Fakultas | Tarbiyah dan Ilmu Keguruan |
Jurusan | MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM |
Kode Matakuliah | MPI308 |
Nama Matakuliah | Perilaku dan Budaya Organisasi |
Semester | 5 |
SKS | 3 sks |
Pengampu Perkuliahan | DRS. MUHAMMAD FAZIS, M.PD., FERDINO WEDI SANJAYA, M.Pd |
Peserta Perkuliahan | 1830103012 - ASRA AVIA, 1830103019 - DINI FEBRIYENTI, 1830103022 - FADHILAH FEBRYANY, 1830103023 - FADHILLAH, 1830103028 - HALIMAH AINORA, 1830103029 - IQBHAL SUBNUR, 1830103030 - ISRI ROHMATUL AYSYI, 1830103031 - KHAIRUNNISA, 1830103032 - LARA MAULIDIA, 1830103033 - LELI APRILIA, 1830103034 - LIANA PUTRI, 1830103036 - MEGA PUSPA RINA, 1830103037 - MIRANDA ANGGUN OKTAVIA, 1830103038 - MITA ANGRIANI, 1830103039 - MONICA AMANDA FEBIOLA, 1830103040 - MUHAMMAD SYAFIQ NAGIUDDIN, 1830103042 - NADYA RAHMADANI, 1830103043 - NIKE AGUSTIA, 1830103045 - NUR AISYAH, 1830103046 - NUR LAILATUR SYAHRIZA, 1830103048 - NUR`ALAINA, 1830103049 - PUTRI NENGSIH, 1830103050 - RAHMA JULITA, 1830103051 - RAHMI OKTAVIA, 1830103052 - RAMATUL NISA, 1830103053 - RAUFU RAHIM IBNU KALZAN, 1830103054 - REKA DOMALASARI, 1830103082 - REYHAN TRI SEPTA |
Perilaku dan Budaya Organisasi adalah mata kuliah yang menggunakan pendekatan multi disiplin. Secara khusus mata kuliah perilaku dan budaya organisasi memberikan gambaran dalam kasus-kasus pada organisasi, instansi dan juga perusahaan tempat bekerja dan beraktivitas yang berkaitan dengan prilaku dan budaya organisasi itu sendiri. Untuk itu dalam proses belajar mengajar akan dilakukan diskusi kasus dengan melibatkan mahasiswa untuk memecahkan setiap kasus yang berkaitan dengan pokok bahasan
Mahasiswa memiliki pemahaman mengenai Prilaku dan Budaya Organisasi
Minggu ke | Indikator Capaian Pembelajaran | Bahan Kajian | Metode Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Waktu Pembelajaran | Tugas dan Penilaian | Sumber Belajar |
---|---|---|---|---|---|---|---|
1 | Mahasiswa memahami sistem dan proses pembelajaran (RPS) dan mampu memahami konsep dan karakterikstik perilaku organisasi | Orientasi Awal Perkuliahan | Ceramah | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | 1. Orientasi 2. Kontrak kuliah dan RPS 3. Apa yang dimaksud dengan Prilaku Oragnisasi dan Karakteristiknya |
2 | Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan konsep dasar prilaku organisasi | Konsep Dasar Prilaku Organisasi | Ceramah dan Tanya Jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | a. Pengertian Prilaku Organisasi menurut para ahli b. Ruang Lingkup Prilaku Organisasi c. Elemen dan Manfaat Prilaku Organisasi |
3 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Konsep Dasar Budaya Organisasi | Cerah dan Tanya Jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | a. Pengertian Budaya Organisasi menurut para ahli b. Proses terbentuknya budaya organisasi c. Karakteristik dan Peran Budaya Organisasi d. Fungsi Budaya Organisasi e. Sumber Budaya Organisasi f. Faktor - faktor yang mempengaruhi budaya organisasi |
4 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Konsep Diri dan Individu dan Fungsinya dalam Organisasi | Presentasi Makalah Kelompok Diskusi Kelas Penjelasan Oleh Doosen Pengampu |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | a. Pengertian b. Teori pendapata para ahli c. Karakteristik d. Ciri – ciri dan dimensi e. Aspek – aspek f. Pentingnys konsep diri dan individu |
5 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Dasar- dasar Prilaku Kelompok, Kelompok Kerja dan Konsep tim dan Kerja Tim | Presentasi Makalah oleh Kelompok Diskusi Kelas Penjelasan oleh Dosen |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | a. Defenisi Kelompok b. Dasar - dasar Prilaku Kelompok c. Konsep dasar kelompok kerja d. Tahap Pegembangan Kelompok e. Konsep dasar Tim f. Kerja Tim g. Perbedaan dan Peran (Kelompok dan Tim) |
6 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Persepsi dan Pengambilan Keputusan | Presentasi Makalah oleh Kelompok Diskusi Kelas Penjelasan oleh Dosen |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | a. Pentingnya persepsi b. Faktor yang mempengaruhi persepsi c. Kaitan antara persepsi dan pengambilan keputusan d. Pengambilan keputusan dalam organisasi e. Pengaruh pengambilan keputusan |
7 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Teori Motivasi | Presentasi Makalah Kelompok Diskusi Kelas Penjelasan oleh Dosen |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | a. Pengertian motivasi b. Teori-teori motivasi c. Faktor yang mempengaruhi motivasi |
8 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 8 : UTS | Mengerjakan soal UTS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
9 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
10 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
11 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
12 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
13 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
14 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
15 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
16 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 16 : UAS | Mengerjakan soal UAS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya |
Artefak perkuliahan Matakuliah: MPI308-Perilaku dan Budaya Organisasi (3 SKS), Semester: 5 18-MPI-B, Dosen : DRS. MUHAMMAD FAZIS, M.PD., FERDINO WEDI SANJAYA, M.Pd, Ruang: L2.11, Hari: Rabu, 13.15 s.d 15.45, Tahun Akademik: 2020/2021, Jurusan: MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM
Semua hak cipta dilindungi oleh Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar