Publikasi IAIN Batusangkar

TIK101-Ilmu Pendidikan dan Pendidikan Islam (3 SKS) 1 20-MPI-C RIZKI PEBRINA L2.3, Rabu, 13.15 s.d 15.45 2020/2021

TIK101-Ilmu Pendidikan dan Pendidikan Islam (3 SKS) 1 20-MPI-C RIZKI PEBRINA L2.3, Rabu, 13.15 s.d 15.45 2020/2021

 

1. Identitas Matakuliah

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
Jurusan MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM
Kode Matakuliah TIK101
Nama Matakuliah Ilmu Pendidikan dan Pendidikan Islam
Semester 1
SKS 3 sks
Pengampu Perkuliahan RIZKI PEBRINA
Peserta Perkuliahan 2030103077 - REZA SAFITRI,
2030103078 - RILLA PUTRI ZONA,
2030103079 - RINCE WULANDARI,
2030103080 - RIRIN FARDILA,
2030103081 - RISKA RAHMADANI,
2030103082 - SALMA HANIFAH,
2030103083 - SALMI,
2030103084 - SEFTYA WULANDARI,
2030103085 - SELSA HANIFAH PUTRI,
2030103086 - SILVI ARIANTO,
2030103087 - SILVINA EFENDI,
2030103088 - SINTA MARDIA PUTRI,
2030103089 - SOPIALIS,
2030103090 - SRI HANDAYANI,
2030103091 - SUCI FEBRIANTI,
2030103092 - SUCI ROMADONA,
2030103093 - SUFITRI PRATIWI,
2030103094 - SYAFRI DONI PUTRA,
2030103095 - TIKA PURNAMA SARI,
2030103096 - TRI SULEZI SEPTIKA,
2030103097 - TRI SURYANI,
2030103098 - ULFA FAKHIRA,
2030103099 - ULFAH FADILLAH,
2030103100 - ULFI YULIANTI,
2030103101 - ULVIA NOVITRI,
2030103102 - USMIATI,
2030103103 - USWATUN HASANAH,
2030103104 - VELLIA MULTAFIAH,
2030103105 - WARSI LASMI,
2030103106 - WINDA MARTAVIA,
2030103107 - YAZID MUHAMMAD IHSAN,
2030103108 - YOLA YULIARA,
2030103109 - YULI NOVIA,
2030103110 - YULTIA,
2030103111 - YUSRI EKA PUTRI,
2030103112 - ZIKRA KHAIRUNNISA,
2030103113 - ZULFADLI SAPUTRA

2. Deskripsi Pembelajaran

Mata kuliah ini membahas tentang berbagai konsep teori-teori pendidikan baik pendidikan secara umum maupun pendidikan Islam yang di dalam nya mengkaji tentang pengertian, tujuan, dasar, fase, lembaga,kurikulum,metode,evaluasi,media serta segala hal yang berkaitan dengan pendidikan

3. Capaian / Kompetensi

Mahasiswa mampu memahami dan menganalisis konsep teori-teori pendidikan, hasil pemikiran para ahli pendidikan, menyimpulkan konsep pendidikan Islam yang bersumberkan Al-Quran,sunah, dan hasil ijtihad, serta mampu mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari sebagai pendidik

4. Rencana Pembelajaran

Minggu ke Indikator Capaian Pembelajaran Bahan Kajian Metode Pembelajaran Pengalaman Belajar Waktu Pembelajaran Tugas dan Penilaian Sumber Belajar
1 Mahasiswa mampu 1. Memahami kontrak belajar dengan benar Mahasiswa mampu memahami proses perkuliahan IPPI Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
2 Mahasiswa mampu
1. Menjelaskan pengertian pendidikan dan ilmu pendidikan
2. Menjelaskan cabang-cabang ilmu pendidikan
3. Mengemukakan komponen-komponen pendidikan
4. Membedakan konsep pendidikan Islam secara etimologi tentang tarbiyah, ta’dib dan ta’lim
5. Menjelaskan konsep terminology pendidikan Islam
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar pendidikan dan ilmu pendidikan Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
3 Mahasiswa mampu
1. Menjelaskan dasar , tujuan dan fungsi Pendidikan
2. Menjelaskan pendidikan sebagai pengembangan potensi dan pewarisan budaya
3. Mengemukakan hirarkhi tujuan Pendidikan
Mahasiswa mampu memahami dasar, tujuan serta fungsi pendidikan Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
4 Mahasiswa mampu
1. Menjelaskan konsep pendidik
2. Menjelaskan hak dan kewajiban pendidik
3. Menguraikan kedudukan dan tugas pendidik dalam pendidikan Islam
4. Menganalisis kompetensi dan kode etik pendidik dan pendidik Islam
Mahasiswa mampu menganalisis tentang hakikat pendidik Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
5 Mahasiswa mampu
1. Menjelaskan pengertian peserta didik
2. Menjelaskan hak kewajiban peserta didik
3. Menjabarkan kebutuhan peserta didik
4. Menjelaskan kode etik peserta didik dalam pendidikan Islam
Mahasiswa mampu menjabarkan tentang Hakikat peserta didik Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
6 Mahasiswa mampu
1. Mendeskripsikan pendidikan masa pra konsepsi dan pranatal
2. Mengemukakan pendidikan masa bayi dan kanak-kanak
3. Menjelaskan pendidikan masa remaja
4. Menjelaskan pendidikan orang dewasa
Mahasiswa mampu mendeskripsikan fase pendidikan Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
7 Mahasiswa mampu
1. Menjelaskan pengertian lembaga pendidikan
2. Mengidentifikasi jenis lembaga pendidikan
3. Mengemukakan peranan lembaga pendidikan
Mahasiswa mampu mendeskripsikan Lembaga pendidikan Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
8 Mahasiswa mengerjakan soal dengan baik dan benar 8 : UTS Mengerjakan soal UTS Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
9 Mahasiswa mampu
1. Menjelaskan pengertian kurikulum
2. Menjelaskan orientasi kurikulum pendidikan
3. Mengemukakan prinsip-prinsip kurikulum pendidikan Islam
4. Menganalisis isi kurikulum pendidikan Islam
Mahasiswa mampu menganalisis kurikulum pendidikan Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
10 Mahasiswa mampu
1. Menjelaskan pengertian metode pendidikan
2. Menjelaskan macam-macam metode pendidikan dan pembelajaran
3. Menganalisis pendekatan metode pendidikan Islam
Mahasiswa mampu mendeskripsikan metode pendidikan dan pembelajaran Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
11 Mahasiswa mampu
1. Menjelaskan pengertian media pendidikan dan pembelajaran
2. Menjelaskan macam-macam /jenis media dan pembelajaran
3. Menganalisis fungsi media dalam pendidikan dan pembelajaran
Mahasiswa mampu mendeskripsikan media pendidikan dan pembelajaran Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
12 Mahasiswa mampu
1. Menjelaskan pengertian evaluasi pendidikan
2. Menguraikan tujuan dan fungsi evaluasi pendidikan
3. Mengemukakan prinsip dan jenis evaluasi pendidikan Islam
4. Mendeskripsikan syarat-syarat evaluasi pendidikan Islam
Mahasiswa mampu mendeskripsikan tentang evaluasi pendidikan dan pembelajaran Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
13 Mahasiswa mampu
1. Mendeskripsikan pendidikan sebagai suatu sistem
2. Mendeskripsikan kedudukan pendidikan Islam dalam sistem pendidikan Nasional
3. Menjabarkan latar belakang lahirnya Undang-undang SISDIKNAS
4. Menjelaskan dasar pelaksanaan pendidikan Islam di Indonesia
Mahasiswa mampu menjabarkan Sistem Pendidikan Islam di Indonesia Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
14 Mahasiswa mampu
1. Menjelaskan urgensi reaktualisasi pendidikan Islam
2. Menjelaskan konsep islamisasi ilmu
3. Menjelaskan model-model pengembangan islamisasi ilmu pengetahuan
Mahasiswa mampu memahami pendidikan Islam di era globalisasi Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
15 Mahasiswa mampu 1. Menjelaskan pengertian demokrasi
2. Prinsip-prinsip demokrasi dalam Islam
3. Mengemukakan prinsip-prinsip demokrasi dalam pandangan Islam
4. Menganalisis demokrasi pendidikan
5. Mengemukakan bentuk pelaksanaan demokrasi dalam pendidikan
Mahasiswa mampu memahami demokrasi pendidikan Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
16 Mahasiswa mampu menjawab pertanyaan dengan jawaban yang sesuai 16 : UAS Mengerjakan soal UAS Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya

5. Daftar Rujukan







    News

    Artefak perkuliahan Matakuliah: TIK101-Ilmu Pendidikan dan Pendidikan Islam (3 SKS), Semester: 1 20-MPI-C, Dosen : RIZKI PEBRINA, Ruang: L2.3, Hari: Rabu, 13.15 s.d 15.45, Tahun Akademik: 2020/2021, Jurusan: MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM

Pengunggahan Barusan

Cari Publikasi


Advanced Search

Lihat

Akunku

Discover

Umpan RSS