Fakultas | Tarbiyah dan Ilmu Keguruan |
Jurusan | PENDIDIKAN (TADRIS) FISIKA |
Kode Matakuliah | FIS501 |
Nama Matakuliah | Fisika Statistik |
Semester | 5 |
SKS | 2 sks |
Pengampu Perkuliahan | VENNY HARIS, M.SI. |
Peserta Perkuliahan | 1630107011 - HABIBURRAHMAN, 1630107028 - NURUL FAJRINA NELFI, 1730107015 - RAHMAT HIDAYATULLAH, 1730107019 - SILVIA NINGSIH, 1730107022 - ZAHARA, 1830107002 - AMINUL INSAN, 1830107003 - ANDIKA DARMA PUTRA, 1830107004 - DESPIRA HANDAYANI, 1830107005 - DESPRI MAHARANI, 1830107006 - DWI APNI RAHAYU, 1830107007 - EDRIGON, 1830107009 - FADILATUR RAHMI, 1830107010 - FAUZIA ALVINO, 1830107011 - FENI HUMAIRA, 1830107013 - IRMA SURYANI PUTRI, 1830107014 - ISRA AZHARIA, 1830107017 - MIRA ISNAINI REZEKI, 1830107019 - NADIATUL HUSNA, 1830107021 - NOVA RAHMA DONA, 1830107023 - NURKHOIRIAH RAMBE, 1830107024 - OKA FIRDAUS, 1830107025 - PERMATA LENI, 1830107026 - RAHMI FADILA, 1830107027 - SITI SALSABILA, 1830107028 - SRI UTAMI DEWI, 1830107029 - SUKMA ROVIANI, 1830107030 - SYAFRIWAL AM, 1830107031 - VIENA ANGELIA MULYADI, 1830107032 - WERI OKTAVIA, 1830107033 - ZIYAD FADHLAN NABIL |
Mata kuliah fisika statistik membahas tentang : karakteristik sistem makroskopik dan kesetimbangan, konsep dasar probabilitas, deskripsi statistik sistem partikel, interaksi termal, teori kinetik, fenomena transport, statistik Maxwell-Boltzmann, Bose-Einstein, Fermi-Dirac dan aplikasinya
• Mahasiswa mampu menguasai konsep dan teori fisika statistik, mengimplementasikan dan mengkomunikasikannya dengan runtut dan sistematis
• Mahasiswa memiliki keterampilan berpikir logis, kritis, dan sistematis dalam mengapilkasikan konsep-konsep fisika statistik.
• Mahasiswa memiliki sikap jujur, semangat kemandirian, tidak mudah menyerah, bertanggungjawab, berakhatul karimah nilai, dan kerjasama
Minggu ke | Indikator Capaian Pembelajaran | Bahan Kajian | Metode Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Waktu Pembelajaran | Tugas dan Penilaian | Sumber Belajar |
---|---|---|---|---|---|---|---|
1 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
2 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Ceramah, diskusi | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Pengantar Teori Peluang |
3 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | diskusi | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Pengantar Teori Peluang |
4 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Diskusi, membuat resume, ceramah | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Teori kineti gas Ideal |
5 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
6 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
7 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
8 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 8 : UTS | Mengerjakan soal UTS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
9 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
10 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
11 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
12 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
13 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
14 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
15 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
16 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 16 : UAS | Mengerjakan soal UAS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya |
Artefak perkuliahan Matakuliah: FIS501-Fisika Statistik (2 SKS), Semester: 5 18-TFIS-A, Dosen : VENNY HARIS, M.SI., Ruang: L3.4, Hari: Rabu, 10.35 s.d 12.15, Tahun Akademik: 2020/2021, Jurusan: PENDIDIKAN (TADRIS) FISIKA
Semua hak cipta dilindungi oleh Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar