Fakultas | Tarbiyah dan Ilmu Keguruan |
Jurusan | MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM |
Kode Matakuliah | TIK101 |
Nama Matakuliah | Ilmu Pendidikan dan Pendidikan Islam |
Semester | 1 |
SKS | 3 sks |
Pengampu Perkuliahan | RIZKI PEBRINA |
Peserta Perkuliahan | 2030103039 - KHAIRUNNAS EL MAHMOUDY, 2030103040 - KHALILATUL KHALISHA, 2030103041 - KHOFIFA SEPTIA PUTRI, 2030103042 - LAILATUL NAJMI, 2030103043 - LILI EKA PUTRI, 2030103044 - LORA LUSIANA, 2030103045 - LUSI ARISNA YANTI, 2030103046 - MARLIAN RAHMADINI, 2030103047 - MELSA ANGGRAINI, 2030103048 - MERI WULANDARI, 2030103049 - MIFDAL FIKRON, 2030103050 - MIFTA HULJANNAH, 2030103051 - MIFTAHUL JANNAH, 2030103052 - MILATUL FADHILAH, 2030103053 - MUHAMMAD ANDIKA PUTRA, 2030103054 - MUHAMMAD ARIF MAULANA, 2030103055 - MUHAMMAD RAYHAN, 2030103056 - MUHAMMAD WAHYUDI, 2030103057 - NIKEN PUTRI MAHARANI, 2030103058 - NOFRI HARDIANSYAH, 2030103059 - NUR AZIKIN, 2030103060 - NUR AZIZAH, 2030103061 - NURHAFIZAH, 2030103062 - NURHANIGA SARI, 2030103063 - OKTA MINAL MUKROMIIN, 2030103064 - POPI YUNISA PUTRI, 2030103065 - POPY MARLINA, 2030103066 - PUTRI DEWITA SARI, 2030103067 - PUTRI INSANNI, 2030103068 - PUTRI MURNI FATULLAH, 2030103069 - PUTRI PERTIWI, 2030103070 - RAFI`I AZIZURRAHMAN, 2030103071 - RAHMAT FARHAN, 2030103072 - RATI SONEVI, 2030103073 - REDHA SUKMA IMSYIRIAH, 2030103074 - REFLI YANNI, 2030103075 - RENATA AGUSTINA, 2030103076 - RESTU FADHILA |
Mata kuliah ini membahas tentang berbagai konsep teori-teori pendidikan baik pendidikan secara umum maupun pendidikan Islam yang di dalam nya mengkaji tentang pengertian, tujuan, dasar, fase, lembaga,kurikulum,metode,evaluasi,media serta segala hal yang berkaitan dengan pendidikan
Mahasiswa mampu memahami dan menganalisis konsep teori-teori pendidikan, hasil pemikiran para ahli pendidikan, menyimpulkan konsep pendidikan Islam yang bersumberkan Al-Quran,sunah, dan hasil ijtihad, serta mampu mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari sebagai pendidik
Minggu ke | Indikator Capaian Pembelajaran | Bahan Kajian | Metode Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Waktu Pembelajaran | Tugas dan Penilaian | Sumber Belajar |
---|---|---|---|---|---|---|---|
1 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Mahasiswa mampu memahami proses perkuliahan IPPI | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
2 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar pendidikan dan ilmu pendidikan | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
3 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Mahasiswa mampu memahami dasar, tujuan serta fungsi pendidikan | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
4 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Mahasiswa mampu menganalisis tentang hakikat pendidik | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
5 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Mahasiswa mampu menjabarkan tentang Hakikat peserta didik | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
6 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Mahasiswa mampu mendeskripsikan fase pendidikan | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
7 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Mahasiswa mampu mendeskripsikan Lembaga pendidikan | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
8 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 8 : UTS | Mengerjakan soal UTS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
9 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Mahasiswa mampu menganalisis kurikulun pendidikan | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
10 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Mahasiswa mampu mendeskripsikan metode pendidikan dan pembelajaran | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
11 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Mahasiswa mampu mendeskripsikan media pendidikan dan pembelajaran | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
12 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Mahasiswa mampu mendeskripsikan tentang evaluasi pendidikan dan pembelajaran | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
13 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Mahasiswa mampu menjabarkan Sistem Pendidikan Islam di Indonesia | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
14 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Mahasiswa mampu memahami pendidikan Islam di era globalisasi | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
15 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Mahasiswa mampu memahami demokrasi pendidikan | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
16 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 16 : UAS | Mengerjakan soal UAS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya |
Artefak perkuliahan Matakuliah: TIK101-Ilmu Pendidikan dan Pendidikan Islam (3 SKS), Semester: 1 20-MPI-B, Dosen : RIZKI PEBRINA, Ruang: L2.3, Hari: Rabu, 09.45 s.d 12.15, Tahun Akademik: 2020/2021, Jurusan: MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM
Semua hak cipta dilindungi oleh Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar