Publikasi IAIN Batusangkar

ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII PADA MATERI PERSAMAAN LINIER SATU VARIABEL DI MTsN TALAWI KOTA SAWAHLUNTO

Perlihatkan publikasi sederhana

dc.contributor.author HOLANDA RAHMAT
dc.date.accessioned 2017-06-08T00:15:58Z
dc.date.available 2017-06-08T00:15:58Z
dc.date.copyright
dc.date.issued 2017-02-09
dc.identifier.isbn 11105043
dc.identifier.isbn 11105043
dc.identifier.issn
dc.identifier.other 02.21700105
dc.identifier.uri
dc.description.abstract Pembelajaran matematika mempunyai peranan yang sangat penting dalam dunia pendidikan. Pemerintah memberikan jam lebih pada mata pelajaran matematika dibandingkan mata pelajaran lain. Namun, siswa masih belum bisa menguasai materi pelajaran matematika dengan baik, siswa masih banyak mengalami kesulitan dalam memahami materi pelajaran, tidak terkecuali pada materi persamaan linier satu variabel. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis jenis-jenis kesulitan belajar matematika siswa dalam memahami objek materi persamaan linier satu variabel. Inidilakukanagargurudapatmengetahui letakkesulitansiswadalampenguasaanmateri persamaan linier satu variabel, sehinggagurudapatmeminimalisirkesalahan–kesalahansiswadalammenyelesaikanpersoalanyang berhubungan dengan materi persamaan linier satu variabel. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitiannya adalah seluruh siswa kelas VII yang nilainya di bawah kriteria ketuntasan minimal. Untuk pemilihan subjek wawancara didasarkan pada hasil tes diagnostik. Siswa yang terpilih sebagai subjek wawancara adalah sebanyak 5 orang yang memenuhi kebutuhan data. Data yang terkumpul dianalisis dengan prosedur tabulasi data, analisis hasil tes, mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Setelah itu, dilakukan validasi dengan menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa terdapat 3 jenis kesulitan siswa dalam memahami materi persamaan linier satu variabel, yaitu kesulitan fakta, konsep, dan prosedur. Kesulitan fakta terlihat dari kesalahan siswa dalam memahami simbol. Kesulitan konsep terlihat dari belum mampunya siswa merubah kalimat kedalam kalimat matematika dan siswa salah dalam menyebutkan definisi-definsi dalam materi persamaan linier satu variabel. Kesulitan prosedur terlihat dari banyaknya siswa yang keliru dalam penggunaan proses dan perhitungan.
dc.format Computer File
dc.language Indonesia
dc.publisher IAIN Batusangkar
dc.subject matematika
dc.title ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII PADA MATERI PERSAMAAN LINIER SATU VARIABEL DI MTsN TALAWI KOTA SAWAHLUNTO
dc.type Skripsi


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

Publikasi ini ada di koleksi berikut

  • Koleksi Skripsi
    Perpustakaan Prodi PENDIDIKAN (TADRIS) MATEMATIKA Repository

Perlihatkan publikasi sederhana

Cari Publikasi


Advanced Search

Lihat

Akunku