Publikasi IAIN Batusangkar

ANALISIS HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA BERDASARKAN KECERDASAN VERBAL DAN KECERDASAN MATEMATIS SISWA KELAS XI IPA SMAN 1 SUNGAYANG

Perlihatkan publikasi sederhana

dc.contributor.author Ratih Komala Sandy
dc.date.accessioned 2017-06-08T00:15:55Z
dc.date.available 2017-06-08T00:15:55Z
dc.date.copyright
dc.date.issued 2017-02-09
dc.identifier.isbn 11105017
dc.identifier.isbn 11105017
dc.identifier.issn
dc.identifier.other 02.21700099
dc.identifier.uri
dc.description.abstract Penelitian ini dilatar belakangi oleh salah satu faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa adalah kecerdasan.Teori multiple intelligence mengungkapkan bahwa manusia memiliki delapan jenis kecerdasan.Kecerdasan verbal dan kecerdasan matematis merupakan dua dari delapan jenis kecerdasan tersebut. Berdasarkan hasil observasi awal peneliti di SMAN 1 Sungayang, diperoleh nilai hasil ujian tengah semester ganjil siswa kelas XI IPA yang diduga dipengaruhi oleh kurangnya kecerdasan verbal dan kecerdasan matematis siswa. Untuk menguji dugaan tersebut, dilakukan penelitian dengan mencari signifikansi kecerdasan verbal dan kecerdasan matematis terhadap hasil belajar matematika siswa baik secara sendiri-sendiri (parsial) maupun secara bersama-sama (simultan). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan kecerdasan verbal dan kecerdasan matematis secara parsial terhadap hasil belajar matematika siswa dan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh kecerdasan verbal dan kecerdasan matematis secara bersama-sama terhadap hasil belajar matematika siswa.Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian korelasional.Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA SMAN 1 Sungayang sebanyak 52 orang.Instrumen penelitian yaitu nilai rapor, angket kecerdasan verbal, dan angket kecerdasan matematis. Data diolah dengan cara manual, hipotesis yang diajukan diuji dengan menggunakan uji t dan uji F. Secara umum, hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kecerdasan verbal terhadap hasil belajar matematika siswa, berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai thitung sebesar 3,544 dan nilai ttabel sebesar 2,010.Diketahui nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel, maka hipotesis penelitian diterima.Terdapat pengaruh yang positif yang dan signifikan kecerdasan matematis terhadap hasil belajar matematika siswa, berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai thitung sebesar 7,586 dan nilai ttabel sebesar 2,010.Diketahui nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel, maka hipotesis penelitian diterima.Terdapat pengaruh kecerdasan verbal dan kecerdasan matematis secara bersama-sama terhadap hasil belajar matematika siswa, berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai Fhitung sebesar 51,692 dan nilai ttabel sebesar 2,010. Diketahui nilai Fhitung lebih besar dari nilai Ftabel, maka hipotesis penelitian diterima, dan besarnya pengaruh kecerdasan verbal dan kecerdasan matematis terhadap hasil belajar matematika siswa adalah sebesar 67,4% sedangkan sisanya sebesar 32,6% dipengaruhi oleh variabel lain selain kecerdasan verbal dan kecerdasan matematis.
dc.format Computer File
dc.language Indonesia
dc.publisher IAIN Batusangkar
dc.subject matematika
dc.title ANALISIS HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA BERDASARKAN KECERDASAN VERBAL DAN KECERDASAN MATEMATIS SISWA KELAS XI IPA SMAN 1 SUNGAYANG
dc.type Skripsi


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

Publikasi ini ada di koleksi berikut

  • Koleksi Skripsi
    Perpustakaan Prodi PENDIDIKAN (TADRIS) MATEMATIKA Repository

Perlihatkan publikasi sederhana

Cari Publikasi


Advanced Search

Lihat

Akunku