Publikasi IAIN Batusangkar

MAT314-Geometri Transformasi (2 SKS) 5 18-TMM-A NOLA NARI, S.SI., M.PD . LABOR KOMPUTER 2, Rabu, 09.45 s.d 11.26 2020/2021

MAT314-Geometri Transformasi (2 SKS) 5 18-TMM-A NOLA NARI, S.SI., M.PD . LABOR KOMPUTER 2, Rabu, 09.45 s.d 11.26 2020/2021

 

1. Identitas Matakuliah

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
Jurusan PENDIDIKAN (TADRIS) MATEMATIKA
Kode Matakuliah MAT314
Nama Matakuliah Geometri Transformasi
Semester 5
SKS 2 sks
Pengampu Perkuliahan NOLA NARI, S.SI., M.PD .
Peserta Perkuliahan 1730105010 - ERDILA AGUSTIANI,
1730105035 - NOVIA NAULI,
1830105001 - ALDA ALDELINA,
1830105002 - ANDRE ELVIS YANTO,
1830105005 - ASNI MAYULITA,
1830105006 - ASYIFA NURUL AQSHA,
1830105007 - AULIA FITRI ZETIA,
1830105008 - AULIA YUNITA,
1830105009 - AYU LESTARI,
1830105010 - DEBI HERNIATI,
1830105011 - DELVA YONA SASTRAWATI,
1830105012 - DENATUL HASANAH,
1830105013 - EFRIANA GUSNI,
1830105014 - EZI DAWANTI,
1830105016 - FARADILLA HAFIZHAH,
1830105019 - FITRI HANDAYANI,
1830105020 - GINA DAYANA,
1830105022 - HAYATUN NUFUS,
1830105023 - HAZIZAH,
1830105024 - HIKMATHUN NAZILA,
1830105025 - HIZATUN NABILA,
1830105026 - IRJI ILA RABBIKI,
1830105027 - ISKA HIDAYAT,
1830105029 - KHODIZAH,
1830105030 - LAILATUL RAMADANI,
1830105032 - MEILIN VANESHA PUTRI,
1830105048 - RESY RAHMI SYAFITRI,
1830105051 - ROBI FERNANDO,
1830105056 - SYONIA SYAPRI ELSA,
1830105059 - VIDIATUL NADIA,
1830105061 - WAHYU DIANSYAH PUTRA,
1830105068 - ZOGI FERNANDO

2. Deskripsi Pembelajaran

Mata kuliah ini membahas transformasi pada bidang geometri (Euclid) yakni konsep Geometri Euclid, Fungsi, Pengertian transformasi, Pencerminan, Isometri,Hasilkali transformasi, Transformasi balikan, Translasi,Rotasi, Refleksi geser,Transformasi kesebangunan. Setelah selesai mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan dapat menguasai dan memahami materi Geometri Transformasi sebagai salah satu bekal mengajar di SMP dan SMA/K dan sarana untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah baik pada geometri transformasi sendiri, pada mata kuliah lain, dan masalah – masalah lain.

3. Capaian / Kompetensi

• Mahasiswa memahami konsep transformasi pada bidang geometri.
• Mahasiswa dapat menyajikan konsep Transformasi bidang geometri serta membuat contoh pengaplikasiannya, menyampaikan secara tertulis dalam makalah dan presentasi.
• Mahasiswa memiliki sikap tanggung jawab, berani mengkomunikasikan ide

4. Rencana Pembelajaran

Minggu ke Indikator Capaian Pembelajaran Bahan Kajian Metode Pembelajaran Pengalaman Belajar Waktu Pembelajaran Tugas dan Penilaian Sumber Belajar
1 Mahasiswa mampu Mahasiswa mampu memahami kontak perkuluahan dan melaksanakan kontrak perkuliahan dan pendahuluan.. ceramah dan diskusi daring Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya kontrak perkuliahan
2 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang pengertian, metode dan geometri euclid ekspositori dan penugasan Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya materi GT pertemuan 2
3 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang dalil, defenisi, teorema, aksioman Ekspositori dan penugasan Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya dalil, defenisi, teorema, aksioman
4 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan fungsi, defenisi transformasi dan sifat-sifat transformas Pembahasan tentang fungsi, defenisi transformasi dan sifat-sifat transformasi Ekspositori dan penugasan Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal tentang fungsi, defenisi transformasi dan sifat-sifat transformas 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskanfungsi, defenisi transformasi dan sifat-sifat transformas, Ketepatan menyebutkan.fungsi, defenisi transformasi dan sifat-sifat transformas. materi berupa pdf dan video pembelajaran
5 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikanhasil kali transformasi dan grup transformasi Pembahasan tentang hasil kali transformasi dan grup transformasi ekspositiri dan penugasan Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal hasil kali transformasi dan grup transformasi 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskanhasil kali transformasi dan grup transformasi, Ketepatan menyebutkan.hasil kali transformasi dan grup transformasi hasil kali transformasi dan grup transformasi
6 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan geseran / traslasi Pembahasan tentang geseran / traslasi ekspositori dan penugasan Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal tentang geseran / traslasi 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan.defenisi geseran / traslasi Ketepatan menyebutkan geseran / traslasi dan lain sebagainya geseran / traslasi
7 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Hasil kali geseran Pembahasan tentangHasil kali geseran ekspositori Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal tentang Hasil kali geseran 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskanHasil kali geseran Ketepatan menyebutkan.Hasil kali geseran Hasil kali geseran
8 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Geometri,Transformasi, geseran 8 : UTS Mengerjakan soal UTS Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal Geometri,Transformasi, geseran 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan Geometri,Transformasi, geseran Geometri,Transformasi, geseran
9 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
10 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
11 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
12 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
13 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
14 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
15 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
16 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... 16 : UAS Mengerjakan soal UAS Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya

5. Daftar Rujukan







    News

    Artefak perkuliahan Matakuliah: MAT314-Geometri Transformasi (2 SKS), Semester: 5 18-TMM-A, Dosen : NOLA NARI, S.SI., M.PD ., Ruang: LABOR KOMPUTER 2, Hari: Rabu, 09.45 s.d 11.26, Tahun Akademik: 2020/2021, Jurusan: PENDIDIKAN (TADRIS) MATEMATIKA

Pengunggahan Barusan

Cari Publikasi


Advanced Search

Lihat

Akunku

Discover

Umpan RSS