruktur: 2x50 menit |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | 1. Macam-macam pengamatan 2. Pengamatan dan pencatatan dilapangan 3. Pengamat yang diamati |
9 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | UJIAN TENGAH SEMESTER | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
10 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Bab III (Teknik Pengumpulan data Catatan lapangan) | Pembahasan tentang Bab III (Teknik Pengumpulan data Catatan lapangan) | Kuliah online melaui Group WA 1 x 50 menit Belajar Mandiri dan Tugas Terstruktur: 2x50 menit |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | 1. Pengertian dan kegunaan cacatan lapangan 2. Bentuk dan model cacatan lapangan 3. Isi cacatan lapangan |
11 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Bab III (Teknik Pengumpulan data melalui wawancara) | Pembahasan tentang Bab III (Teknik Pengumpulan data melalui wawancara) | Kuliah online melaui Group WA 1 x 50 menit Belajar Mandiri dan Tugas Terstruktur: 2x50 menit |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | 1. Langkah-langkah wawancara 2. Jenis pertanyaan dalam wawancara 3. Alat-alat wawancara 4. Mencatat hasil wawancara |
12 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Bab III (Teknik Pengumpulan data dokumentasi) | Pembahasan tentang Bab III (Teknik Pengumpulan data dokumentasi) | Kuliah online melaui Group WA 1 x 50 menit Belajar Mandiri dan Tugas Terstruktur: 2x50 menit |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | 1. Pengertian dan kegunaan dokumen dalam penelitian 2. Jenis dokumen yang dapat digunakan dalam penelitian |
13 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Bab IV (analisis data kualitatif Miles and Hubermen) | Pembahasan tentang Bab IV (analisis data kualitatif Miles and Hubermen) | Kuliah online melaui Group WA 1 x 50 menit Belajar Mandiri dan Tugas Terstruktur: 2x50 menit |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | 1. Pengertian analisis data Miles and Huberman 2. proses analisis data Miles and Huberman: |
14 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Bab IV (analisis data kualitatif Spradley) | Pembahasan tentang Bab IV (analisis data kualitatif Spradley) | Kuliah online melaui Group WA 1 x 50 menit Belajar Mandiri dan Tugas Terstruktur: 2x50 menit |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | 1. Pengertian analisis data Spradley 2. Proses analisis data Spradley |
15 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan menyajikan rancangan proposal penelitian | Pembahasan tentang menyajikan rancangan proposal penelitian | Kuliah online melaui Group WA 1 x 50 menit Belajar Mandiri dan Tugas Terstruktur: 2x50 menit |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Komponen proposal penelitian Bab I, II dan III |
16 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 16 : UAS | Mengerjakan soal UAS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya |
Artefak perkuliahan Matakuliah: MPI414-Metodologi Penelitian MPI II (3 SKS), Semester: 5 18-MPI-B, Dosen : RAHMI FITRIA, M. PD.I, Ruang: GH.2.2, Hari: Rabu, 07.15 s.d 09.45, Tahun Akademik: 2020/2021, Jurusan: MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM
Semua hak cipta dilindungi oleh Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar