Fakultas | Tarbiyah dan Ilmu Keguruan |
Jurusan | MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM |
Kode Matakuliah | MPI414 |
Nama Matakuliah | Metodologi Penelitian MPI II |
Semester | 5 |
SKS | 3 sks |
Pengampu Perkuliahan | Dr. Hj. DEMINA, M.Pd. |
Peserta Perkuliahan | 1730103024 - HEICA RAHMATU CHINDY, 1830103001 - ADLI AL-FAJRI, 1830103002 - AGNES YULIA ROSA, 1830103003 - AHDA MIFTAHURRAHMAH, 1830103005 - AMRULLAH, 1830103006 - ANDREA PUTRI, 1830103007 - ANGGYA DARA HARTONIF, 1830103008 - ANNISA OKTAFIA, 1830103011 - ARJUNI WIDIA SARI, 1830103013 - ASRI OKTAVIA NELA, 1830103014 - AULIA RAHMI KHALID, 1830103015 - BAIHAQI AHMAD HIDAYAT, 1830103016 - DESI YUNENGSI, 1830103017 - DESTI SUMBAWATI, 1830103018 - DILA NOVIA, 1830103020 - ELSA KRISMAWATI, 1830103021 - ERMAYATI YUSA, 1830103024 - FITRI RAHMAWATI, 1830103025 - FRANSISKA, 1830103026 - HAFIFAH HANNUM, 1830103047 - NUR SAKINAH |
Deskripsi Matakuliah : Untuk mewujudkan pergurun tinggi berbasis riset dan penerapan kurikulum Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia/ KKNI mata kuliah riset menjadi gerbang awal dalam proses pembelajarannya. Metode Penelitian II MPI merupakan salah satu mata kuliah lanjutan dalam metode penelitian 1, yang harus diambil oleh mahasiswa jurusan Manajemen Pendidikan Islam (MPI) pada Institut Agama Islam Negeri Batusangkar. Mata kuliah ini membahas berbagai konsep, teori, proses implementasi dan evaluasi dalam metode Penelitian Manajemen Pendidikan Islam yang difokuskan pada metode penelitian kualitatif .
Perkuliahan dilakukan selama satu semester yang terdiri dari (1). Pertemuan tatap muka dan diskusi, dan Daring (2).tugas dan ujian. Proses perkuliahan bersifat student center dimana mahasiswa lebih banyak mencari, menemukan dan menganalisis berbagai konsep, teori , variabel, fenomena-fenomena yang ada dilapangan. Untuk mengikuti perkuliahan kehadiran mahasiswa mengikuti perkuliahan minimal 80%. Dalam proses perkuliahan daring mahasiswa dituntut berperan aktif melalui diskusi, mengerjakan tugas-tugas individual dan mempelajarinya serta mempresentasikannya. Nilai akhir ditetapkan berdasarkan partisipasi dalam perkuliahan, tugas-tugas dan hasil ujian.
3. Capaian Pembelajaran Program Studi sesuai Mata Kuliah
CPMK Perkualihan metode penelitian mahasiswa mampu melahirkan proposal penelitian kualitatif sebagai bahan dan kajian untuk bisa dilanjutkan sebagai bahan skripsinya.
4. Capaian Pembelajaran Matakuliah
1. Mahasiswa mampu menemukan konsep, teori dan indikator
2. Mahasiswa mampu mengamati fenomena dilapangan
3. Mahasiswa mampu merancang penelitian dan instrument penelitian
4. Mahasiswa mampu melakukan praktek dan teknik pengumpulan data.
5. Mahasiswa mampu menarasikan dan mendeskripsikan temuan penelitiannya
6. Mahasiswa mampu merancang proposal penelitian untuk skripsi
Minggu ke | Indikator Capaian Pembelajaran | Bahan Kajian | Metode Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Waktu Pembelajaran | Tugas dan Penilaian | Sumber Belajar |
---|---|---|---|---|---|---|---|
1 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang kontrak perkuliahan, serta rencana pembelajaran pengertian penelitian / metode/research, hubungan ilmu dan penelitian, karakteristik riset kualitatif perbedaan riset kuali dan kuanti |
tatap muka/diskusi | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Pembahasan tentang pengertian penelitian / metode/research, hubungan ilmu dan penelitian, karakteristik riset kualitatif perbedaan riset kuali dan kuanti |
2 | Mahasiswa mampu Perbedaan kualitatif dengan kuantitatif Karakteristik penelitian kualitatif Dasar teoritis penelitian kualitatif menjelaskan dan mendikusikan .... |
Pembahasan tentang Pradigma penelitian kualitatif | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
3 | Mahasiswa mampu menelaah Studi kepustakaan /landasan teori menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang Sumber teori Macam-macam judul, masalah dan tujuan penelitian kualitatif. contoh desain riset mahasiswa masing masing. |
diskusi melalui google classroom | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | babI proposal penelitian |
4 | Mahasiswa mampu Sumber teori Macam-macam teori Konsep Variabel Indicator Data Beserta contoh masing – masing variable ma mempraktekan pengumpulan data melalui observasi menjelaskan hubungan teori dalam penelitian hubungan teori dengan variabel X dan Y masing masing dari judul mahasiswa |
Pembahasan tentang Sumber teori Macam-macam teori Konsep Variabel Indicator Data Beserta contoh masing – masing variable ma Macam macam pengamatan Pengamatan dan pencatatan data Pengamat yang diamati teori dalam penelitian |
diskusi melalui google classroom | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | babI proposal penelitian |
5 | Mahasiswa mampu Sumber teori Macam-macam teori Konsep Variabel Indicator Data Beserta contoh masing – masing variable ma mempraktekan teknik pengumpulan data kualitatif melalui wawancara menjelaskan dan mendikusikan .... |
Sumber teori Macam-macam teori Konsep Variabel Indicator Data Beserta contoh masing – masing variable ma Mencatat hasil wawancara tentangMahasiswa mampu menelaah Studi kepustakaan /landasan teori ... |
diskusi dg Google Clasroom | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Sumber teori Macam-macam teori Konsep Variabel Indicator Data Beserta contoh masing – masing variable ma |
6 | Teori dan Praktek pengumpulan data melalui observasi / pengamatan dan wawancara | Teori dan Praktek pengumpulan data melalui observasi / pengamatan dan wawancara : | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
7 | Teori dan Praktek pengumpulan data melalui observasi / pengamatan dan wawancara | Teori dan Praktek pengumpulan data melalui observasi / pengamatan dan wawancara | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
8 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 8 : UTS | Mengerjakan soal UTS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
9 | Pengertian dan kegunaan Bentuk dan model Isi catatan lapangan Proses penulisan dan pemaketan catatan lapangan |
Catatan Lapangan | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
10 | Mahasiswa mampu reduksi data , penyajian data, verivikasi/conglusion Pengertian Brain Storming Langkah/prosedur analisis baraimstorming Pengertian Diagram Tulang Ikan Prosedur analisis diagram tulang ikan menjelaskan dan mendikusikan .... |
Pembahasan tentang Teknik analisis data miles dan Huberman Prosedur analisisAnalisis penelitian manajemen Brain Storming Diagram Tulang Ikan |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
11 | Mahasiswa mampu 1. Pengertian Benchmarking 2. Langkah penelitianya 3. Pengertian FGD 4. Langkah/tahapan analisis FGD menjelaskan dan mendikusikan .... |
Pembahasan tentang Analisis penelitian manajemen Benchmarking Fokus group Diskusi |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
12 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
13 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
14 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
15 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
16 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 16 : UAS | Mengerjakan soal UAS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya |
Artefak perkuliahan Matakuliah: MPI414-Metodologi Penelitian MPI II (3 SKS), Semester: 5 18-MPI-A, Dosen : Dr. Hj. DEMINA, M.Pd., Ruang: L3.3, Hari: Kamis, 07.15 s.d 09.45, Tahun Akademik: 2020/2021, Jurusan: MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM
Semua hak cipta dilindungi oleh Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar