Fakultas | Tarbiyah dan Ilmu Keguruan |
Jurusan | PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH |
Kode Matakuliah | IBS202 |
Nama Matakuliah | Bahasa Arab Li Maharatil Kalam Yaumiyah |
Semester | 1 |
SKS | 2 sks |
Pengampu Perkuliahan | MELISA REZI, S.PDI., MA |
Peserta Perkuliahan | 2030111083 - MIFTAHUL JANNAH, 2030111084 - MIFTAHUL MUFTI, 2030111085 - MIKI SAPUTRA, 2030111086 - MONICA WULANDARI, 2030111087 - MUKTI WIJAYANTI, 2030111088 - MUTAZA LATIFAH, 2030111089 - MUTIA RAMA SINTA, 2030111090 - NABILA FEBRIANTI, 2030111091 - NADILLA NGAIDIL AZIZ, 2030111092 - NA'IMATUL HUSNA, 2030111093 - NAYLATUL KHAIRA, 2030111094 - NELFI NELITA, 2030111095 - NISA GUSRIANTI, 2030111096 - NOESTI RAMADHANI, 2030111097 - NOLA IFFANASARI, 2030111098 - NOVA LISA, 2030111099 - NOVI SAPITRI, 2030111100 - NOVIA RENDA, 2030111101 - NOVREZA RAHMADANI, 2030111102 - NUR ASTRI FIFANI, 2030111103 - NUR ATIKA, 2030111104 - NURFAJRI HENDRA LISTA, 2030111105 - NURIA ARISMA, 2030111106 - ORIZA SATIFA PUTRI, 2030111107 - PRISCHA CAHYANI PUTRI, 2030111108 - PUJA HIDAYATI, 2030111109 - PUTRI DWI LATIFA, 2030111110 - PUTRI NATASYA, 2030111111 - PUTRI NOVA YANTI, 2030111112 - PUTRI SALSABILLA, 2030111113 - PUTRI SANDELA, 2030111114 - PUTRI SEPTIANA DEWI, 2030111115 - RADIFA ULYA, 2030111116 - RADIKA, 2030111117 - RAHMA YANTI, 2030111118 - RAHMA YUNITA, 2030111119 - RAHMAD PAJAR, 2030111120 - RAHMI SUCI ILLAHI, 2030111121 - REFDINAL ARIF, 2030111122 - REGINA PUTRI, 2030111123 - RINDY ANUGRAH |
Mahasiswa mampu menguasai kosakata kosakata, pola pola struktur fungsional dan praktek dialog/ ungkapan bahasa Arab keseharian
Mampu berkomunikasi bahasa Arab keseharian dengan baik
Minggu ke | Indikator Capaian Pembelajaran | Bahan Kajian | Metode Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Waktu Pembelajaran | Tugas dan Penilaian | Sumber Belajar |
---|---|---|---|---|---|---|---|
1 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan kontrak perkuliahan dan tugas yang diberikan | Pembahasan tentang pengantar dan kontrak perkuliahan | - Discovery Learning - Project Based Learning - Simulasi |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | Praktek dialog dan ungkapan bahasa Arab keseharian | Membuat video ungkapan/ dialog bahasa Arab | Pengantar dan Kontrak perkuliahan |
2 | a. Mengidentifikasi dan memahami kosakata tentang perkenalan b. Mengidentifikasi dan memahami dialog tentang perkenalan c. Mempraktekkan dialog baru dan menceritakan secara lisan pengalaman pribadi tentang perkenalan dengan bahasa Arab lalu di upload d. Melakukan percakapan bebas tentang perkenalan |
Pembahasan tentang perkenalan | - Discovery Learning - Project Based Learning - Simulasi |
- Mahasiswa mempelajari materi dalam bentuk pdf /rekaman yang diberikan oleh dosen - Mahasiswa mendengarkan penjelasan materi melalui video yang di upload oleh dosen - Mahasiswa menghafal mufradat tentang tema perkenalan - Mahasiswa merancang scenario cerita/ dialog sesuai kreatifitas mereka masing-masing sesuai dengan tema yang dipelajari - Mahasiswa mempraktekkannya dalam bentu video yang di upload - Mahasiswa mendiskusikannya (sesi kritik/ saran ataupun tanya jawab) dan dosen memberikan penguatan di akhir kegiatan. |
Praktek dialog perkenalan bahasa arab | a. Kretivitas dalam membuat scenario ungkapan atau dialog Bahasa Arab keseharian b. Ketepatan pelafalan/ pengucapan mufradat, ungkapan, dan dialog (makharijul hurufnya) c. Kelancaran dalam komunikasi lisan d. Ekspresi komunikasi dan property yang digunakan |
Perkenalan |
3 | a. Mengidentifikasi dan memahami kosakata tentang Angka dan Jam b. Mengidentifikasi dan memahami dialog tentang Angka dan Jam c. Mempraktekkan dialog baru dan menceritakan secara lisan pengalaman pribadi tentang Angka dan Jam dengan bahasa Arab lalu di upload d. Melakukan percakapan bebas tentang Angka dan Jam |
Pembahasan tentang angka | - Discovery Learning - Project Based Learning - Simulasi |
- Mahasiswa mempelajari materi dalam bentuk pdf /rekaman yang diberikan oleh dosen - Mahasiswa mendengarkan penjelasan materi melalui video yang di upload oleh dosen - Mahasiswa menghafal mufradat tentang tema Angka dan Jam - Mahasiswa merancang scenario cerita/ dialog sesuai kreatifitas mereka masing-masing sesuai dengan tema yang dipelajari - Mahasiswa mempraktekkannya dalam bentu video yang di upload - Mahasiswa mendiskusikannya (sesi kritik/ saran ataupun tanya jawab) dan dosen memberikan penguatan di akhir kegiatan. |
Praktek ungkapan dan dialog angka | a. Kretivitas dalam membuat scenario ungkapan atau dialog Bahasa Arab keseharian b. Ketepatan pelafalan/ pengucapan mufradat, ungkapan, dan dialog (makharijul hurufnya) c. Kelancaran dalam komunikasi lisan d. Ekspresi komunikasi dan property yang digunakan |
Angka |
4 | a. Mengidentifikasi dan memahami kosakata tentang Angka dan Jam b. Mengidentifikasi dan memahami dialog tentang Angka dan Jam c. Mempraktekkan dialog baru dan menceritakan secara lisan pengalaman pribadi tentang Angka dan Jam dengan bahasa Arab lalu di upload d. Melakukan percakapan bebas tentang Angka dan Jam |
Pembahasan tentang jam | - Discovery Learning - Project Based Learning - Simulasi |
- Mahasiswa mempelajari materi dalam bentuk pdf /rekaman yang diberikan oleh dosen - Mahasiswa mendengarkan penjelasan materi melalui video yang di upload oleh dosen - Mahasiswa menghafal mufradat tentang tema Angka dan Jam - Mahasiswa merancang scenario cerita/ dialog sesuai kreatifitas mereka masing-masing sesuai dengan tema yang dipelajari - Mahasiswa mempraktekkannya dalam bentu video yang di upload - Mahasiswa mendiskusikannya (sesi kritik/ saran ataupun tanya jawab) dan dosen memberikan penguatan di akhir kegiatan. |
2 x 50 menit | a. Kretivitas dalam membuat scenario ungkapan atau dialog Bahasa Arab keseharian b. Ketepatan pelafalan/ pengucapan mufradat, ungkapan, dan dialog (makharijul hurufnya) c. Kelancaran dalam komunikasi lisan d. Ekspresi komunikasi dan property yang digunakan |
Jam |
5 | a. Mengidentifikasi dan memahami kosakata tentang keluarga b. Mengidentifikasi dan memahami dialog tentang keluarga c. Mempraktekkan dialog baru dan menceritakan secara lisan pengalaman pribadi tentang keluarga dengan bahasa Arab lalu di upload d. Melakukan percakapan bebas tentang keluarga |
Pembahasan tentang keluarga | - Discovery Learning - Project Based Learning - Simulasi |
- Mahasiswa mempelajari materi dalam bentuk pdf /rekaman yang diberikan oleh dosen - Mahasiswa mendengarkan penjelasan materi melalui video yang di upload oleh dosen - Mahasiswa menghafal mufradat tentang tema keluarga - Mahasiswa merancang scenario cerita/ dialog sesuai kreatifitas mereka masing-masing sesuai dengan tema yang dipelajari - Mahasiswa mempraktekkannya dalam bentu video yang di upload - Mahasiswa mendiskusikannya (sesi kritik/ saran ataupun tanya jawab) dan dosen memberikan penguatan di akhir kegiatan. |
2 x 50 menit | a. Kretivitas dalam membuat scenario ungkapan atau dialog Bahasa Arab keseharian b. Ketepatan pelafalan/ pengucapan mufradat, ungkapan, dan dialog (makharijul hurufnya) c. Kelancaran dalam komunikasi lisan d. Ekspresi komunikasi dan property yang digunakan |
Keluarga Biku al Arabiyyah Baina Yadaik |
6 | a. Mengidentifikasi dan memahami kosakata tentang tempat tinggal b. Mengidentifikasi dan memahami dialog tentang tempat tinggal c. Mempraktekkan dialog baru dan menceritakan secara lisan pengalaman pribadi tentang tempat tinggal dengan bahasa Arab lalu di upload d. Melakukan percakapan bebas tentang tempat tinggal |
Pembahasan tentang tempat tinggal | - Discovery Learning - Project Based Learning - Simulasi |
- Mahasiswa mempelajari materi dalam bentuk pdf /rekaman yang diberikan oleh dosen - Mahasiswa mendengarkan penjelasan materi melalui video yang di upload oleh dosen - Mahasiswa menghafal mufradat tentang tema tempat tinggal - Mahasiswa merancang scenario cerita/ dialog sesuai kreatifitas mereka masing-masing sesuai dengan tema yang dipelajari - Mahasiswa mempraktekkannya dalam bentu video yang di upload - Mahasiswa mendiskusikannya (sesi kritik/ saran ataupun tanya jawab) dan dosen memberikan penguatan di akhir kegiatan. |
2 x 50 menit | a. Kretivitas dalam membuat scenario ungkapan atau dialog Bahasa Arab keseharian b. Ketepatan pelafalan/ pengucapan mufradat, ungkapan, dan dialog (makharijul hurufnya) c. Kelancaran dalam komunikasi lisan d. Ekspresi komunikasi dan property yang digunakan |
Tempat Tinggal |
7 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang kegiatan sehari hari | - Discovery Learning - Project Based Learning - Simulasi |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Kegiatan SEhari-hari |
8 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 8 : UTS | Mengerjakan soal UTS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
9 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | - Discovery Learning - Project Based Learning - Simulasi |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
10 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | - Discovery Learning - Project Based Learning - Simulasi |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
11 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | - Discovery Learning - Project Based Learning - Simulasi |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
12 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | - Discovery Learning - Project Based Learning - Simulasi |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
13 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | - Discovery Learning - Project Based Learning - Simulasi |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
14 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | - Discovery Learning - Project Based Learning - Simulasi |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
15 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | - Discovery Learning - Project Based Learning - Simulasi |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
16 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 16 : UAS | Mengerjakan soal UAS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya |
Artefak perkuliahan Matakuliah: IBS202-Bahasa Arab Li Maharatil Kalam Yaumiyah (2 SKS), Semester: 1 20-PGMI-C, Dosen : MELISA REZI, S.PDI., MA, Ruang: L2.5, Hari: Kamis, 07.15 s.d 08.55, Tahun Akademik: 2020/2021, Jurusan: PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH
Semua hak cipta dilindungi oleh Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar