Fakultas | Tarbiyah dan Ilmu Keguruan |
Jurusan | PENDIDIKAN (TADRIS) BIOLOGI |
Kode Matakuliah | TIK201 |
Nama Matakuliah | Manajemen Pendidikan |
Semester | 5 |
SKS | 2 sks |
Pengampu Perkuliahan | HUSNANI, S.Pd.I, M.Pd.I. |
Peserta Perkuliahan | 1830106047 - RIFA DESRINA, 1830106048 - RINI PUTRI NINGSIH, 1830106049 - ROFIQOH ANNUM, 1830106050 - SARTIKA, 1830106051 - SEPTIA ALMAIDA, 1830106052 - SHERLY MUTHIA Z, 1830106053 - SHOLLA IHSANI IRVA, 1830106054 - SILVI ZARNI UTAMI, 1830106055 - SILVIA RAHMI, 1830106056 - SILVIA SANORA, 1830106057 - SUCI DESMAYANTI PUTRI, 1830106059 - SUTIA FIRMADHANI, 1830106060 - SYOFIANA HIDAYAT, 1830106061 - TEDI SAPUTRA, 1830106063 - VALEN VANISA AINUN NAJIB, 1830106064 - WAFI AZIZA, 1830106065 - WIDYA MARIANI, 1830106068 - YULIA LESTARI |
Peningkatan kualitas pendidikan/pembelajaran harus dilakukan dengan melibatkan semua unsure stakeholder maupun sumber daya lingkungan yang ada. Terpenuhinya kebutuhan dalam proses pendidikan/pembelajaran sangat tergantung kepada kemampuan pemerintah, masyarakat dan sekolah terutama guru dalam memanfaatkan sumberdaya yang ada. Guru sebagai ujung tombak peningkatan kualitas pendidikan perlu diberikan bekal pengetahuan yang berkaitan dengan manajemen komponen pendidikan/pembelajaran, di samping teknik dan ketrampilan dalam pembelajaran. Mata kuliah ini mensyaratkan mata kuliah Landasan/Dasar-Dasar Pendidikan, karena pada dasarnya manajemen pendidikan memberikan pengetahuan dasar manajemen komponen-komponen pendidikan/pembelajaran, agar proses pendidikan/pembelajaran dapat berlangsung efektif dan efisien.
Mahasiswa mampu menguasai konsep manajemen teori secara umum maupun dalam perspektif islam serta manfaat dan pentingnya manajemen dalam mencapai pendidikan yang berdaya saing di tangah-tengah masyarakat. Mahasiswa memiliki keterampilan dalam mengelolah dalam mengaplikasikan manajemen murid, manajemen personil, manajemen sarana prasarana, manajemen guru, manajemen layanan khusus serta manajemen organisasi. Mahasiswa diharapakan mampu dalam menganalisis SWOT untuk merancang rancangan pengembangan sekolah (RPS) untuk program jangka pendek, menengah serta jangka panjang guna pedoman bagi lembaga pendidikan untuk mencapai tujuan. Selain dari itu mahasiswa memiliki keahlian menjadi seorang leadership dalam mengatur semua sumber daya yang ada jika sudah berpartisipasi ditengah masyarakat nantinya.
Minggu ke | Indikator Capaian Pembelajaran | Bahan Kajian | Metode Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Waktu Pembelajaran | Tugas dan Penilaian | Sumber Belajar |
---|---|---|---|---|---|---|---|
1 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
2 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
3 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
4 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan tentang manajemen pendidikan dalam perspektif Islam | Pembahasan tentang manajemen pendidikan dalam perspektif Islam | Makalah, Diskusi (tanya jawab) | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab pertanyaan | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Konsep dasar manajemen pendidikan Islam, Urgensinya, dalil2, serta perbedaan manajemen umum dan manajemen Islam |
5 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
6 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
7 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
8 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 8 : UTS | Mengerjakan soal UTS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
9 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
10 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
11 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
12 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
13 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
14 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
15 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
16 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 16 : UAS | Mengerjakan soal UAS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya |
Artefak perkuliahan Matakuliah: TIK201-Manajemen Pendidikan (2 SKS), Semester: 5 18-TBIO-C, Dosen : HUSNANI, S.Pd.I, M.Pd.I., Ruang: L.STUDIO, Hari: Kamis, 07.15 s.d 08.54, Tahun Akademik: 2020/2021, Jurusan: PENDIDIKAN (TADRIS) BIOLOGI
Semua hak cipta dilindungi oleh Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar