Fakultas | Tarbiyah dan Ilmu Keguruan |
Jurusan | PENDIDIKAN (TADRIS) MATEMATIKA |
Kode Matakuliah | MAT102 |
Nama Matakuliah | Fisika Dasar |
Semester | 1 |
SKS | 3 sks |
Pengampu Perkuliahan | ARTHA NESA CHANDRA |
Peserta Perkuliahan | 1630105051 - SURYA SAPUTRA, 1930105036 - NAJMI HABTULLAH, 1930105041 - RAHMI SEPTIANI, 2030105029 - NURUL AZURA, 2030105030 - OSAMA, 2030105031 - PUTRI YUANDA, 2030105032 - RAHMADHANI WASSALAM, 2030105033 - RAHMAT ARIF, 2030105034 - RAHMI RAHMADHANI, 2030105035 - RAHMI RAMADANI, 2030105036 - REFY RAMADHANI, 2030105037 - REZA NOVITA, 2030105038 - RIDHO GAMBATE, 2030105039 - RINI PUTRI YENI, 2030105040 - RITA ARIANTI, 2030105041 - RIYOS DINANTO, 2030105042 - SEFTA MAWADDAH, 2030105043 - SEKAR ASIH DWI RAHAYU, 2030105044 - SEPTINUR ENGLA, 2030105045 - SHOFIYYAH NURJANNAH, 2030105046 - SUGANDI, 2030105047 - SYARAH HIDAYATI SYAPUTRI, 2030105048 - TETES NURHALISA, 2030105049 - ULYA AVIFA, 2030105050 - WIDIA DWI FIKRY, 2030105051 - WILZA NABILLA, 2030105052 - WINA DIA PUTRI YULIZA, 2030105053 - WIZA FAUZIAH, 2030105054 - ZAHRA SALSABILA, 2030105055 - ZAWATA AFNAN |
Mata kuliah fisika dasar membahas tentang: dasar-dasar mekanik dan termofisika yang mencakup Besaran dan Satuan, Kinematika Partikel, Dinamika Partikel, Usaha dan Energi, Momentum impuls dan tumbukan, Fluida, Konsep Suhu dan Kalor, listrik statis dan listrik dinamis, getaran dan gelombang, optik dan alat optik. Sebelum perkuliahan tatap muka dikelas, setiap mahasiswa harus sudah membuat resume tentang materi yang akan dipelajari. Resume dibuat didalam kertas folio dan di apload ke e campus. Kegiatan perkuliahan dilakukan secara daring dalam bentuk diskusi dan tanya jawab melalui aplikasi pembelajaran on line seperti group WA, google classroom, atau zoom.apk. Dosen memandu diskusi dan menjelaskan materi menggunakan media powerpoint atau video pembelajaran. Setelah diberikan contoh soal mahasiswa mengerjakan latihan dan tugas PR sebagai aplikasi konsep.
Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religious.
Menguasai konsep, prinsip, hukum, dan teori fisika yang mendukung pembelajaran fisika di sekolah
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora di bidang pendidikan fisika.
Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur.
Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok, melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada kelompok yang berada di bawah tanggung jawabnya
Minggu ke | Indikator Capaian Pembelajaran | Bahan Kajian | Metode Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Waktu Pembelajaran | Tugas dan Penilaian | Sumber Belajar |
---|---|---|---|---|---|---|---|
1 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang Kontrak perkuliahan | diskusi melalui zoom dan quis melalui aplikasi quizziz | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
2 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang kinematika partikel | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | KINEMATIKA PARTIKEL | |
3 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
4 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang dinamika partikel | diskusi dan tanya jawab melalui ecampus, google clasroom | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | dinamika partikel |
5 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
6 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang impuls monetum dan tumbukan | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
7 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
8 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 8 : UTS | Mengerjakan soal UTS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
9 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
10 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
11 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
12 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
13 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
14 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
15 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
16 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 16 : UAS | Mengerjakan soal UAS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya |
Artefak perkuliahan Matakuliah: MAT102-Fisika Dasar (3 SKS), Semester: 1 20-TMM-B, Dosen : ARTHA NESA CHANDRA, Ruang: L2.5, Hari: Rabu, 09.40 s.d 12.00, Tahun Akademik: 2020/2021, Jurusan: PENDIDIKAN (TADRIS) MATEMATIKA
Semua hak cipta dilindungi oleh Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar