Publikasi IAIN Batusangkar

MPI414-Metodologi Penelitian MPI II (3 SKS) 5 18-MPI-A Dr. Hj. DEMINA, M.Pd. L3.3, Kamis, 07.15 s.d 09.45 2020/2021

MPI414-Metodologi Penelitian MPI II (3 SKS) 5 18-MPI-A Dr. Hj. DEMINA, M.Pd. L3.3, Kamis, 07.15 s.d 09.45 2020/2021

 

1. Identitas Matakuliah

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
Jurusan MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM
Kode Matakuliah MPI414
Nama Matakuliah Metodologi Penelitian MPI II
Semester 5
SKS 3 sks
Pengampu Perkuliahan Dr. Hj. DEMINA, M.Pd.
Peserta Perkuliahan 1730103024 - HEICA RAHMATU CHINDY,
1830103001 - ADLI AL-FAJRI,
1830103002 - AGNES YULIA ROSA,
1830103003 - AHDA MIFTAHURRAHMAH,
1830103005 - AMRULLAH,
1830103006 - ANDREA PUTRI,
1830103007 - ANGGYA DARA HARTONIF,
1830103008 - ANNISA OKTAFIA,
1830103011 - ARJUNI WIDIA SARI,
1830103013 - ASRI OKTAVIA NELA,
1830103014 - AULIA RAHMI KHALID,
1830103015 - BAIHAQI AHMAD HIDAYAT,
1830103016 - DESI YUNENGSI,
1830103017 - DESTI SUMBAWATI,
1830103018 - DILA NOVIA,
1830103020 - ELSA KRISMAWATI,
1830103021 - ERMAYATI YUSA,
1830103024 - FITRI RAHMAWATI,
1830103025 - FRANSISKA,
1830103026 - HAFIFAH HANNUM,
1830103047 - NUR SAKINAH

2. Deskripsi Pembelajaran

Deskripsi Matakuliah : Untuk mewujudkan pergurun tinggi berbasis riset dan penerapan kurikulum Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia/ KKNI mata kuliah riset menjadi gerbang awal dalam proses pembelajarannya. Metode Penelitian II MPI merupakan salah satu mata kuliah lanjutan dalam metode penelitian 1, yang harus diambil oleh mahasiswa jurusan Manajemen Pendidikan Islam (MPI) pada Institut Agama Islam Negeri Batusangkar. Mata kuliah ini membahas berbagai konsep, teori, proses implementasi dan evaluasi dalam metode Penelitian Manajemen Pendidikan Islam yang difokuskan pada metode penelitian kualitatif .
Perkuliahan dilakukan selama satu semester yang terdiri dari (1). Pertemuan tatap muka dan diskusi, dan Daring (2).tugas dan ujian. Proses perkuliahan bersifat student center dimana mahasiswa lebih banyak mencari, menemukan dan menganalisis berbagai konsep, teori , variabel, fenomena-fenomena yang ada dilapangan. Untuk mengikuti perkuliahan kehadiran mahasiswa mengikuti perkuliahan minimal 80%. Dalam proses perkuliahan daring mahasiswa dituntut berperan aktif melalui diskusi, mengerjakan tugas-tugas individual dan mempelajarinya serta mempresentasikannya. Nilai akhir ditetapkan berdasarkan partisipasi dalam perkuliahan, tugas-tugas dan hasil ujian.

3. Capaian / Kompetensi

3. Capaian Pembelajaran Program Studi sesuai Mata Kuliah
CPMK Perkualihan metode penelitian mahasiswa mampu melahirkan proposal penelitian kualitatif sebagai bahan dan kajian untuk bisa dilanjutkan sebagai bahan skripsinya.

4. Capaian Pembelajaran Matakuliah

1. Mahasiswa mampu menemukan konsep, teori dan indikator
2. Mahasiswa mampu mengamati fenomena dilapangan
3. Mahasiswa mampu merancang penelitian dan instrument penelitian
4. Mahasiswa mampu melakukan praktek dan teknik pengumpulan data.
5. Mahasiswa mampu menarasikan dan mendeskripsikan temuan penelitiannya
6. Mahasiswa mampu merancang proposal penelitian untuk skripsi

4. Rencana Pembelajaran

Minggu ke Indikator Capaian Pembelajaran Bahan Kajian Metode Pembelajaran Pengalaman Belajar Waktu Pembelajaran Tugas dan Penilaian Sumber Belajar
1 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang kontrak perkuliahan, serta rencana pembelajaran
pengertian penelitian / metode/research, hubungan ilmu dan penelitian, karakteristik riset kualitatif perbedaan riset kuali dan kuanti
tatap muka/diskusi Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Pembahasan tentang
pengertian penelitian / metode/research, hubungan ilmu dan penelitian, karakteristik riset kualitatif perbedaan riset kuali dan kuanti
2 Mahasiswa mampu Perbedaan kualitatif dengan kuantitatif
Karakteristik penelitian kualitatif
Dasar teoritis penelitian kualitatif
menjelaskan dan mendikusikan ....
Pembahasan tentang Pradigma penelitian kualitatif Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
3 Mahasiswa mampu menelaah Studi kepustakaan /landasan teori menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang Sumber teori
Macam-macam
judul, masalah dan tujuan penelitian kualitatif. contoh desain riset mahasiswa masing masing.
diskusi melalui google classroom Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya babI proposal penelitian
4 Mahasiswa mampu Sumber teori
Macam-macam
teori
Konsep
Variabel
Indicator
Data

Beserta contoh masing – masing variable ma
mempraktekan pengumpulan data melalui observasi menjelaskan hubungan teori dalam penelitian
hubungan teori dengan variabel X dan Y masing masing dari judul mahasiswa
Pembahasan tentang Sumber teori
Macam-macam
teori
Konsep
Variabel
Indicator
Data

Beserta contoh masing – masing variable ma
Macam macam pengamatan
Pengamatan dan pencatatan data
Pengamat yang diamati
teori dalam penelitian
diskusi melalui google classroom Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya babI proposal penelitian
5 Mahasiswa mampu Sumber teori
Macam-macam
teori
Konsep
Variabel
Indicator
Data

Beserta contoh masing – masing variable ma
mempraktekan teknik pengumpulan data kualitatif melalui wawancara menjelaskan dan mendikusikan ....
Sumber teori
Macam-macam
teori
Konsep
Variabel
Indicator
Data

Beserta contoh masing – masing variable ma

Mencatat hasil wawancara
tentangMahasiswa mampu menelaah Studi kepustakaan /landasan teori ...
diskusi dg Google Clasroom Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Sumber teori
Macam-macam
teori
Konsep
Variabel
Indicator
Data

Beserta contoh masing – masing variable ma
6 Teori dan Praktek pengumpulan data melalui observasi / pengamatan dan wawancara Teori dan Praktek pengumpulan data melalui observasi / pengamatan dan wawancara : Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
7 Teori dan Praktek pengumpulan data melalui observasi / pengamatan dan wawancara Teori dan Praktek pengumpulan data melalui observasi / pengamatan dan wawancara Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
8 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... 8 : UTS Mengerjakan soal UTS Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
9 Pengertian dan kegunaan
Bentuk dan model
Isi catatan lapangan
Proses penulisan dan pemaketan catatan lapangan
Catatan Lapangan Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
10 Mahasiswa mampu reduksi data ,
penyajian data,
verivikasi/conglusion
Pengertian Brain Storming
Langkah/prosedur analisis baraimstorming
Pengertian Diagram Tulang Ikan
Prosedur analisis diagram tulang ikan
menjelaskan dan mendikusikan ....
Pembahasan tentang Teknik analisis data miles dan Huberman Prosedur analisisAnalisis penelitian manajemen
Brain Storming
Diagram Tulang Ikan
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
11 Mahasiswa mampu 1. Pengertian Benchmarking
2. Langkah penelitianya
3. Pengertian FGD
4. Langkah/tahapan analisis FGD
menjelaskan dan mendikusikan ....
Pembahasan tentang Analisis penelitian manajemen
Benchmarking
Fokus group Diskusi
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
12 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
13 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
14 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
15 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
16 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... 16 : UAS Mengerjakan soal UAS Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya

5. Daftar Rujukan







    News

    Artefak perkuliahan Matakuliah: MPI414-Metodologi Penelitian MPI II (3 SKS), Semester: 5 18-MPI-A, Dosen : Dr. Hj. DEMINA, M.Pd., Ruang: L3.3, Hari: Kamis, 07.15 s.d 09.45, Tahun Akademik: 2020/2021, Jurusan: MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM

Pengunggahan Barusan