Publikasi IAIN Batusangkar

PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) BERBASIS INTEGRASI MATEMATIKA-ISLAM PADA MATERI BILANGAN BULAT DI PONDOK PESANTREN MODERN AL-HARBI

Perlihatkan publikasi sederhana

dc.contributor.author LISA FRANSISKA DEWITA
dc.date.accessioned 2017-06-08T00:15:57Z
dc.date.available 2017-06-08T00:15:57Z
dc.date.copyright
dc.date.issued 2017-02-09
dc.identifier.isbn 11105048
dc.identifier.isbn 11105048
dc.identifier.issn
dc.identifier.other 02.21700103
dc.identifier.uri
dc.description.abstract Pondok Pesantren Modern Al-Harbi sebagai salah satu lembaga pendidikan formal yang bercirikan Islami memiliki tanggung jawab besar dalam pendidikan nilai-nilai Islam dan pengintegrasian mata pelajaran umum dengan pengetahun agama, khususnya matematika. Visi Pondok Pesantren Modern Al-Harbi adalah membentuk pribadi muslim dan muslimah yang berkarakter mulia, beriman, berilmu, beramal, bertakwa, berkualitas dan profesional menuju ridho Illahi, berdasarkan Al-Qur’an dan sunnah. Untuk mewujudkan visi tersebut perlu pengaplikasiannya dalam proses pembelajaran. Dalam pembelajaran di kelas masih terdapat dikotomi ilmu pengetahuan, yaitu pemisahan antara ilmu agama dan ilmu umum, khususnya matematika. Selain itu, jika ditinjau dari sumber belajar yang digunakan oleh guru juga belum ada mengintegrasikan pembelajaran matematika dengan pengetahuan agama. Hal ini menunjukkan pembelajaran matematika hanya berorientasi pada kemampuan kognitif saja. Seharusnya untuk mewujudkan visi dan misi sekolah, ketiga aspek kompetensi yaitu kognitif, afektif dan psikomotor mesti diwujudkan secara berimbang. Berdasarkan hal tersebut, dibutuhkan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) sebagai sumber belajar yang berbasis integrasi matematika-Islam. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan. Rancangan penelitian pengembangan ini terdiri dua tahap yaitu: (1) Analisis Muka-Belakang (Front-End Analysis), tahap analisis muka-belakang dilakukan untuk mendapatkan gambaran kondisi di lapangan, dalam tahap ini dilakukan observasi dan wawancara dengan guru, analisis sumber belajar dan bahan ajar, serta mereview literatur tentang LKS, (2) Tahap prototipe (Prototype), hasil dari analisis muka-belakang digunakan untuk merancang prototipe LKS berbasis integrasi matematika-Islam pada materi bilangan bulat. Adapun teknik pengumpulan data adalah angket. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi dan angket respon.
dc.format Computer File
dc.language Indonesia
dc.publisher IAIN Batusangkar
dc.subject matematika
dc.title PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) BERBASIS INTEGRASI MATEMATIKA-ISLAM PADA MATERI BILANGAN BULAT DI PONDOK PESANTREN MODERN AL-HARBI
dc.type Skripsi


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

Publikasi ini ada di koleksi berikut

  • Koleksi Skripsi
    Perpustakaan Prodi PENDIDIKAN (TADRIS) MATEMATIKA Repository

Perlihatkan publikasi sederhana

Cari Publikasi


Advanced Search

Lihat

Akunku