Fakultas | Tarbiyah dan Ilmu Keguruan |
Jurusan | PENDIDIKAN (TADRIS) MATEMATIKA |
Kode Matakuliah | MAT314 |
Nama Matakuliah | Geometri Transformasi |
Semester | 5 |
SKS | 2 sks |
Pengampu Perkuliahan | NOLA NARI, S.SI., M.PD . |
Peserta Perkuliahan | 1730105010 - ERDILA AGUSTIANI, 1730105035 - NOVIA NAULI, 1830105001 - ALDA ALDELINA, 1830105002 - ANDRE ELVIS YANTO, 1830105005 - ASNI MAYULITA, 1830105006 - ASYIFA NURUL AQSHA, 1830105007 - AULIA FITRI ZETIA, 1830105008 - AULIA YUNITA, 1830105009 - AYU LESTARI, 1830105010 - DEBI HERNIATI, 1830105011 - DELVA YONA SASTRAWATI, 1830105012 - DENATUL HASANAH, 1830105013 - EFRIANA GUSNI, 1830105014 - EZI DAWANTI, 1830105016 - FARADILLA HAFIZHAH, 1830105019 - FITRI HANDAYANI, 1830105020 - GINA DAYANA, 1830105022 - HAYATUN NUFUS, 1830105023 - HAZIZAH, 1830105024 - HIKMATHUN NAZILA, 1830105025 - HIZATUN NABILA, 1830105026 - IRJI ILA RABBIKI, 1830105027 - ISKA HIDAYAT, 1830105029 - KHODIZAH, 1830105030 - LAILATUL RAMADANI, 1830105032 - MEILIN VANESHA PUTRI, 1830105048 - RESY RAHMI SYAFITRI, 1830105051 - ROBI FERNANDO, 1830105056 - SYONIA SYAPRI ELSA, 1830105059 - VIDIATUL NADIA, 1830105061 - WAHYU DIANSYAH PUTRA, 1830105068 - ZOGI FERNANDO |
Mata kuliah ini membahas transformasi pada bidang geometri (Euclid) yakni konsep Geometri Euclid, Fungsi, Pengertian transformasi, Pencerminan, Isometri,Hasilkali transformasi, Transformasi balikan, Translasi,Rotasi, Refleksi geser,Transformasi kesebangunan. Setelah selesai mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan dapat menguasai dan memahami materi Geometri Transformasi sebagai salah satu bekal mengajar di SMP dan SMA/K dan sarana untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah baik pada geometri transformasi sendiri, pada mata kuliah lain, dan masalah – masalah lain.
• Mahasiswa memahami konsep transformasi pada bidang geometri.
• Mahasiswa dapat menyajikan konsep Transformasi bidang geometri serta membuat contoh pengaplikasiannya, menyampaikan secara tertulis dalam makalah dan presentasi.
• Mahasiswa memiliki sikap tanggung jawab, berani mengkomunikasikan ide
Minggu ke | Indikator Capaian Pembelajaran | Bahan Kajian | Metode Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Waktu Pembelajaran | Tugas dan Penilaian | Sumber Belajar |
---|---|---|---|---|---|---|---|
1 | Mahasiswa mampu Mahasiswa mampu memahami kontak perkuluahan dan melaksanakan | kontrak perkuliahan dan pendahuluan.. | ceramah dan diskusi daring | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | kontrak perkuliahan |
2 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang pengertian, metode dan geometri euclid | ekspositori dan penugasan | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | materi GT pertemuan 2 |
3 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang dalil, defenisi, teorema, aksioman | Ekspositori dan penugasan | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | dalil, defenisi, teorema, aksioman |
4 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan fungsi, defenisi transformasi dan sifat-sifat transformas | Pembahasan tentang fungsi, defenisi transformasi dan sifat-sifat transformasi | Ekspositori dan penugasan | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal tentang fungsi, defenisi transformasi dan sifat-sifat transformas | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskanfungsi, defenisi transformasi dan sifat-sifat transformas, Ketepatan menyebutkan.fungsi, defenisi transformasi dan sifat-sifat transformas. | materi berupa pdf dan video pembelajaran |
5 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikanhasil kali transformasi dan grup transformasi | Pembahasan tentang hasil kali transformasi dan grup transformasi | ekspositiri dan penugasan | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal hasil kali transformasi dan grup transformasi | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskanhasil kali transformasi dan grup transformasi, Ketepatan menyebutkan.hasil kali transformasi dan grup transformasi | hasil kali transformasi dan grup transformasi |
6 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan geseran / traslasi | Pembahasan tentang geseran / traslasi | ekspositori dan penugasan | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal tentang geseran / traslasi | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan.defenisi geseran / traslasi Ketepatan menyebutkan geseran / traslasi dan lain sebagainya | geseran / traslasi |
7 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Hasil kali geseran | Pembahasan tentangHasil kali geseran | ekspositori | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal tentang Hasil kali geseran | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskanHasil kali geseran Ketepatan menyebutkan.Hasil kali geseran | Hasil kali geseran |
8 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Geometri,Transformasi, geseran | 8 : UTS | Mengerjakan soal UTS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal Geometri,Transformasi, geseran | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan Geometri,Transformasi, geseran | Geometri,Transformasi, geseran |
9 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
10 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
11 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
12 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
13 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
14 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
15 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
16 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 16 : UAS | Mengerjakan soal UAS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya |
Artefak perkuliahan Matakuliah: MAT314-Geometri Transformasi (2 SKS), Semester: 5 18-TMM-A, Dosen : NOLA NARI, S.SI., M.PD ., Ruang: LABOR KOMPUTER 2, Hari: Rabu, 09.45 s.d 11.26, Tahun Akademik: 2020/2021, Jurusan: PENDIDIKAN (TADRIS) MATEMATIKA
Semua hak cipta dilindungi oleh Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar