Fakultas | Tarbiyah dan Ilmu Keguruan |
Jurusan | PENDIDIKAN AGAMA ISLAM |
Kode Matakuliah | PAI111 |
Nama Matakuliah | Filsafat Pendidikan Islam |
Semester | 3 |
SKS | 2 sks |
Pengampu Perkuliahan | Dr. ADRIPEN, M.Pd. |
Peserta Perkuliahan | 1930101001 - ABDUL NURRIFQI, 1930101002 - AFDOL HAMDANI, 1930101003 - AHMAD HABIBILLAH, 1930101004 - ALFI SUKRINA, 1930101005 - ANNISA NOVRI, 1930101006 - ASMA DENI, 1930101007 - AULIA KHUSNUN NISA, 1930101008 - AZIZAH FEBRIZA, 1930101009 - AZZURA DENUARTA, 1930101010 - DITA ROSANTI, 1930101011 - ENDAH A'BDILLAH, 1930101013 - HUSNUL KHATIMAH, 1930101014 - INDAH KARTIKA, 1930101015 - KIKI SATRIYA, 1930101017 - M.IRSYAD, 1930101018 - MEGA MELISA PUTRI, 1930101019 - MELI GUSTINA, 1930101020 - MHESY SURPA ARISANDY, 1930101021 - MIFTAHUL HUSNI, 1930101022 - MIFTAHUL RAHMI BUDI, 1930101024 - NOVITA MARDIAH, 1930101025 - NUR FATHA HUSNA DEWI, 1930101026 - NUR FITRIA, 1930101028 - NURHIKMAH HASIBUAN, 1930101029 - NURIL WIDYAWATI, 1930101030 - NURUL AULIA VERONA, 1930101031 - PUTRI YANTI, 1930101033 - RIRI RAHMADHANI, 1930101034 - WIZURAHMI, 1930101035 - YENSI YULIANTI, 1930101036 - YULISNAWATI, 1930101135 - SILFI WAHYUNI |
Tujuan utama dari matakuliah ini adalah mahasiswa memiliki pengetahuan dan keterampilan untuk mengkaji pemikiran-pemikiran para filosof pendidikan dan pendidikan Islam tentang berbagai aspek dan komponen pendidikan Islam tentang berbagai aspek dan komponen pendidikan dengan berbagai tokohnya, sehingga memiliki keterampilan berpikir mengenai pendidikan sehingga dapat merumuskan pemikiran konsepsional dalam bidang pendidikan Islam
Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa dapat:
1. Menganalisis pentingnya komitmen dalam pembelajaran
2. Menjelaskan secara rinci konsep dasar filsafat, filsafat pendidikan dan filsafat pendidikan Islam
3. Mengidentifikasi beberapa pandangan dari aliran filsafat pendidikan dan filsafat pendidikan Islam
4. Menganalisis konsep manusia, masyarakat dan ilmu pengetahuan dalam perspektif filsafat pendidikan Islam
5. Membedakan berbagai komponen dalam pendidikan sebagi bagian dari filsafat pendidikan Islam
6. Menjelaskan pola pendidikan akhlak dan pendidikan nilai dalam perspektif filsafat pendidikan Islam
7. Menganalisis pemikiran pendidikan tokoh pendidikan Islam dunia, Indonesia dan Minangkabau
Minggu ke | Indikator Capaian Pembelajaran | Bahan Kajian | Metode Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Waktu Pembelajaran | Tugas dan Penilaian | Sumber Belajar |
---|---|---|---|---|---|---|---|
1 | Mahasiswa memahami perlunya komitmen dalam pembelajaran | Pembahasan tentang Learning Contract dan Gambaran umum matakuliah filsafat pendidikan islam | ceramah dan diskusi | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Concept Map,Learning Contract,Gambaran umum matakuliah filsafat pendidikan islam |
2 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
3 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
4 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
5 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
6 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
7 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
8 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 8 : UTS | Mengerjakan soal UTS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
9 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
10 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
11 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
12 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
13 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
14 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
15 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
16 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 16 : UAS | Mengerjakan soal UAS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya |
Artefak perkuliahan Matakuliah: PAI111-Filsafat Pendidikan Islam (2 SKS), Semester: 3 19-PAI-A, Dosen : Dr. ADRIPEN, M.Pd., Ruang: GH.2.1, Hari: Rabu, 10.35 s.d 12.15, Tahun Akademik: 2020/2021, Jurusan: PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Semua hak cipta dilindungi oleh Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar