Fakultas | Tarbiyah dan Ilmu Keguruan |
Jurusan | PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH |
Kode Matakuliah | PGM301 |
Nama Matakuliah | Pembelajaran Tematik |
Semester | 3 |
SKS | 3 sks |
Pengampu Perkuliahan | ZULHENDRI |
Peserta Perkuliahan | 1930111001 - ADHE OCTAVIANDRA, 1930111002 - AGIL EKA PUTRI, 1930111004 - AINIL YAHYA, 1930111005 - AISYAH, 1930111006 - AMEL RAMADHANI, 1930111007 - AMELIA YUNITA, 1930111008 - ANDINI PRATAMA PUTRI, 1930111009 - ANISA ADRITA, 1930111010 - ANITA, 1930111011 - ANNISA, 1930111012 - ANNISA SEPNARISA, 1930111013 - ASMARITA, 1930111014 - AYUNDA MIZANI, 1930111016 - DEPI PUTRI AFRIYENTI, 1930111017 - DINDA AMELYA ZETRI, 1930111018 - DINDA PUTRI, 1930111020 - EFILIA VERONICA, 1930111021 - ESHA OKTA RAUDHA.A, 1930111022 - FADHILA ASTRIANI, 1930111023 - FADHILAH WAHYUNI, 1930111024 - FADHLAN RAMADHAN NURAS, 1930111026 - FARID FEBRIAN, 1930111027 - FERA HIDAYATIL FITRI, 1930111028 - FILZA ARIFA, 1930111030 - FITRI YANTI, 1930111031 - GUSTI AISYAH, 1930111032 - HAFIFAH ASRIATI, 1930111033 - HAMIDAH MAIZA SAFITRI, 1930111034 - HANDA YENNI, 1930111035 - HARNINA, 1930111037 - II FARIZAL, 1930111038 - INDAH LESTARI, 1930111040 - JENITA AYSA PUTRI, 1930111042 - KARINA YULIA ARISKA, 1930111043 - LISA PUTRIYANI, 1930111044 - MARISSA SYAFWIN, 1930111045 - MATHIA RIDWAN N, 1930111046 - MAYATUL AKMI, 1930111047 - MEGA SUSANTI, 1930111048 - MEKARIANI, 1930111049 - MENDAWATI, 1930111050 - MUHAMMAD KHADAFI, 1930111069 - REFAN FAJRI |
Mata kuliah Pembelajaran Tematik menyajikan hakekat, prinsip-prinsip penyusunan perencanaan pembelajaran dalam keterpaduan bidang studi, tema dan kompektisitasnya serta mampu melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran tematik. Pengalaman yang dibuat mahasiswa adalah memahami pentingnya pembelajaran tematik sehingga mampu mengimplementasikan ragam pembelajaran secara krestif terutama pada konteks proses belajar mengajar di kelas awal. Pembelajaan tematik adalah pembelajaran tepadu yang menggunakan tema untuk mengaitkan beberapa mata pelajaran sehingga dapat memberikan pengalaman bermakna kepada siswa.
Mahasiswa mampu Mata kuliah Pembelajaran Tematik menyajikan hakekat, prinsip-prinsip penyusunan perencanaan pembelajaran dalam keterpaduan bidang studi, tema dan kompektisitasnya serta mampu melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran tematik. Pengalaman yang dibuat mahasiswa adalah memahami pentingnya pembelajaran tematik sehingga mampu mengimplementasikan ragam pembelajaran secara krestif terutama pada konteks proses belajar mengajar di kelas awal. Pembelajaan tematik adalah pembelajaran tepadu yang menggunakan tema untuk mengaitkan beberapa mata pelajaran sehingga dapat memberikan pengalaman bermakna kepada siswa.
Minggu ke | Indikator Capaian Pembelajaran | Bahan Kajian | Metode Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Waktu Pembelajaran | Tugas dan Penilaian | Sumber Belajar |
---|---|---|---|---|---|---|---|
1 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang rientasi Perkuliahan | Diskusi dengan menggunakan aplikasi e-learning, WAG, dan google meet | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Penjelasan deskripsi dan silabus mata kuliah |
2 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang konsep dasar Pembelajaran Terpadu | Kelas online dan diskusi melalui e-campus, WA, Google Classroom | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Hakikat, Karakteristik, Landasan dan Prinsi-prinsip Pembelajaran Terpadu |
3 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
4 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
5 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
6 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
7 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
8 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 8 : UTS | Mengerjakan soal UTS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
9 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
10 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
11 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
12 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
13 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
14 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
15 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
16 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 16 : UAS | Mengerjakan soal UAS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya |
Artefak perkuliahan Matakuliah: PGM301-Pembelajaran Tematik (3 SKS), Semester: 3 19-PGMI-A, Dosen : ZULHENDRI, Ruang: L3.5, Hari: Rabu, 14.55 s.d 17.55, Tahun Akademik: 2020/2021, Jurusan: PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH
Semua hak cipta dilindungi oleh Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar