Perlihatkan publikasi sederhana
dc.contributor.author | Latifah Chairina | |
dc.date.accessioned | 2017-06-08T00:15:57Z | |
dc.date.available | 2017-06-08T00:15:57Z | |
dc.date.copyright | ||
dc.date.issued | 2017-02-09 | |
dc.identifier.isbn | 11105011 | |
dc.identifier.isbn | 11105011 | |
dc.identifier.issn | ||
dc.identifier.other | 02.21700104 | |
dc.identifier.uri | ||
dc.description.abstract | Pembahasan skripsi ini bertolak dari permasalahan yang teridentifikasi dalam pembelajaran Matematika di SMPN 1 Batusangkar, yaitu sulitnya peserta didik dalam memahami materi matematika pada buku paket kurikulum 2013, dan media yang digunakan oleh guru untuk menjelaskan materi tidak bervariasi. Hal ini mengakibatkan kurangnya minat baca dan interaksi peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran sehingga berpengaruh terhadap kemampuan peserta didik dalam memahami materi. Pada kurikulum 2013, guru diharapkan mampu mengimplementasikan setiap KI (kompetensi inti) dalam proses pembelajaran. Namun pengimplementasian KI-1(sikap spritual) dan KI-2 (sikap sosial) di dalam proses pembelajaran masih kurang terlihat, guru hanya terfokus pada pemahaman konsep peserta didik saja. Untuk mengatasi hal ini, maka diperlukan suatu inovasi dalam pembelajaran matematika, sehingga dapat meningkatkan minat belajar peserta didik serta membantu menanamkan sikap spritual dan sosial pada peserta didik. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan media pembelajaran, yaitu media komik digital interaktif pada materi perbandingan kelas VII SMP/MTs. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah validitas dan praktikalitas dari media komik digital interaktif pada materi perbandingan kelas VII SMPN 1 Batusangkar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui validitas dan praktikalitas media komik digital interaktif pada materi perbandingan di SMPN 1 Batusangkar. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang terdiri dari 3 tahap yaitu tahap define (pendefinisian), tahap design (perancangan) dan tahap develop (pengembangan). Instrumen penelitian menggunakan lembar validasi dan angket respon. Pada proses validitas, prototipe media komik digital interaktif divalidasi oleh 2 orang pakar Pendidikan Matematika dan 1 orang pakar Ilmu Teknologi di STAIN Batusangkar, dan 1 orang pakar Pendidikan Matematika di SMPN 1 Batusangkar. Pada proses praktikalitas media komik digital interaktif diuji cobakan secara terbatas pada 20 orang peserta didik kelas VII SMPN 1 Batusangkar untuk melihat keterbacaan media yang dikembangkan. Hasil penelitian ini adalah 1) Media komik digital interaktif pada materi perbandingan kelas VII SMPN 1 Batusangkar yang dirancang berada pada kategori sangat valid dengan presentase 81,7%, dari segi penggunaan IT media yang dirancang juga tergolong sangat valid dengan presentase 89,2%, dan 2) Media komik digital interaktif pada materi perbandingan kelas VII SMPN 1 Batusangkar tergolong sangat praktis dari segi keterbacaan berdasarkan penilaian dari peserta didik kelas VII SMPN 1 Batusangkar, dengan presentase 84,92%. | |
dc.format | Computer File | |
dc.language | Indonesia | |
dc.publisher | IAIN Batusangkar | |
dc.subject | matematika | |
dc.title | PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK DIGITAL INTERAKTIF PADA MATERI PERBANDINGAN KELAS VII DI SMPN 1 BATUSANGKAR | |
dc.type | Skripsi |
Files | Size | Format | View |
---|---|---|---|
There are no files associated with this item. |