Fakultas | Tarbiyah dan Ilmu Keguruan |
Jurusan | PENDIDIKAN (TADRIS) MATEMATIKA |
Kode Matakuliah | MAT314 |
Nama Matakuliah | Geometri Transformasi |
Semester | 5 |
SKS | 2 sks |
Pengampu Perkuliahan | NOLA NARI, S.SI., M.PD . |
Peserta Perkuliahan | 1630105055 - WAHYU KURNIA HAMDA, 1730105043 - RAHMAD GUSNUR FAJRI, 1730105047 - RIZKY AZIZ, 1830105004 - ARYA SENA SATYA NEGARA, 1830105015 - FANIA MARTA FIONA, 1830105018 - FELINA NABILA UMAIROH, 1830105035 - MONICA FEBRIANTI, 1830105037 - MUHAMMAD RIFKI, 1830105038 - MUHAMMAD RIZKI, 1830105039 - NATASYA, 1830105040 - NOFA RAHMA DENI, 1830105041 - NOFITA FIRGAYANTI, 1830105042 - NOVITA SARI, 1830105044 - NURHAYATI, 1830105045 - PUTRI LUFITA SARI, 1830105046 - RAMADHANI PUTRI, 1830105047 - RANI MEILIA PUTRI, 1830105049 - RIFI NOVIANI, 1830105052 - SARI AGUSTINA, 1830105053 - SARIFAH AINI, 1830105054 - SITI ZAHARA, 1830105055 - SUCI INDAH SARI, 1830105057 - TIARA DEWINA, 1830105062 - WARNI RAHMADHANI, 1830105063 - WENI NOVITA SARI, 1830105064 - YOGA OKTAVIANTO, 1830105065 - YUNIA SARTIKA, 1830105067 - ZANI RAHMAWATI, 1830105069 - ZULHIARSI GUSNEFI, 1830105070 - ZURYATI |
Mata kuliah ini membahas transformasi pada bidang geometri (Euclid) yakni konsep Geometri Euclid, Fungsi, Pengertian transformasi, Pencerminan, Isometri,Hasilkali transformasi, Transformasi balikan, Translasi,Rotasi, Refleksi geser,Transformasi kesebangunan. Setelah selesai mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan dapat menguasai dan memahami materi Geometri Transformasi sebagai salah satu bekal mengajar di SMP dan SMA/K dan sarana untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah baik pada geometri transformasi sendiri, pada mata kuliah lain, dan masalah – masalah lain
• Mahasiswa memahami konsep transformasi pada bidang geometri.
• Mahasiswa dapat menyajikan konsep Transformasi bidang geometri serta membuat contoh pengaplikasiannya, menyampaikan secara tertulis dalam makalah dan presentasi.
• Mahasiswa memiliki sikap tanggung jawab, berani mengkomunikasikan ide dalam diskusi.
Minggu ke | Indikator Capaian Pembelajaran | Bahan Kajian | Metode Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Waktu Pembelajaran | Tugas dan Penilaian | Sumber Belajar |
---|---|---|---|---|---|---|---|
1 | Mahasiswa mampu memahami dan melaksanakan isi kontrak perkuliahan dengan baik | Kontrak perkuliahan, silabus, tata tertib dan penilaian | ceramah | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | tugas | buku panduan akademik |
2 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang pengertian,metode dan Geometri Euclid | Ekspositori dan penugasan | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
3 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang dalil, defenisi, teorema, aksioman | tEkspositori dan penugasan | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | dalil, defenisi, teorema, aksioman |
4 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan tentang fungsi, defenisi transformasi dan sifat-sifat transformasi | Pembahasan tentang fungsi, defenisi transformasi dan sifat-sifat transformasi | Ekspositori dan penugasan | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal tentang fungsi, defenisi transformasi dan sifat-sifat transformasi | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan fungsi, defenisi transformasi dan sifat-sifat transformasi, Ketepatan menyebutkanfungsi, defenisi transformasi dan sifat-sifat transformasi. | materi ajar berupa pdf dan video pembelajaran |
5 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentanghasil kali transformasi dan grup transformasi | Ekspositori dan Penugasan | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | hasil kali transformasi dan grup transformasi |
6 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan geseran / traslasi | Pembahasan tentang geseran / traslasi | Ekspositori dan Penugasan | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal tentang geseran / traslasi | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan.geseran / traslasi, Ketepatan menyebutkan.geseran / traslasi | geseran / traslasi |
7 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Hasil kali geseran | Pembahasan tentang Hasil kali geseran | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal tentang Hasil kali geseran | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan..Hasil kali geseran.., Ketepatan menyebutkan...Hasil kali geseran | Hasil kali geseran | |
8 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Geometri,Transformasi, geseran | 8 : UTS | Mengerjakan soal UTS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal Geometri,Transformasi, geseran | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan.Geometri,Transformasi, geseran | Geometri,Transformasi, geseran |
9 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
10 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
11 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
12 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
13 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
14 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
15 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
16 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 16 : UAS | Mengerjakan soal UAS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya |
Artefak perkuliahan Matakuliah: MAT314-Geometri Transformasi (2 SKS), Semester: 5 18-TMM-B, Dosen : NOLA NARI, S.SI., M.PD ., Ruang: LABOR KOMPUTER 2, Hari: Rabu, 13.15 s.d 14.55, Tahun Akademik: 2020/2021, Jurusan: PENDIDIKAN (TADRIS) MATEMATIKA
Semua hak cipta dilindungi oleh Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar