Publikasi IAIN Batusangkar

MPI413-Manajemen Proyek (3 SKS) 5 18-MPI-C Dr. ADRIPEN, M.Pd., TRI YULIANI, M.Pd GH.2.1, Rabu, 13.15 s.d 15.45 2020/2021

MPI413-Manajemen Proyek (3 SKS) 5 18-MPI-C Dr. ADRIPEN, M.Pd., TRI YULIANI, M.Pd GH.2.1, Rabu, 13.15 s.d 15.45 2020/2021

 

1. Identitas Matakuliah

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
Jurusan MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM
Kode Matakuliah MPI413
Nama Matakuliah Manajemen Proyek
Semester 5
SKS 3 sks
Pengampu Perkuliahan Dr. ADRIPEN, M.Pd.,
TRI YULIANI, M.Pd
Peserta Perkuliahan 1830103025 - FRANSISKA,
1830103055 - RINI ANDRIANI,
1830103056 - RIZKI NAMI,
1830103057 - ROSI WAHYUNI,
1830103058 - SARTIKA DEWI,
1830103059 - SEPTI YARMI YATI,
1830103061 - SRI AISYAH AMINI,
1830103062 - SRI WAHYUNI,
1830103063 - SUCI RAMADHANI,
1830103064 - TAFTIKHUL UMMU SA'ADAH,
1830103065 - TANIA OKTAVIA,
1830103066 - VELIA DWI WULANDARI,
1830103067 - VINA ANGGELIA,
1830103068 - WAHYUNI,
1830103069 - WILSASNI,
1830103070 - WINA APRIMA,
1830103071 - WINDI IRMADIANTI,
1830103072 - WULAN PUTRI,
1830103073 - YOGA MAULANA,
1830103074 - YOLLA ENVA DILLA,
1830103075 - YOSALIA DEFIRA,
1830103076 - YOSI LINDA,
1830103077 - YOSI UTARI,
1830103079 - YULIA SRI WAHYUNI,
1830103080 - ZAIDAN HILMI,
1830103081 - ZAINUL MALIKI

2. Deskripsi Pembelajaran

Tujuan Instruksional Umum: Mata Kuliah Kehlian Berkarya (MKB) Manajemen Proyek merupakan mata kuliah yang diharapkan mampu meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam memilih dan menjalankan suatu proyek. Mahasiswa mampu melakukan perancangan proyek jenis proyek, melaksanakan proyek dan menganalisa resiko dari proyek tersebut. Mahasiswa diberikan pembekalan berupa ilmu dan perilaku sebagai seorang manajer dalam suatu proyek, dan memiliki etika dan mengetahui faktor berjalannya suatu proyek, sehingga mendorong mahasiswa untuk mengerti bagaimana menjalankan dan menangani resiko dari suatu proyek yang akan dilakukannya.

Tujuan Instruksional Khusus (TIK): Membekali mahasiswa agar lebih paham dan menguasai teori terkait: pengertian dan ruang lingkup manajemen proyek

3. Capaian / Kompetensi

1. Mampu melakukan perencanaan dan pengelolaan proyek baik proyek yang bersifat teknis maupun proyek non teknis.
2. Mampu melakukanperencanaan dan alokasi sumberdaya didalam menjaga keberlanjutan proyek
3. Memahami konsep dasar dan aplikasi dari manajemen proyek didalam Pendidikan
4. Mampu melakukan evaluasi proyek dan mengetahui metode metode yang dibutuhkan.

4. Rencana Pembelajaran

Minggu ke Indikator Capaian Pembelajaran Bahan Kajian Metode Pembelajaran Pengalaman Belajar Waktu Pembelajaran Tugas dan Penilaian Sumber Belajar
1 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan memahami proses perkuliahan manajemen proyek Pembahasan tentang memahami proses perkuliahan manajemen proyek 1. Metode: Contextual Instruction
2. Media: komputer, aplikasi zoom
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan konsep dasar manajemen proyek, Ketepatan menyebutkan jenis proyek, dan lain sebagainya
2 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan 1. Definisi manajemen
2. Pengertian proyek
3. pengertian manajemen proyek
4. Karakteristik proyek
Pembahasan tentang pengertian manajemen proyek dan karakteristik proyek, baik proyek yang berskala kecil maupun proyek yang berskala besar 1. Metode: Contextual Instruction
2. Media: komputer, aplikasi zoom
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan 1. Definisi manajemen
2. Pengertian proyek
3. pengertian manajemen proyek
4. Karakteristik proyek, Ketepatan menyebutkan point materi, dan lain sebagainya
3 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Menjelaskan dan memahami Konsep Manajemen:
1. Tahapan Persiapan Proyek
2. Tahapan implementasi proyek
3. tahapan evaluasi proyek
Pembahasan tentang siklus terjadinya proyek. Mulai dari tahap perencanaan (persiapan), sampai tahap implementasi dan tahap evaluasi 1. Metode: Contextual Instruction
2. Media: komputer, aplikasi zoom
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan Menjelaskan dan memahami Konsep Manajemen:
1. Tahapan Persiapan Proyek
2. Tahapan implementasi proyek
3. tahapan evaluasi proyek
Ketepatan menyebutkan point materi, dan lain sebagainya
4 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Pengorganisasian Proyek:
a. Pengertian Pengorganisasian Proyek
b. Tipe struktur organisasi dalam proyek
Pembahasan tentang membuat contoh tentang tipe-tipe struktur organisasi di dalam proyek serta dapat menerapkan masing-masing tipe tersebut dalam berbagai proyek yang berbeda 1. Metode: Contextual Instruction
2. Media: komputer, aplikasi zoom
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan Pengorganisasian Proyek:
a. Pengertian Pengorganisasian Proyek
b. Tipe struktur organisasi dalam proyek
, Ketepatan menyebutkan point materi, dan lain sebagainya
5 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Studi Kelayakan Proyek :
a. Pengertian Studi Kelayakan
b. Peninjauan dari aspek:
1) Aspek Teknis
2) Aspek Sosial
Pembahasan tentang pengertian studi kelayakan proyek dan aspek-aspek yang ada didalamnya 1. Metode: Contextual Instruction
2. Media: komputer, aplikasi zoom
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan Studi Kelayakan Proyek :
a. Pengertian Studi Kelayakan
b. Peninjauan dari aspek:
1) Aspek Teknis
2) Aspek Sosial
, Ketepatan menyebutkan point materi, dan lain sebagainya
6 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Studi Kelayakan Proyek :
a. Peninjauan dari aspek:
1. Aspek Eksternalitas
2. Aspek Finansial Ekonomi
3. Aspek Biaya Manfaat
Pembahasan tentang aspek-aspek yang ada didalam studi kelayakan proyek 1. Metode: Contextual Instruction
2. Media: komputer, aplikasi zoom
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan Studi Kelayakan Proyek :
a. Peninjauan dari aspek:
1. Aspek Eksternalitas
2. Aspek Finansial Ekonomi
3. Aspek Biaya Manfaat
, Ketepatan menyebutkan point materi, dan lain sebagainya
7 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan perencanaan sumberdaya manusia di dalam proyek Pembahasan tentang perencanaan sumberdaya manusia di dalam proyek 1. Metode: Contextual Instruction
2. Media: komputer, aplikasi zoom
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan Studi Kelayakan Proyek :
a. Perencanaan Sumber Daya Manusia
, Ketepatan menyebutkan point materi, dan lain sebagainya
8 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Konsep Materi Untuk UTS 8 : UTS Mengerjakan soal UTS secara Daring dengan menggunakan Aplikasi Zoom Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan Konsep Materi Untuk UTS
9 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan a. Pembuatan jadwal kegiatan proyek
1. Bagan balok dan jaringan kerja
2. Metode jalur kritis
Pembahasan tentang penjadwalan proyek, biaya proyek, alokasi dana proyek dan alokasi SDM di dalam proyek. 1. Metode: Contextual Instruction
2. Media: komputer, aplikasi zoom
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan a. Pembuatan jadwal kegiatan proyek
1. Bagan balok dan jaringan kerja
2. Metode jalur kritis , Ketepatan menyebutkan point materi, dan lain sebagainya
10 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Pelaksanaan Proyek:
a. Sumber Daya proyek
b. Persoalan Pengawasan proyek
Pembahasan tentang penjadwalan proyek, biaya proyek, alokasi dana proyek dan alokasi SDM di dalam proyek 1. Metode: Contextual Instruction
2. Media: komputer, aplikasi zoom
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan Pelaksanaan Proyek:
a. Sumber Daya proyek
b. Persoalan Pengawasan proyek, Ketepatan menyebutkan aspek pada point materi, dan lain sebagainya
11 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Pengawasan Proyek :
a. Varians dan konsep nilai hasil
b. Pengendalian mutu proyek
Pembahasan tentang aspek-aspek yang diperlukan dalam pengawasan proyek, mulai dari peninjauan laporan biaya, mengendalikan perubahan dan sistem pengawasan yang digunakan 1. Metode: Contextual Instruction
2. Media: komputer, aplikasi zoom
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan Pengawasan Proyek :
a. Varians dan konsep nilai hasil
b. Pengendalian mutu proyek, dan lain sebagainya
12 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Pengawasan Proyek:
a.Rekayasa nilai b.Audit proyek
Pembahasan tentang aspek-aspek yang diperlukan dalam pengawasan proyek, mulai dari peninjauan laporan biaya, pengendalian perubahan dan sistem pengawasan yang digunakan 1. Metode: Contextual Instruction
2. Media: komputer, aplikasi zoom
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan Pengawasan Proyek:
a. Rekayasa nilai b.Audit proyek , Ketepatan menyebutkan pointnya, dan lain sebagainya
13 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan a. Sistem Pengawasan Proyek Pembahasan tentang aspek-aspek yang diperlukan dalam pengawasan proyek, mulai dari peninjauan laporan biaya, mengendalikan perubahan dan sistem pengawasan yang digunakan 1. Metode: Contextual Instruction
2. Media: komputer, aplikasi zoom
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan a. Sistem Pengawasan Proyek, Ketepatan menyebutkan aspek pada point materi, dan lain sebagainya
14 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan a. Penyerahan Instalasi Proyek
b. Uji Coba Proyek
c. Evaluasi Proyek
d. Pemberian tugas
Pembahasan tentang penyelesaian dan evaluasi proyek 1. Metode: Contextual Instruction
2. Media: komputer, aplikasi zoom
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan tahapan Penyelesaian Proyek, Ketepatan menyebutkan aspek pada point materi a. Penyerahan Instalasi Proyek
b. Uji Coba Proyek
c. Evaluasi Proyek
d. Pemberian tugas , dan lain sebagainya
15 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan a. Administrasi kontrak dan keuangan
b. Menutup proyek
Pembahasan tentang mendokumentasikan dan mengevaluasi pelaksanaan aktivitas proyek 1. Metode: Contextual Instruction
2. Media: komputer, aplikasi zoom
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan Aktivitas evaluasi proyek, Ketepatan menyebutkan aspek pada point materi a. Administrasi kontrak dan keuangan
b. Menutup proyek , dan lain sebagainya
16 Mahasiswa mampu menjelaskan dan menjawab soal ujian akhir semester 16 : UAS Mengerjakan soal UAS secara daring dengan Aplikasi Zoom Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan materi ujian akhir, Ketepatan menyebutkan jawaban soal ujian akhir dan lain sebagainya

5. Daftar Rujukan







    News

    Artefak perkuliahan Matakuliah: MPI413-Manajemen Proyek (3 SKS), Semester: 5 18-MPI-C, Dosen : Dr. ADRIPEN, M.Pd., TRI YULIANI, M.Pd, Ruang: GH.2.1, Hari: Rabu, 13.15 s.d 15.45, Tahun Akademik: 2020/2021, Jurusan: MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM

Pengunggahan Barusan