Publikasi IAIN Batusangkar

MAT314-Geometri Transformasi (2 SKS) 5 18-TMM-B NOLA NARI, S.SI., M.PD . LABOR KOMPUTER 2, Rabu, 13.15 s.d 14.55 2020/2021

MAT314-Geometri Transformasi (2 SKS) 5 18-TMM-B NOLA NARI, S.SI., M.PD . LABOR KOMPUTER 2, Rabu, 13.15 s.d 14.55 2020/2021

 

1. Identitas Matakuliah

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
Jurusan PENDIDIKAN (TADRIS) MATEMATIKA
Kode Matakuliah MAT314
Nama Matakuliah Geometri Transformasi
Semester 5
SKS 2 sks
Pengampu Perkuliahan NOLA NARI, S.SI., M.PD .
Peserta Perkuliahan 1630105055 - WAHYU KURNIA HAMDA,
1730105043 - RAHMAD GUSNUR FAJRI,
1730105047 - RIZKY AZIZ,
1830105004 - ARYA SENA SATYA NEGARA,
1830105015 - FANIA MARTA FIONA,
1830105018 - FELINA NABILA UMAIROH,
1830105035 - MONICA FEBRIANTI,
1830105037 - MUHAMMAD RIFKI,
1830105038 - MUHAMMAD RIZKI,
1830105039 - NATASYA,
1830105040 - NOFA RAHMA DENI,
1830105041 - NOFITA FIRGAYANTI,
1830105042 - NOVITA SARI,
1830105044 - NURHAYATI,
1830105045 - PUTRI LUFITA SARI,
1830105046 - RAMADHANI PUTRI,
1830105047 - RANI MEILIA PUTRI,
1830105049 - RIFI NOVIANI,
1830105052 - SARI AGUSTINA,
1830105053 - SARIFAH AINI,
1830105054 - SITI ZAHARA,
1830105055 - SUCI INDAH SARI,
1830105057 - TIARA DEWINA,
1830105062 - WARNI RAHMADHANI,
1830105063 - WENI NOVITA SARI,
1830105064 - YOGA OKTAVIANTO,
1830105065 - YUNIA SARTIKA,
1830105067 - ZANI RAHMAWATI,
1830105069 - ZULHIARSI GUSNEFI,
1830105070 - ZURYATI

2. Deskripsi Pembelajaran

Mata kuliah ini membahas transformasi pada bidang geometri (Euclid) yakni konsep Geometri Euclid, Fungsi, Pengertian transformasi, Pencerminan, Isometri,Hasilkali transformasi, Transformasi balikan, Translasi,Rotasi, Refleksi geser,Transformasi kesebangunan. Setelah selesai mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan dapat menguasai dan memahami materi Geometri Transformasi sebagai salah satu bekal mengajar di SMP dan SMA/K dan sarana untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah baik pada geometri transformasi sendiri, pada mata kuliah lain, dan masalah – masalah lain

3. Capaian / Kompetensi

• Mahasiswa memahami konsep transformasi pada bidang geometri.
• Mahasiswa dapat menyajikan konsep Transformasi bidang geometri serta membuat contoh pengaplikasiannya, menyampaikan secara tertulis dalam makalah dan presentasi.
• Mahasiswa memiliki sikap tanggung jawab, berani mengkomunikasikan ide dalam diskusi.

4. Rencana Pembelajaran

Minggu ke Indikator Capaian Pembelajaran Bahan Kajian Metode Pembelajaran Pengalaman Belajar Waktu Pembelajaran Tugas dan Penilaian Sumber Belajar
1 Mahasiswa mampu memahami dan melaksanakan isi kontrak perkuliahan dengan baik Kontrak perkuliahan, silabus, tata tertib dan penilaian ceramah Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit tugas buku panduan akademik
2 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang pengertian,metode dan Geometri Euclid Ekspositori dan penugasan Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya PDF
3 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang dalil, defenisi, teorema, aksioman tEkspositori dan penugasan Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya dalil, defenisi, teorema, aksioman
4 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan tentang fungsi, defenisi transformasi dan sifat-sifat transformasi Pembahasan tentang fungsi, defenisi transformasi dan sifat-sifat transformasi Ekspositori dan penugasan Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal tentang fungsi, defenisi transformasi dan sifat-sifat transformasi 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan fungsi, defenisi transformasi dan sifat-sifat transformasi, Ketepatan menyebutkanfungsi, defenisi transformasi dan sifat-sifat transformasi. materi ajar berupa pdf dan video pembelajaran
5 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentanghasil kali transformasi dan grup transformasi Ekspositori dan Penugasan Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya hasil kali transformasi dan grup transformasi
6 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan geseran / traslasi Pembahasan tentang geseran / traslasi Ekspositori dan Penugasan Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal tentang geseran / traslasi 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan.geseran / traslasi, Ketepatan menyebutkan.geseran / traslasi geseran / traslasi
7 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Hasil kali geseran Pembahasan tentang Hasil kali geseran Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal tentang Hasil kali geseran 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan..Hasil kali geseran.., Ketepatan menyebutkan...Hasil kali geseran Hasil kali geseran
8 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Geometri,Transformasi, geseran 8 : UTS Mengerjakan soal UTS Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal Geometri,Transformasi, geseran 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan.Geometri,Transformasi, geseran Geometri,Transformasi, geseran
9 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
10 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
11 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
12 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
13 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
14 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
15 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
16 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... 16 : UAS Mengerjakan soal UAS Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya

5. Daftar Rujukan







    News

    Artefak perkuliahan Matakuliah: MAT314-Geometri Transformasi (2 SKS), Semester: 5 18-TMM-B, Dosen : NOLA NARI, S.SI., M.PD ., Ruang: LABOR KOMPUTER 2, Hari: Rabu, 13.15 s.d 14.55, Tahun Akademik: 2020/2021, Jurusan: PENDIDIKAN (TADRIS) MATEMATIKA

Pengunggahan Barusan

Cari Publikasi


Advanced Search

Lihat

Akunku

Discover

Umpan RSS