Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar fisika siswa kelas
X di MAN Aur Malintang. Agar penelitian ini lebih terarah maka peneliti membatasi
masalah pada analisis resiliensi siswa terhadap hasil belajar fisika kelas X di MAN
Aur Malintang. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk
mengetahui analisis resiliensi siswa terhadap hasil belajar fisika kelas X di MAN Aur
Malintang.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif, yakni
penelitian yang berusaha memberikan gambaran tentang data dengan menggunakan
analisis angka. Alat pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah angket. Adapun
populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di MAN Aur Malintang dan
sampel diambil secara total sampling.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, terungkap bahwa secara umum
kemampuan resiliensi terhadap hasil belajar fisika dominan berada pada klasifikasi
tinggi dengan persentase 26,7%. Namun tidak selalu yang memiliki resiliensi tinggi
memiliki hasil belajar yang tinggi pula dan seterusnya. Ada yang memilki resiliensi
sangat tinggi tetapi memiliki hasil belajar fisika yang cukup, memiliki resiliensi
cukup tetapi memiliki hasil belajar fisika yang sangat tinggi, dan memiliki resiliensi
rendah tetapi memiliki hasil belajar yang tinggi. Hal ini dipengaruhi oleh tiga sumber
resiliensi yang dimiliki oleh siswa itu sendiri. Ketiga sumber itu yaitu I Have, I Am
dan I Can.