Fakultas | Tarbiyah dan Ilmu Keguruan |
Jurusan | PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH |
Kode Matakuliah | PGM207 |
Nama Matakuliah | Pendidikan Seni Musik |
Semester | 1 |
SKS | 2 sks |
Pengampu Perkuliahan | IRWAN, S.Pd., M.Pd. |
Peserta Perkuliahan | 2030111124 - RISKA AULIA AKMAL, 2030111125 - RISKA MEISYI PUTRI, 2030111126 - RISKA PUTRI WAHYUNI, 2030111127 - RONA NADILLA, 2030111128 - SALMA, 2030111129 - SALMA ARIFANI, 2030111130 - SALMAN ALFARISI, 2030111131 - SARA NOVITA SARI, 2030111132 - SHELA ANTIKA, 2030111133 - SISI ADRIANI, 2030111134 - SISKA JUNITA, 2030111135 - SISKA WULANDARI, 2030111136 - SITI NURLATIFAH, 2030111137 - SONIAH, 2030111138 - SRI PUTRIKA YULIANA, 2030111139 - SUCI INDAH LESTARI, 2030111140 - SYARIFATUL ULYA, 2030111141 - SYUKRA WATI OVERA, 2030111142 - TAKIN, 2030111143 - TIKA RAHMADANI, 2030111144 - TILZA RAHMI, 2030111145 - TITA CHIKAL KUMEINI, 2030111146 - TRI MUTIARA, 2030111147 - TRY OKTAFENNY, 2030111148 - ULFA FADILA, 2030111149 - VERSI INSANI FITRI, 2030111150 - VIOLA KAMARA, 2030111151 - VIONY AURELIA PUTRI, 2030111152 - WIDIA SATHIKMA, 2030111153 - WIDIA YONA MUFLIHA, 2030111154 - WIKI SAFITRI, 2030111155 - WILMA JUNIDA, 2030111156 - WULANDARI JUNIA PUTRI, 2030111157 - YANE TRISNAWATI, 2030111158 - YELNI DESRINA, 2030111159 - YELVINA, 2030111160 - YOSSI FAJRIWASTI, 2030111161 - YUNI KARLI SAPUTRI, 2030111162 - YUWINDI ZAHRA, 2030111163 - ZAHARA, 2030111164 - ZAKIA |
Mata kuliah pendidikan seni musik secara garis besar membahas tiga bagian pokok, yaitu (1) ekspresi, (2) apresiasi, dan (3) kreasi seni musik baik secara teori maupun praktik. Pendidikan seni musik mencakup konsep dan pentingnya seni musik, unsur-unsur seperti: irama, notasi, birama, melodi, tanda kunci, tanda mula, tangga nada, ekspresi (tempo, dinamik, dan warna), bentuk dan struktur lagu, vokalia, pengalaman musik, praktik pembelajaran seni musik dan relevansi seni musik dengan pembelajaran di sekolah dasar, permasalahan pembelajaran seni musik
Mahasiswa mampu memahami berbagai konsep dasar kajian Pendidikan Seni Musik, serta memiliki kemampuan untuk menerapkannya dalam pembelajaran di Sekolah Dasar. Sehingga, setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa dapat :
1. Menjelaskan Pendidikan seni musik mencakup konsep dan pentingnya seni musik
2. Menjelaskan pengertian seni, fungsi seni, tujuan dan ruang lingkup seni
3. Menganalisis nilai- nilai dan karakter dalam seni musik
4. Menjelaskan seperti: irama, notasi, birama, melodi, tanda kunci dan tanda mula, tangga nada, ekspresi (tempo, dinamik, dan warna), bentuk dan struktur lagu
5. Menjelaskan tentang bunyi dan elemen- elemen musik, pitch, dinamik, warna suara
6. Mendemontrasikan ketukan, pola irama, birama, dan direksi (membirama)
7. Menjelaskan notasi angka, notasi balok, fungsi garis paranada, bentuk not, nama not, nilai not, funsi tanda kunci, transposisi dari not angka ke not balok, transposisi dari not balok ke not angka
8. Menjelaskan karakteristik tangga nada (mayor-minor), Tangga nada kromatis
9. Menganalisis perjalanan melodi lagu sederhana
10. Mendemontrasikan lagu anak-anak, nasional dan daerah
11. Menjelaskan perbedaan jenis alat musik, bentuk-bentuk permainan musik
12. Menjelaskan macam-macam teknik pernafasan dalam bernyanyi
13. Mengekplorasi nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam lagu
14. Mendemontrasikan ansambel musik lagu nasional, daerah, dan lagu religi
Minggu ke | Indikator Capaian Pembelajaran | Bahan Kajian | Metode Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Waktu Pembelajaran | Tugas dan Penilaian | Sumber Belajar |
---|---|---|---|---|---|---|---|
1 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
2 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
3 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
4 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
5 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
6 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
7 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
8 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 8 : UTS | Mengerjakan soal UTS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
9 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
10 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
11 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
12 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
13 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
14 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
15 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
16 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 16 : UAS | Mengerjakan soal UAS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya |
Artefak perkuliahan Matakuliah: PGM207-Pendidikan Seni Musik (2 SKS), Semester: 1 20-PGMI-D, Dosen : IRWAN, S.Pd., M.Pd., Ruang: L2.6, Hari: Rabu, 10.35 s.d 12.15, Tahun Akademik: 2020/2021, Jurusan: PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH
Semua hak cipta dilindungi oleh Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar