Publikasi IAIN Batusangkar

TIK101-Ilmu Pendidikan dan Pendidikan Islam (3 SKS) 1 20-MPI-B RIZKI PEBRINA L2.3, Rabu, 09.45 s.d 12.15 2020/2021

TIK101-Ilmu Pendidikan dan Pendidikan Islam (3 SKS) 1 20-MPI-B RIZKI PEBRINA L2.3, Rabu, 09.45 s.d 12.15 2020/2021

 

1. Identitas Matakuliah

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
Jurusan MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM
Kode Matakuliah TIK101
Nama Matakuliah Ilmu Pendidikan dan Pendidikan Islam
Semester 1
SKS 3 sks
Pengampu Perkuliahan RIZKI PEBRINA
Peserta Perkuliahan 2030103039 - KHAIRUNNAS EL MAHMOUDY,
2030103040 - KHALILATUL KHALISHA,
2030103041 - KHOFIFA SEPTIA PUTRI,
2030103042 - LAILATUL NAJMI,
2030103043 - LILI EKA PUTRI,
2030103044 - LORA LUSIANA,
2030103045 - LUSI ARISNA YANTI,
2030103046 - MARLIAN RAHMADINI,
2030103047 - MELSA ANGGRAINI,
2030103048 - MERI WULANDARI,
2030103049 - MIFDAL FIKRON,
2030103050 - MIFTA HULJANNAH,
2030103051 - MIFTAHUL JANNAH,
2030103052 - MILATUL FADHILAH,
2030103053 - MUHAMMAD ANDIKA PUTRA,
2030103054 - MUHAMMAD ARIF MAULANA,
2030103055 - MUHAMMAD RAYHAN,
2030103056 - MUHAMMAD WAHYUDI,
2030103057 - NIKEN PUTRI MAHARANI,
2030103058 - NOFRI HARDIANSYAH,
2030103059 - NUR AZIKIN,
2030103060 - NUR AZIZAH,
2030103061 - NURHAFIZAH,
2030103062 - NURHANIGA SARI,
2030103063 - OKTA MINAL MUKROMIIN,
2030103064 - POPI YUNISA PUTRI,
2030103065 - POPY MARLINA,
2030103066 - PUTRI DEWITA SARI,
2030103067 - PUTRI INSANNI,
2030103068 - PUTRI MURNI FATULLAH,
2030103069 - PUTRI PERTIWI,
2030103070 - RAFI`I AZIZURRAHMAN,
2030103071 - RAHMAT FARHAN,
2030103072 - RATI SONEVI,
2030103073 - REDHA SUKMA IMSYIRIAH,
2030103074 - REFLI YANNI,
2030103075 - RENATA AGUSTINA,
2030103076 - RESTU FADHILA

2. Deskripsi Pembelajaran

Mata kuliah ini membahas tentang berbagai konsep teori-teori pendidikan baik pendidikan secara umum maupun pendidikan Islam yang di dalam nya mengkaji tentang pengertian, tujuan, dasar, fase, lembaga,kurikulum,metode,evaluasi,media serta segala hal yang berkaitan dengan pendidikan

3. Capaian / Kompetensi

Mahasiswa mampu memahami dan menganalisis konsep teori-teori pendidikan, hasil pemikiran para ahli pendidikan, menyimpulkan konsep pendidikan Islam yang bersumberkan Al-Quran,sunah, dan hasil ijtihad, serta mampu mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari sebagai pendidik

4. Rencana Pembelajaran

Minggu ke Indikator Capaian Pembelajaran Bahan Kajian Metode Pembelajaran Pengalaman Belajar Waktu Pembelajaran Tugas dan Penilaian Sumber Belajar
1 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Mahasiswa mampu memahami proses perkuliahan IPPI Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
2 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar pendidikan dan ilmu pendidikan Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
3 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Mahasiswa mampu memahami dasar, tujuan serta fungsi pendidikan Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
4 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Mahasiswa mampu menganalisis tentang hakikat pendidik Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
5 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Mahasiswa mampu menjabarkan tentang Hakikat peserta didik Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
6 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Mahasiswa mampu mendeskripsikan fase pendidikan Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
7 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Mahasiswa mampu mendeskripsikan Lembaga pendidikan Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
8 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... 8 : UTS Mengerjakan soal UTS Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
9 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Mahasiswa mampu menganalisis kurikulun pendidikan Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
10 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Mahasiswa mampu mendeskripsikan metode pendidikan dan pembelajaran Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
11 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Mahasiswa mampu mendeskripsikan media pendidikan dan pembelajaran Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
12 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Mahasiswa mampu mendeskripsikan tentang evaluasi pendidikan dan pembelajaran Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
13 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Mahasiswa mampu menjabarkan Sistem Pendidikan Islam di Indonesia Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
14 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Mahasiswa mampu memahami pendidikan Islam di era globalisasi Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
15 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Mahasiswa mampu memahami demokrasi pendidikan Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
16 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... 16 : UAS Mengerjakan soal UAS Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya

5. Daftar Rujukan







    News

    Artefak perkuliahan Matakuliah: TIK101-Ilmu Pendidikan dan Pendidikan Islam (3 SKS), Semester: 1 20-MPI-B, Dosen : RIZKI PEBRINA, Ruang: L2.3, Hari: Rabu, 09.45 s.d 12.15, Tahun Akademik: 2020/2021, Jurusan: MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM

Pengunggahan Barusan

Cari Publikasi


Advanced Search

Lihat

Akunku

Discover

Umpan RSS