Fakultas | Tarbiyah dan Ilmu Keguruan |
Jurusan | PENDIDIKAN BAHASA ARAB |
Kode Matakuliah | PBA315 |
Nama Matakuliah | Ilmu Al Bayan Wa Al Badi' |
Semester | 5 |
SKS | 3 sks |
Pengampu Perkuliahan | DRS. H. AL BAIHAQI ANAS, MA. |
Peserta Perkuliahan | 1830102001 - ADE RAHMA PUTRI, 1830102002 - ADELIANA FATIMAH, 1830102003 - AHMAD FAUZAN, 1830102004 - AL ANISAH, 1830102005 - AMIA OKTAVIANIS, 1830102006 - AMIRUL MUKMIN, 1830102007 - ARDILA ISWANDA, 1830102008 - AULIA PUTRI SALSABILLA, 1830102009 - CITRA NUR ILLAHI, 1830102010 - DELVIA NINGSIH, 1830102011 - ELFINCE RAHMA GANI, 1830102012 - FILDZAH YUSRA, 1830102013 - FITRIYYAH NISA ADINDA, 1830102014 - GILANG PRATARAMA DEFITRA, 1830102015 - HILDA RAHMADANI, 1830102016 - ILDUNAS, 1830102018 - INDRI SAFITRI, 1830102019 - INTAN IRMADIA ANGGRAINI, 1830102020 - JENI MARDIATI, 1830102022 - KAMISYKA SAMAWA MELDI, 1830102023 - KHAIRUNNISA, 1830102024 - KHOFIFAH INDAH SARI |
Mata kuliah dengan bobot 3 sks ini membahas ketentuan-ketentuan (qawa'id) pengungkapan suatu ma’na dapat diungkap dengan beragai macam redaksi, dan gaya bahasa yang indah sehingga tujuan pembicaraan dapat terwujud dengan efektif dan efisien, baik melalu tasybih, Majaz, Isti’arah, Kinayah serta muhassinat lafziyah dan maknawiyah dengan tujuan utama melatih mahasiswa mengembangkan dzauqbalagi, termasuk yang berkenaan dengan i'jaz Al-Qur'an
1. Memahami teks Sastra berbahasa Arab baik klasik maupun kontemporer dan dapat Melaksanakan pengamatan sederhana, mini riset, mini proyek, dan mengkomunikasikan terkait dengan menggunakan media kontekstual dan mutakhir didasarkan aktifitas saintifik inkuiri dan sikap ilmiah*.
2. Mendeskripsikan konsep Ilmu Bayan dan badi,i meliputi Tasybih, Majaz, Istia’arah dan Kinayah serta muhasinat maknawyah wal maknawiyah lafziya
Minggu ke | Indikator Capaian Pembelajaran | Bahan Kajian | Metode Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Waktu Pembelajaran | Tugas dan Penilaian | Sumber Belajar |
---|---|---|---|---|---|---|---|
1 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
2 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
3 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
4 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
5 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
6 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
7 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
8 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 8 : UTS | Mengerjakan soal UTS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
9 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
10 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
11 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
12 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
13 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
14 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
15 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
16 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 16 : UAS | Mengerjakan soal UAS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya |
Artefak perkuliahan Matakuliah: PBA315-Ilmu Al Bayan Wa Al Badi' (3 SKS), Semester: 5 18-PBA-A, Dosen : DRS. H. AL BAIHAQI ANAS, MA., Ruang: Lokal F3, Hari: Rabu, 14.06 s.d 17.05, Tahun Akademik: 2020/2021, Jurusan: PENDIDIKAN BAHASA ARAB
Semua hak cipta dilindungi oleh Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar