Fakultas | Tarbiyah dan Ilmu Keguruan |
Jurusan | PENDIDIKAN (TADRIS) FISIKA |
Kode Matakuliah | FIS304 |
Nama Matakuliah | Analisis Materi Fisika Sekolah 1 |
Semester | 3 |
SKS | 2 sks |
Pengampu Perkuliahan | NOVIA LIZELWATI, M.PFIS. |
Peserta Perkuliahan | 1930107001 - ANISA HAFIFAH, 1930107002 - ANNISA ZAHRA AHDALIZA, 1930107003 - ARI IRAWAN, 1930107004 - AYU SUNDARI, 1930107005 - DEDEN SUKMA JULIANTO, 1930107006 - DEVI MULYA SARI, 1930107007 - DWI MULYA PUTRI, 1930107008 - DZATIL FADHILAH, 1930107009 - ENNI YUSNITA FIRDAUS, 1930107010 - INDAH MAIMUNAH, 1930107011 - INTAN YOLANDA FASITA, 1930107012 - NUR ALIZA, 1930107013 - PERA AGUSTIA PUTRI, 1930107014 - RIRIN ANDRIANI, 1930107015 - SOFIA SOBRIA WINDA, 1930107017 - USWATUN HASANAH, 1930107018 - WINA PEPRIANI, 1930107019 - YOVEL RAMADANI, 1930107021 - ZULHIDAYATI RAHMADANIS |
Mata kuliah analisis materi membahas tentang materi ajar fisika kelas x SMA, dan menganalisis miskonsepsi yang sering terjadi pada siswa khususnya materi kelas x sma
Mahasiswa mampu menganalisis konsep penting materi fisika sekolah tingkatan kelas x SMA berdasarkan 4 dimensi pengetahuan ( faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif), serta menganalisis miskonsepsi yang sering dialami siswa pada materi kelas x SMA
Minggu ke | Indikator Capaian Pembelajaran | Bahan Kajian | Metode Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Waktu Pembelajaran | Tugas dan Penilaian | Sumber Belajar |
---|---|---|---|---|---|---|---|
1 | kontrak kuliah | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, | 2 x 50 menit | ||||
2 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
3 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang Analisis Mampu menganalisis hubungan antara tujuan pembelajaran, dikaitkan dengan konten, proses dan evaluasi pembelajaran | diskusi | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | SKL, KI, KD, Tujuan, materi, proses Dan evaluasi Pembelajaran fisika yang terdapat dalam BSNP pendidikan nasional Indonesia (tentang standar isi, standar proses, dan standar penilaian) |
4 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Mampu mengimplemen tujuan pembelajaran fisika dalam merumuskan 4 dimensi pengetahuan dan 6 tingkatan proses kognitif dalam pembelajaran fisika | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Komponen, format, hakekat, langkah pengembangan 4 dimensi pengetahuan (pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif), dan 6 tingkatan proses kognitif dalam pembelajaran fisika |
|
5 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang miskonsepsi materi besaran dan pengukuran, penjumlahan vektor. | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
6 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang miskonsepsi materi kinematika, dinamika | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
7 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
8 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 8 : UTS | Mengerjakan soal UTS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
9 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
10 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
11 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
12 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
13 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
14 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
15 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
16 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 16 : UAS | Mengerjakan soal UAS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya |
Artefak perkuliahan Matakuliah: FIS304-Analisis Materi Fisika Sekolah 1 (2 SKS), Semester: 3 19-TFIS-A, Dosen : NOVIA LIZELWATI, M.PFIS., Ruang: L3.4, Hari: Kamis, 08.55 s.d 10.35, Tahun Akademik: 2020/2021, Jurusan: PENDIDIKAN (TADRIS) FISIKA
Semua hak cipta dilindungi oleh Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar