Abstract:
Bertitik tolak pada proses pembelajaran yang belum melibatkan keaktifan dan kekreatifan siswa, perlunya bahan ajar yang dapat mengaktifkan siswa dalam proses pembelajaran, sulitnya siswa dalam memahami buku teks dan belum adanya LKS berbasis PAIKEM di SMAN 1 Talamau, maka peneliti mengembangkan LKS berbasis PAIKEM pada materi sistem persamaan linear dan pertidaksamaan satu variabel untuk SMA kelas X semester I. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKS berbasis PAIKEM yang valid dan praktis untuk siswa kelas X semester I di SMAN 1 Talamau.
Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan (research development), dengan rancangan penelitian mengacu kepada model 4-D. Namun Penelitian ini hanya dilaksanakan tiga tahap yaitu: pendefinisian (define), perancangan (design), dan pengembangan (develop). Pada tahap pendefenisian kegiatan yang dilakukan meliputi wawancara dengan guru matematika SMA, menganalisis silabus pembelajaran semester satu, analisis kebutuhan siswa dan menganalisis buku teks matematika. Pada tahap perancangan, LKS dirancang berdasarkan hasil pendefinisian. Pada tahap pengembangan dilakukan dua langkah, yaitu: 1) validasi LKS oleh validator, 2) melakukan ujicoba terbatas untuk melihat praktikalitas LKS.
Validasi LKS dilakukan oleh tiga orang pakar yaitu 2 orang pakar matematika dan 1 orang pakar pendidikan dengan hasil validasi 79,29% dengan kategori valid. Uji praktikalitas dilakukan pada SMAN 1 Talamau yang melibatkan 1 orang guru sebagai observer dan 31 orang siswa kelas X SMAN 1 Talamau. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Dalam penelitian ini telah dapat dirancang LKS matematika berbasis PAIKEM yang sesuai dengan langkah pembelajaran PAIKEM. LKS berisi ringkasan materi, contoh soal, aktivitas siswa, inovatif siswa, kreativitas siswa, efektifitas siswa, teka-teki silang matematika, dan lembar evaluasi. (2) Hasil validasi terhadap LKS berbasis PAIKEM yang dikembangkan untuk kelas X semester I adalah valid. (3) Hasil uji coba yang dilakukan di kelas X1 SMAN 1 Talamau Kab. Pasaman Barat menunjukkan bahwa LKS telah memenuhi kriteria praktikalitas yaitu dapat dipakai dan dilaksanakan dalam proses pembelajaran. Persentase angket siswa 82,89% dan angket guru 94,23% dengan nilai kepraktisan sangat praktis.