Publikasi IAIN Batusangkar

PGM301-Pembelajaran Tematik (3 SKS) 3 19-PGMI-A ZULHENDRI L3.5, Rabu, 14.55 s.d 17.55 2020/2021

PGM301-Pembelajaran Tematik (3 SKS) 3 19-PGMI-A ZULHENDRI L3.5, Rabu, 14.55 s.d 17.55 2020/2021

 

1. Identitas Matakuliah

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
Jurusan PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH
Kode Matakuliah PGM301
Nama Matakuliah Pembelajaran Tematik
Semester 3
SKS 3 sks
Pengampu Perkuliahan ZULHENDRI
Peserta Perkuliahan 1930111001 - ADHE OCTAVIANDRA,
1930111002 - AGIL EKA PUTRI,
1930111004 - AINIL YAHYA,
1930111005 - AISYAH,
1930111006 - AMEL RAMADHANI,
1930111007 - AMELIA YUNITA,
1930111008 - ANDINI PRATAMA PUTRI,
1930111009 - ANISA ADRITA,
1930111010 - ANITA,
1930111011 - ANNISA,
1930111012 - ANNISA SEPNARISA,
1930111013 - ASMARITA,
1930111014 - AYUNDA MIZANI,
1930111016 - DEPI PUTRI AFRIYENTI,
1930111017 - DINDA AMELYA ZETRI,
1930111018 - DINDA PUTRI,
1930111020 - EFILIA VERONICA,
1930111021 - ESHA OKTA RAUDHA.A,
1930111022 - FADHILA ASTRIANI,
1930111023 - FADHILAH WAHYUNI,
1930111024 - FADHLAN RAMADHAN NURAS,
1930111026 - FARID FEBRIAN,
1930111027 - FERA HIDAYATIL FITRI,
1930111028 - FILZA ARIFA,
1930111030 - FITRI YANTI,
1930111031 - GUSTI AISYAH,
1930111032 - HAFIFAH ASRIATI,
1930111033 - HAMIDAH MAIZA SAFITRI,
1930111034 - HANDA YENNI,
1930111035 - HARNINA,
1930111037 - II FARIZAL,
1930111038 - INDAH LESTARI,
1930111040 - JENITA AYSA PUTRI,
1930111042 - KARINA YULIA ARISKA,
1930111043 - LISA PUTRIYANI,
1930111044 - MARISSA SYAFWIN,
1930111045 - MATHIA RIDWAN N,
1930111046 - MAYATUL AKMI,
1930111047 - MEGA SUSANTI,
1930111048 - MEKARIANI,
1930111049 - MENDAWATI,
1930111050 - MUHAMMAD KHADAFI,
1930111069 - REFAN FAJRI

2. Deskripsi Pembelajaran

Mata kuliah Pembelajaran Tematik menyajikan hakekat, prinsip-prinsip penyusunan perencanaan pembelajaran dalam keterpaduan bidang studi, tema dan kompektisitasnya serta mampu melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran tematik. Pengalaman yang dibuat mahasiswa adalah memahami pentingnya pembelajaran tematik sehingga mampu mengimplementasikan ragam pembelajaran secara krestif terutama pada konteks proses belajar mengajar di kelas awal. Pembelajaan tematik adalah pembelajaran tepadu yang menggunakan tema untuk mengaitkan beberapa mata pelajaran sehingga dapat memberikan pengalaman bermakna kepada siswa.

3. Capaian / Kompetensi

Mahasiswa mampu Mata kuliah Pembelajaran Tematik menyajikan hakekat, prinsip-prinsip penyusunan perencanaan pembelajaran dalam keterpaduan bidang studi, tema dan kompektisitasnya serta mampu melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran tematik. Pengalaman yang dibuat mahasiswa adalah memahami pentingnya pembelajaran tematik sehingga mampu mengimplementasikan ragam pembelajaran secara krestif terutama pada konteks proses belajar mengajar di kelas awal. Pembelajaan tematik adalah pembelajaran tepadu yang menggunakan tema untuk mengaitkan beberapa mata pelajaran sehingga dapat memberikan pengalaman bermakna kepada siswa.

4. Rencana Pembelajaran

Minggu ke Indikator Capaian Pembelajaran Bahan Kajian Metode Pembelajaran Pengalaman Belajar Waktu Pembelajaran Tugas dan Penilaian Sumber Belajar
1 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang rientasi Perkuliahan Diskusi dengan menggunakan aplikasi e-learning, WAG, dan google meet Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Penjelasan deskripsi dan silabus mata kuliah
2 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang konsep dasar Pembelajaran Terpadu Kelas online dan diskusi melalui e-campus, WA, Google Classroom Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Hakikat, Karakteristik, Landasan dan Prinsi-prinsip Pembelajaran Terpadu
3 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
4 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
5 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
6 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
7 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
8 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... 8 : UTS Mengerjakan soal UTS Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
9 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
10 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
11 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
12 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
13 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
14 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
15 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
16 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... 16 : UAS Mengerjakan soal UAS Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya

5. Daftar Rujukan







    News

    Artefak perkuliahan Matakuliah: PGM301-Pembelajaran Tematik (3 SKS), Semester: 3 19-PGMI-A, Dosen : ZULHENDRI, Ruang: L3.5, Hari: Rabu, 14.55 s.d 17.55, Tahun Akademik: 2020/2021, Jurusan: PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH

Pengunggahan Barusan

Cari Publikasi


Advanced Search

Lihat

Akunku

Discover

Umpan RSS