Fakultas | Tarbiyah dan Ilmu Keguruan |
Jurusan | BIMBINGAN KONSELING |
Kode Matakuliah | BDK400 |
Nama Matakuliah | Bimbingan Karya Ilmiah |
Semester | 1 |
SKS | 2 sks |
Pengampu Perkuliahan | Dr. Ardimen, M.Pd., Kons., JEKI VAN HELEN, S.PD.I |
Peserta Perkuliahan | 2030108038 - MELANI GUSNI RAHMA PUTRI, 2030108039 - MEYLA TESSI KARYATI, 2030108040 - MILDA RAHMATUL HUSNA, 2030108041 - MITA CANIA PUTRI, 2030108042 - MUSTIKA MAHARANI, 2030108043 - MUTIARA AHDANI, 2030108044 - NABILLA PUTRI TANIA, 2030108045 - NINDI VERLINA PUTRI, 2030108046 - RAFIQ ALBAR COFFELA, 2030108047 - RANA DAYANTI, 2030108048 - RIDIYA CAHYANI, 2030108049 - RIZKA FARIDATUL AWALIAH, 2030108050 - ROOFIF AL-FAIQ, 2030108051 - SHERLY HARNESIA, 2030108052 - SHINTA MUSLIMAH, 2030108053 - SINTIA PUTRI, 2030108054 - SITI YULISMA, 2030108055 - SIVALRY AGSA, 2030108056 - SRI UTARI NINGSIH, 2030108057 - VALEN RAHMAWATI, 2030108058 - VANIA PUTRI, 2030108059 - VELA NOVELIA, 2030108060 - VERI ROSALINDA, 2030108061 - WAHYU EDI PUTRA, 2030108062 - WIDIA NOSA, 2030108063 - WIDIA PRESTIKA, 2030108064 - WILLYA ZAHARA, 2030108065 - WINDI PATIKA SARI, 2030108066 - WINDY APRILIA ROSA, 2030108067 - WISPA, 2030108068 - WIWIT FEBRIANTI, 2030108069 - YONIA CHIKA SALSABHILLA, 2030108070 - YULIA BEFRIDA, 2030108071 - YULIZA AMELIA, 2030108072 - YUNI ZAHRA, 2030108073 - ZAHRA TIARA PUTRI, 2030108074 - ZEFI JUNIFFREZA |
Tujuan Utama dari mata kuliah ini adalah membekali mahasiswa dengan kemampuan menulis karya ilmiah berupa artikel, makalah, dan sebagainya sesuai kaidah-kaidah ilmiah
Mahasiswa memiliki kemampuan menulis artikel pada sebuah jurnal ilmiah
Minggu ke | Indikator Capaian Pembelajaran | Bahan Kajian | Metode Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Waktu Pembelajaran | Tugas dan Penilaian | Sumber Belajar |
---|---|---|---|---|---|---|---|
1 | Mahasiswa mampu memahami proses perkuliahan Bimbingan Karya Ilmiah | Orientasi perkuliahan dan RPS | 1. Kelas online 2. Metode: Project Based Learning 3. Media: Google Meet dan e-Learning 4. Lembar kerja |
1. Menyimak 2. Mengamati 3. Mendiskusikan, dan 4. Mengerjakan lembar kerja |
2 x 50 menit | 1. Memahami kontrak belajar dengan benar. 2. Mengerjakan lembar kerja dengan tepat. Mematuhi kontrak belajar dan membuat lembar kerja secara tepat |
|
2 | Mahasiswa mampu memahami konsep dasar penulisan karya ilmiah. | Konsep dasar penulisan karya ilmiah. | 1. Kelas online 2. Metode: Project Based Learning 3. Media: Google Meet dan e-Learning 4. Lembar observasi 5. Hasil kutipan 6. Lembar kerja |
1. Membaca 2. Mencari 3. Mengumpulkan dan menyusun informasi untuk mendeskripsikan pengetahuan 4. Mengerjakan lembar kerja |
2 x 50 menit | 1. Merangkum pengertian karya ilmiah. 2. Menguraikan jenis-jenis karya ilmiah. Ketepatan dalam menjelaskan pengertian dan jenis-jenis karya ilmiah |
|
3 | Mahasiswa mampu menemukan dan memilih topik/isu untuk menulis karya ilmiah/artikel | Menemukan dan memilih topik/isu untuk menulis karya ilmiah/artikel | 1. Kelas online 2. Metode: Project Based Learning 3. Media: Google Meet dan e-Learning 4. Lembar observasi 5. Hasil kutipan 6. Lembar kerja |
1. Membaca 2. Mencari 3. Mengumpulkan dan menyusun informasi untuk mendeskripsikan pengetahuan 4. Mengerjakan lembar kerja |
2 x 50 menit | 1. Menjelaskan topikatau isu terkini. 2. Memberi contoh topik atau isu untuk ditulis. 3. Menguraikan pentingnya suatu topik diangkat dalam artikel. Ketepatan dalam memberi contoh topik atau isu terkini |
|
4 | Mahasiswa mampu menemukan dan menelusuri berbagai artikel jurnal . | Menemukan dan menelusuri berbagai artikel jurnal . | 1. Kelas online 2. Metode: Project Based Learning 3. Media: Google Meet dan e-Learning 4. Lembar observasi 5. Hasil kutipan 6. Lembar kerja |
1. Membaca 2. Mencari 3. Mengumpulkan dan menyusun informasi untuk mendeskripsikan pengetahuan 4. Mengerjakan lembar kerja |
2 x 50 menit | Mempraktikkan contoh cara menemukan artikel jurnal. Ketepatan dalam memberi contoh cara menemukan artikel jurnal | |
5 | Mahasiswa mampu memahami dan mempraktikkan teknik menulis kalimat dan paragraf. | Memahami dan mempraktikkan teknik menulis kalimat dan paragraf. | 1. Kelas online 2. Metode: Project Based Learning 3. Media: Google Meet dan e-Learning 4. Lembar observasi 5. Hasil kutipan 6. Lembar kerja |
1. Membaca 2. Mencari 3. Mengumpulkan dan menyusun informasi untuk mendeskripsikan pengetahuan 4. Mengerjakan lembar kerja |
2 x 50 menit | Menulis kalimat dan paragraf. Ketepatan dalam menulis kalimat dan paragraf. | Bahan Khusus |
6 | Mahasiswa mampu melakukan teknik menulis kutipan dan daftar kepustakaan menggunakan aplikasi MS Word dan Mendeley. | Teknik menulis kutipan dan daftar kepustakaan menggunakan aplikasi MS Word dan Mendeley. | 1. Mempelajari materi di E-Learning 2. Menyelesaikan Tugas di E-Learning |
1. Membaca 2. Mencari 3. Mengumpulkan dan menyusun informasi untuk mendeskripsikan pengetahuan 4. Mengerjakan lembar kerja |
2 x 50 menit | Mempraktikkan contoh menulis kutipan menggunakan MS Word dan Mendeley. Ketepatan memberi contoh menulis kutipan menggunakan MS Word dan Mendeley. | |
7 | Mahasiswa mampu menulis bagian “INTRODUCTION” untuk sebuah artikel . | Menulis bagian “INTRODUCTION” untuk sebuah artikel . | 1. Kelas online 2. Metode: Project Based Learning 3. Media: Google Meet dan e-Learning 4. Lembar observasi 5. Hasil kutipan 6. Lembar kerja |
1. Membaca 2. Mencari 3. Mengumpulkan dan menyusun informasi untuk mendeskripsikan pengetahuan 4. Mengerjakan lembar kerja |
2 x 50 menit | Menulis bagian Introduction untuk sebuah artikel. Ketepatan dalam Menulis bagian Introduction untuk sebuah artikel | |
8 | UTS | 8 : UTS | Mengerjakan soal UTS | UTS | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
9 | Mahasiswa mampu menulis bagian “LITERRATURE REVIEW” untuk sebuah artikel . | Menulis bagian “LITERRATURE REVIEW” untuk sebuah artikel . | 1. Kelas online 2. Metode: Project Based Learning 3. Media: Google Meet dan e-Learning 4. Lembar observasi 5. Hasil kutipan 6. Lembar kerja |
1. Membaca 2. Mencari 3. Mengumpulkan dan menyusun informasi untuk mendeskripsikan pengetahuan 4. Mengerjakan lembar kerja |
2 x 50 menit | Menulis bagian literrature review dalam artikel. Ketepatan dalam Menulis bagian literrature review dalam artikel. | |
10 | Mahasiswa mampu menulis bagian “METHOD” untuk sebuah artikel. | Menulis bagian “METHOD” untuk sebuah artikel. | 1. Kelas online 2. Metode: Project Based Learning 3. Media: Google Meet dan e-Learning 4. Lembar observasi 5. Hasil kutipan 6. Lembar kerja |
1. Membaca 2. Mencari 3. Mengumpulkan dan menyusun informasi untuk mendeskripsikan pengetahuan 4. Mengerjakan lembar kerja |
2 x 50 menit | Menulis bagian method dalam artikel. Ketepatan dalam Menulis bagian method dalam artikel. | |
11 | Mahasiswa mampu menulis bagian “RESULT” untuk sebuah artikel. | Menulis bagian “RESULT” untuk sebuah artikel. | 1. Kelas online 2. Metode: Project Based Learning 3. Media: Google Meet dan e-Learning 4. Lembar observasi 5. Hasil kutipan 6. Lembar kerja |
1. Membaca 2. Mencari 3. Mengumpulkan dan menyusun informasi untuk mendeskripsikan pengetahuan 4. Mengerjakan lembar kerja |
2 x 50 menit | Menulis bagian result dalam artikel. Ketepatan dalam Menulis bagian result dalam artikel. | |
12 | Mahasiswa mampu menulis bagian “DISCUSSION” untuk sebuah artikel. | Menulis bagian “DISCUSSION” untuk sebuah artikel. | 1. Kelas online 2. Metode: Project Based Learning 3. Media: Google Meet dan e-Learning 4. Lembar observasi 5. Hasil kutipan 6. Lembar kerja |
1. Membaca 2. Mencari 3. Mengumpulkan dan menyusun informasi untuk mendeskripsikan pengetahuan 4. Mengerjakan lembar kerja |
2 x 50 menit | Menulis bagian discussion dalam artikel. Ketepatan dalam Menulis bagian discussion dalam artikel. | |
13 | Mahasiswa mampu menulis bagian “CONCLUSION” untuk sebuah artikel. | Menulis bagian “CONCLUSION” untuk sebuah artikel. | 1. Kelas online 2. Metode: Project Based Learning 3. Media: Google Meet dan e-Learning 4. Lembar observasi 5. Hasil kutipan 6. Lembar kerja |
1. Membaca 2. Mencari 3. Mengumpulkan dan menyusun informasi untuk mendeskripsikan pengetahuan 4. Mengerjakan lembar kerja |
2 x 50 menit | Menulis bagian conclusion dalam artikel. Ketepatan dalam Menulis bagian conclusion dalam artikel. | |
14 | Mahasiswa mampu memahami keterkaitan dari Introduction hingga Conclusion. | Memahami keterkaitan dari Introduction hingga Conclusion. | 1. Kelas online 2. Metode: Project Based Learning 3. Media: Google Meet dan e-Learning 4. Lembar observasi 5. Hasil kutipan 6. Lembar kerja |
1. Membaca 2. Mencari 3. Mengumpulkan dan menyusun informasi untuk mendeskripsikan pengetahuan 4. Mengerjakan lembar kerja |
2 x 50 menit | Menguraikan Keterkaitan antara Introduction, Literrature Review, Method, Result, Discussiona, hingga Conclusion yang terdapat dalam batang tubuh artikel. Ketepatan dalam menguraikan keterkaitan antara Introduction, Literrature Review, Method, Result, Discussiona, hingga Conclusion yang terdapat dalam batang tubuh artikel. | |
15 | Mahasiswa mampu memahami standar mutu dan kualitas artikel serta men-submitt artikel | Memahami standar mutu dan kualitas artikel serta men-submitt artikel | 1. Kelas online 2. Metode: Project Based Learning 3. Media: Google Meet dan e-Learning 4. Lembar observasi 5. Hasil kutipan 6. Lembar kerja |
1. Membaca 2. Mencari 3. Mengumpulkan dan menyusun informasi untuk mendeskripsikan pengetahuan 4. Mengerjakan lembar kerja |
2 x 50 menit | Menguraikan standar mutu dan kualitas artikel serta men-submitt artikel. Ketepatan dalam menguraikan standar mutu dan kualitas artikel serta men-submitt artikel. | |
16 | UAS | 16 : UAS | Mengerjakan soal UAS | UAS | 2 x 50 menit |
Artefak perkuliahan Matakuliah: BDK400-Bimbingan Karya Ilmiah (2 SKS), Semester: 1 20-BK-B, Dosen : Dr. Ardimen, M.Pd., Kons., JEKI VAN HELEN, S.PD.I, Ruang: L2.7, Hari: Rabu, 10.36 s.d 12.15, Tahun Akademik: 2020/2021, Jurusan: BIMBINGAN KONSELING
Semua hak cipta dilindungi oleh Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar