Fakultas | Tarbiyah dan Ilmu Keguruan |
Jurusan | PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH |
Kode Matakuliah | PGM201 |
Nama Matakuliah | Strategi Pembelajaran MI/SD |
Semester | 3 |
SKS | 2 sks |
Pengampu Perkuliahan | ZULHENDRI |
Peserta Perkuliahan | 1930111001 - ADHE OCTAVIANDRA, 1930111002 - AGIL EKA PUTRI, 1930111003 - AHMAD SOFYAN, 1930111004 - AINIL YAHYA, 1930111005 - AISYAH, 1930111006 - AMEL RAMADHANI, 1930111007 - AMELIA YUNITA, 1930111008 - ANDINI PRATAMA PUTRI, 1930111009 - ANISA ADRITA, 1930111010 - ANITA, 1930111011 - ANNISA, 1930111012 - ANNISA SEPNARISA, 1930111013 - ASMARITA, 1930111014 - AYUNDA MIZANI, 1930111016 - DEPI PUTRI AFRIYENTI, 1930111017 - DINDA AMELYA ZETRI, 1930111018 - DINDA PUTRI, 1930111020 - EFILIA VERONICA, 1930111021 - ESHA OKTA RAUDHA.A, 1930111022 - FADHILA ASTRIANI, 1930111023 - FADHILAH WAHYUNI, 1930111024 - FADHLAN RAMADHAN NURAS, 1930111026 - FARID FEBRIAN, 1930111027 - FERA HIDAYATIL FITRI, 1930111028 - FILZA ARIFA, 1930111030 - FITRI YANTI, 1930111031 - GUSTI AISYAH, 1930111032 - HAFIFAH ASRIATI, 1930111033 - HAMIDAH MAIZA SAFITRI, 1930111034 - HANDA YENNI, 1930111035 - HARNINA, 1930111037 - II FARIZAL, 1930111038 - INDAH LESTARI, 1930111040 - JENITA AYSA PUTRI, 1930111042 - KARINA YULIA ARISKA, 1930111043 - LISA PUTRIYANI, 1930111044 - MARISSA SYAFWIN, 1930111045 - MATHIA RIDWAN N, 1930111046 - MAYATUL AKMI, 1930111047 - MEGA SUSANTI, 1930111048 - MEKARIANI, 1930111049 - MENDAWATI, 1930111050 - MUHAMMAD KHADAFI, 1930111069 - REFAN FAJRI |
Kompetensi dasar yang harus dimiliki oleh seorang mahasiswa jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) adalah Selesai mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan dan mengaplikasikannya dalam pendidikan tentang konsep perkembangan, faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan, karakteristik perkembangan psiko-fisik peserta didik, dan permasalahan anak/remaja.
Agar mahasiswa data menguasai Kompetensi dasar yang harus dimiliki oleh seorang mahasiswa jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) adalah Selesai mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan dan mengaplikasikannya dalam pendidikan tentang konsep perkembangan, faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan, karakteristik perkembangan psiko-fisik peserta didik, dan permasalahan anak/remaja.
Minggu ke | Indikator Capaian Pembelajaran | Bahan Kajian | Metode Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Waktu Pembelajaran | Tugas dan Penilaian | Sumber Belajar |
---|---|---|---|---|---|---|---|
1 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang Orientasi Perkuliahan | Kelas online dan diskusi melalui e-campus, WA, Google Classroom | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Penjelasan deskripsi dan silabus mata kuliah. |
2 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Prinsip belajar dan pembelajaran | Pembahasan tentang Prinsip belajar dan pembelajaran | Kelas online dan diskusi melalui e-campus, WA, Google Classroom | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Konsep dan prinsip belajar pembelajaran di SD |
3 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan perumusan tujuan dan kompetensi | Pembahasan tentang perumusan tujuan dan kompetensi | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
4 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
5 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
6 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
7 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
8 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 8 : UTS | Mengerjakan soal UTS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
9 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
10 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
11 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
12 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
13 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
14 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
15 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
16 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 16 : UAS | Mengerjakan soal UAS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya |
Artefak perkuliahan Matakuliah: PGM201-Strategi Pembelajaran MI/SD (2 SKS), Semester: 3 19-PGMI-A, Dosen : ZULHENDRI, Ruang: L3.5, Hari: Rabu, 13.15 s.d 14.55, Tahun Akademik: 2020/2021, Jurusan: PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH
Semua hak cipta dilindungi oleh Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar