Fakultas | Tarbiyah dan Ilmu Keguruan |
Jurusan | MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM |
Kode Matakuliah | MPI413 |
Nama Matakuliah | Manajemen Proyek |
Semester | 5 |
SKS | 3 sks |
Pengampu Perkuliahan | Dr. ADRIPEN, M.Pd., TRI YULIANI, M.Pd |
Peserta Perkuliahan | 1830103025 - FRANSISKA, 1830103055 - RINI ANDRIANI, 1830103056 - RIZKI NAMI, 1830103057 - ROSI WAHYUNI, 1830103058 - SARTIKA DEWI, 1830103059 - SEPTI YARMI YATI, 1830103061 - SRI AISYAH AMINI, 1830103062 - SRI WAHYUNI, 1830103063 - SUCI RAMADHANI, 1830103064 - TAFTIKHUL UMMU SA'ADAH, 1830103065 - TANIA OKTAVIA, 1830103066 - VELIA DWI WULANDARI, 1830103067 - VINA ANGGELIA, 1830103068 - WAHYUNI, 1830103069 - WILSASNI, 1830103070 - WINA APRIMA, 1830103071 - WINDI IRMADIANTI, 1830103072 - WULAN PUTRI, 1830103073 - YOGA MAULANA, 1830103074 - YOLLA ENVA DILLA, 1830103075 - YOSALIA DEFIRA, 1830103076 - YOSI LINDA, 1830103077 - YOSI UTARI, 1830103079 - YULIA SRI WAHYUNI, 1830103080 - ZAIDAN HILMI, 1830103081 - ZAINUL MALIKI |
Tujuan Instruksional Umum: Mata Kuliah Kehlian Berkarya (MKB) Manajemen Proyek merupakan mata kuliah yang diharapkan mampu meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam memilih dan menjalankan suatu proyek. Mahasiswa mampu melakukan perancangan proyek jenis proyek, melaksanakan proyek dan menganalisa resiko dari proyek tersebut. Mahasiswa diberikan pembekalan berupa ilmu dan perilaku sebagai seorang manajer dalam suatu proyek, dan memiliki etika dan mengetahui faktor berjalannya suatu proyek, sehingga mendorong mahasiswa untuk mengerti bagaimana menjalankan dan menangani resiko dari suatu proyek yang akan dilakukannya.
Tujuan Instruksional Khusus (TIK): Membekali mahasiswa agar lebih paham dan menguasai teori terkait: pengertian dan ruang lingkup manajemen proyek
1. Mampu melakukan perencanaan dan pengelolaan proyek baik proyek yang bersifat teknis maupun proyek non teknis.
2. Mampu melakukanperencanaan dan alokasi sumberdaya didalam menjaga keberlanjutan proyek
3. Memahami konsep dasar dan aplikasi dari manajemen proyek didalam Pendidikan
4. Mampu melakukan evaluasi proyek dan mengetahui metode metode yang dibutuhkan.
Minggu ke | Indikator Capaian Pembelajaran | Bahan Kajian | Metode Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Waktu Pembelajaran | Tugas dan Penilaian | Sumber Belajar |
---|---|---|---|---|---|---|---|
1 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan memahami proses perkuliahan manajemen proyek | Pembahasan tentang memahami proses perkuliahan manajemen proyek | 1. Metode: Contextual Instruction 2. Media: komputer, aplikasi zoom |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan konsep dasar manajemen proyek, Ketepatan menyebutkan jenis proyek, dan lain sebagainya | |
2 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan 1. Definisi manajemen 2. Pengertian proyek 3. pengertian manajemen proyek 4. Karakteristik proyek |
Pembahasan tentang pengertian manajemen proyek dan karakteristik proyek, baik proyek yang berskala kecil maupun proyek yang berskala besar | 1. Metode: Contextual Instruction 2. Media: komputer, aplikasi zoom |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan 1. Definisi manajemen 2. Pengertian proyek 3. pengertian manajemen proyek 4. Karakteristik proyek, Ketepatan menyebutkan point materi, dan lain sebagainya |
|
3 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Menjelaskan dan memahami Konsep Manajemen: 1. Tahapan Persiapan Proyek 2. Tahapan implementasi proyek 3. tahapan evaluasi proyek |
Pembahasan tentang siklus terjadinya proyek. Mulai dari tahap perencanaan (persiapan), sampai tahap implementasi dan tahap evaluasi | 1. Metode: Contextual Instruction 2. Media: komputer, aplikasi zoom |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan Menjelaskan dan memahami Konsep Manajemen: 1. Tahapan Persiapan Proyek 2. Tahapan implementasi proyek 3. tahapan evaluasi proyek Ketepatan menyebutkan point materi, dan lain sebagainya |
|
4 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Pengorganisasian Proyek: a. Pengertian Pengorganisasian Proyek b. Tipe struktur organisasi dalam proyek |
Pembahasan tentang membuat contoh tentang tipe-tipe struktur organisasi di dalam proyek serta dapat menerapkan masing-masing tipe tersebut dalam berbagai proyek yang berbeda | 1. Metode: Contextual Instruction 2. Media: komputer, aplikasi zoom |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan Pengorganisasian Proyek: a. Pengertian Pengorganisasian Proyek b. Tipe struktur organisasi dalam proyek , Ketepatan menyebutkan point materi, dan lain sebagainya |
|
5 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Studi Kelayakan Proyek : a. Pengertian Studi Kelayakan b. Peninjauan dari aspek: 1) Aspek Teknis 2) Aspek Sosial |
Pembahasan tentang pengertian studi kelayakan proyek dan aspek-aspek yang ada didalamnya | 1. Metode: Contextual Instruction 2. Media: komputer, aplikasi zoom |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan Studi Kelayakan Proyek : a. Pengertian Studi Kelayakan b. Peninjauan dari aspek: 1) Aspek Teknis 2) Aspek Sosial , Ketepatan menyebutkan point materi, dan lain sebagainya |
|
6 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Studi Kelayakan Proyek : a. Peninjauan dari aspek: 1. Aspek Eksternalitas 2. Aspek Finansial Ekonomi 3. Aspek Biaya Manfaat |
Pembahasan tentang aspek-aspek yang ada didalam studi kelayakan proyek | 1. Metode: Contextual Instruction 2. Media: komputer, aplikasi zoom |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan Studi Kelayakan Proyek : a. Peninjauan dari aspek: 1. Aspek Eksternalitas 2. Aspek Finansial Ekonomi 3. Aspek Biaya Manfaat , Ketepatan menyebutkan point materi, dan lain sebagainya |
|
7 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan perencanaan sumberdaya manusia di dalam proyek | Pembahasan tentang perencanaan sumberdaya manusia di dalam proyek | 1. Metode: Contextual Instruction 2. Media: komputer, aplikasi zoom |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan Studi Kelayakan Proyek : a. Perencanaan Sumber Daya Manusia , Ketepatan menyebutkan point materi, dan lain sebagainya |
|
8 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Konsep Materi Untuk UTS | 8 : UTS | Mengerjakan soal UTS secara Daring dengan menggunakan Aplikasi Zoom | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan Konsep Materi Untuk UTS | |
9 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan a. Pembuatan jadwal kegiatan proyek 1. Bagan balok dan jaringan kerja 2. Metode jalur kritis |
Pembahasan tentang penjadwalan proyek, biaya proyek, alokasi dana proyek dan alokasi SDM di dalam proyek. | 1. Metode: Contextual Instruction 2. Media: komputer, aplikasi zoom |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan a. Pembuatan jadwal kegiatan proyek 1. Bagan balok dan jaringan kerja 2. Metode jalur kritis , Ketepatan menyebutkan point materi, dan lain sebagainya |
|
10 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Pelaksanaan Proyek: a. Sumber Daya proyek b. Persoalan Pengawasan proyek |
Pembahasan tentang penjadwalan proyek, biaya proyek, alokasi dana proyek dan alokasi SDM di dalam proyek | 1. Metode: Contextual Instruction 2. Media: komputer, aplikasi zoom |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan Pelaksanaan Proyek: a. Sumber Daya proyek b. Persoalan Pengawasan proyek, Ketepatan menyebutkan aspek pada point materi, dan lain sebagainya |
|
11 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Pengawasan Proyek : a. Varians dan konsep nilai hasil b. Pengendalian mutu proyek |
Pembahasan tentang aspek-aspek yang diperlukan dalam pengawasan proyek, mulai dari peninjauan laporan biaya, mengendalikan perubahan dan sistem pengawasan yang digunakan | 1. Metode: Contextual Instruction 2. Media: komputer, aplikasi zoom |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan Pengawasan Proyek : a. Varians dan konsep nilai hasil b. Pengendalian mutu proyek, dan lain sebagainya |
|
12 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Pengawasan Proyek: a.Rekayasa nilai b.Audit proyek |
Pembahasan tentang aspek-aspek yang diperlukan dalam pengawasan proyek, mulai dari peninjauan laporan biaya, pengendalian perubahan dan sistem pengawasan yang digunakan | 1. Metode: Contextual Instruction 2. Media: komputer, aplikasi zoom |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan Pengawasan Proyek: a. Rekayasa nilai b.Audit proyek , Ketepatan menyebutkan pointnya, dan lain sebagainya |
|
13 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan a. Sistem Pengawasan Proyek | Pembahasan tentang aspek-aspek yang diperlukan dalam pengawasan proyek, mulai dari peninjauan laporan biaya, mengendalikan perubahan dan sistem pengawasan yang digunakan | 1. Metode: Contextual Instruction 2. Media: komputer, aplikasi zoom |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan a. Sistem Pengawasan Proyek, Ketepatan menyebutkan aspek pada point materi, dan lain sebagainya | |
14 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan a. Penyerahan Instalasi Proyek b. Uji Coba Proyek c. Evaluasi Proyek d. Pemberian tugas |
Pembahasan tentang penyelesaian dan evaluasi proyek | 1. Metode: Contextual Instruction 2. Media: komputer, aplikasi zoom |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan tahapan Penyelesaian Proyek, Ketepatan menyebutkan aspek pada point materi a. Penyerahan Instalasi Proyek b. Uji Coba Proyek c. Evaluasi Proyek d. Pemberian tugas , dan lain sebagainya |
|
15 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan a. Administrasi kontrak dan keuangan b. Menutup proyek |
Pembahasan tentang mendokumentasikan dan mengevaluasi pelaksanaan aktivitas proyek | 1. Metode: Contextual Instruction 2. Media: komputer, aplikasi zoom |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan Aktivitas evaluasi proyek, Ketepatan menyebutkan aspek pada point materi a. Administrasi kontrak dan keuangan b. Menutup proyek , dan lain sebagainya |
|
16 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan menjawab soal ujian akhir semester | 16 : UAS | Mengerjakan soal UAS secara daring dengan Aplikasi Zoom | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan materi ujian akhir, Ketepatan menyebutkan jawaban soal ujian akhir dan lain sebagainya |
Artefak perkuliahan Matakuliah: MPI413-Manajemen Proyek (3 SKS), Semester: 5 18-MPI-C, Dosen : Dr. ADRIPEN, M.Pd., TRI YULIANI, M.Pd, Ruang: GH.2.1, Hari: Rabu, 13.15 s.d 15.45, Tahun Akademik: 2020/2021, Jurusan: MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM
Semua hak cipta dilindungi oleh Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar