Fakultas | Tarbiyah dan Ilmu Keguruan |
Jurusan | PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH |
Kode Matakuliah | IBS202 |
Nama Matakuliah | Bahasa Arab Li Maharatil Kalam Yaumiyah |
Semester | 1 |
SKS | 2 sks |
Pengampu Perkuliahan | MELISA REZI, S.PDI., MA |
Peserta Perkuliahan | 2030111042 - FARIS ZAKI ALQOLBI, 2030111043 - FAUZA, 2030111044 - FEBRIKA ANWAR, 2030111045 - FIONIZA RAHMATILLAH ZIKRA, 2030111046 - FITRI NASHITO, 2030111047 - FITRIA SISKA, 2030111048 - FRISKA MEGA PUTRI, 2030111049 - GABY NURSIMA NELWAN, 2030111050 - GEA AMANDA, 2030111051 - GEBRIELA AZZAHRA, 2030111052 - GHINA ZAHARA, 2030111053 - GUSTI DELVICHA, 2030111054 - HAFIFAH SEPTI ANIKA, 2030111055 - HAIRANI, 2030111056 - HAMAT, 2030111057 - HANIFA, 2030111058 - HERLINDA SAPITRI, 2030111059 - HIDAYATUR RAHMI, 2030111060 - IKHWANUL HASAN, 2030111061 - ILMI KHAIRO, 2030111062 - KESSY ELFIRA, 2030111063 - KHAIRANI ZAHARA, 2030111064 - KURNIA APRILIANTI, 2030111065 - LAILATUL FITRI, 2030111066 - LATHIFAH HUSNI, 2030111067 - LATIFA ANISA, 2030111068 - LESTARI RAHMADANI, 2030111069 - LIDYA RAHMADHANI, 2030111070 - LILI RAMIDAS, 2030111071 - LISA NONA PITRI, 2030111072 - LUVI ELDA PUTRI, 2030111073 - M. DANDI SUHUD, 2030111074 - MAISIL VELLA SAFITRI, 2030111075 - MARDINA HAFIZAH, 2030111076 - MAYSAH PUTRI, 2030111077 - MELIZA SILVI, 2030111078 - MELLA PUSPITA, 2030111079 - MELSA ORTAFIOLA, 2030111080 - MESRA WINDA, 2030111081 - MIFTAHUL JANAH, 2030111082 - MIFTAHUL JANNAH |
Membekali mahasiswa dengan kosakata-kosakata keseharian, pola-pola struktur fungsional dan dialog-dialog sederhana dengan tema keseharian
Mahasiswa mampu berkomunikasi bahasa Arab dengan tema-tema keseharian
Minggu ke | Indikator Capaian Pembelajaran | Bahan Kajian | Metode Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Waktu Pembelajaran | Tugas dan Penilaian | Sumber Belajar |
---|---|---|---|---|---|---|---|
1 | Menguasai dan melaksanakan kontrak kuliah dan rincian RPS dengan baik dan benar | Pembahasan tentang Pengantar dan Kontrak Pekuliahan | - Discovery Learning - Project Based Learning - Simulasi |
- Mahasiswa berkemampuan menata diri untuk menyusun agenda perkuliahan dan melaksanakan tugas terstruktur dan mandiri selama masa perkuliahan | 2 x 50 menit | Menguasai dan melaksanakan kontrak kuliah dan rincian RPS dengan baik dan benar | RPS |
2 | a. Mengidentifikasi dan memahami kosakata tentang perkenalan b. Mengidentifikasi dan memahami dialog tentang perkenalan c. Mempraktekkan dialog baru dan menceritakan secara lisan pengalaman pribadi tentang perkenalan dengan bahasa Arab lalu di upload d. Melakukan percakapan bebas tentang perkenalan |
Pembahasan tentang Perkenalan dalam Bahasa Arab | - Discovery Learning - Project Based Learning - Simulasi |
- Mahasiswa mempelajari materi dalam bentuk pdf /rekaman yang diberikan oleh dosen - Mahasiswa mendengarkan penjelasan materi melalui video yang di upload oleh dosen - Mahasiswa menghafal mufradat tentang tema perkenalan - Mahasiswa merancang scenario cerita/ dialog sesuai kreatifitas mereka masing-masing sesuai dengan tema yang dipelajari - Mahasiswa mempraktekkannya dalam bentu video yang di upload - Mahasiswa mendiskusikannya (sesi kritik/ saran ataupun tanya jawab) dan dosen memberikan penguatan di akhir kegiatan. |
2 x 50 menit | a. Kretivitas dalam membuat scenario ungkapan atau dialog Bahasa Arab keseharian b. Ketepatan pelafalan/ pengucapan mufradat, ungkapan, dan dialog (makharijul hurufnya) c. Kelancaran dalam komunikasi lisan d. Ekspresi komunikasi dan property yang digunakan |
Perkenalan |
3 | a. Kretivitas dalam membuat scenario ungkapan atau dialog Bahasa Arab keseharian b. Ketepatan pelafalan/ pengucapan mufradat, ungkapan, dan dialog (makharijul hurufnya) c. Kelancaran dalam komunikasi lisan d. Ekspresi komunikasi dan property yang digunakan |
Pembahasan tentang Angka | - Discovery Learning - Project Based Learning - Simulasi |
Menyimak, Mengamati, Mendisk- Mahasiswa mempelajari materi dalam bentuk pdf /rekaman yang diberikan oleh dosen - Mahasiswa mendengarkan penjelasan materi melalui video yang di upload oleh dosen - Mahasiswa menghafal mufradat tentang tema Angka dan Jam - Mahasiswa merancang scenario cerita/ dialog sesuai kreatifitas mereka masing-masing sesuai dengan tema yang dipelajari - Mahasiswa mempraktekkannya dalam bentu video yang di upload - Mahasiswa mendiskusikannya (sesi kritik/ saran ataupun tanya jawab) dan dosen memberikan penguatan di akhir kegiatan.usikan, dan Menjawab soal |
berhitung dalam bahasa Arab | a. Kretivitas dalam membuat scenario ungkapan atau dialog Bahasa Arab keseharian b. Ketepatan pelafalan/ pengucapan mufradat, ungkapan, dan dialog (makharijul hurufnya) c. Kelancaran dalam komunikasi lisan d. Ekspresi komunikasi dan property yang digunakan |
Angka |
4 | a. Mengidentifikasi dan memahami kosakata tentang Angka dan Jam b. Mengidentifikasi dan memahami dialog tentang Angka dan Jam c. Mempraktekkan dialog baru dan menceritakan secara lisan pengalaman pribadi tentang Angka dan Jam dengan bahasa Arab lalu di upload d. Melakukan percakapan bebas tentang Angka dan Jam |
Pembahasan tentang Jam | - Discovery Learning - Project Based Learning - Simulasi |
- Mahasiswa mempelajari materi dalam bentuk pdf /rekaman yang diberikan oleh dosen - Mahasiswa mendengarkan penjelasan materi melalui video yang di upload oleh dosen - Mahasiswa menghafal mufradat tentang tema Angka dan Jam - Mahasiswa merancang scenario cerita/ dialog sesuai kreatifitas mereka masing-masing sesuai dengan tema yang dipelajari - Mahasiswa mempraktekkannya dalam bentu video yang di upload - Mahasiswa mendiskusikannya (sesi kritik/ saran ataupun tanya jawab) dan dosen memberikan penguatan di akhir kegiatan. |
2 x 50 menit | a. Kretivitas dalam membuat scenario ungkapan atau dialog Bahasa Arab keseharian b. Ketepatan pelafalan/ pengucapan mufradat, ungkapan, dan dialog (makharijul hurufnya) c. Kelancaran dalam komunikasi lisan d. Ekspresi komunikasi dan property yang digunakan |
Jam |
5 | a. Mengidentifikasi dan memahami kosakata tentang keluarga b. Mengidentifikasi dan memahami dialog tentang keluarga c. Mempraktekkan dialog baru dan menceritakan secara lisan pengalaman pribadi tentang keluarga dengan bahasa Arab lalu di upload d. Melakukan percakapan bebas tentang keluarga |
Pembahasan tentang Keluarga | - Discovery Learning - Project Based Learning - Simulasi |
- Mahasiswa mempelajari materi dalam bentuk pdf /rekaman yang diberikan oleh dosen - Mahasiswa mendengarkan penjelasan materi melalui video yang di upload oleh dosen - Mahasiswa menghafal mufradat tentang tema keluarga - Mahasiswa merancang scenario cerita/ dialog sesuai kreatifitas mereka masing-masing sesuai dengan tema yang dipelajari - Mahasiswa mempraktekkannya dalam bentu video yang di upload - Mahasiswa mendiskusikannya (sesi kritik/ saran ataupun tanya jawab) dan dosen memberikan penguatan di akhir kegiatan. |
2 x 50 menit | a. Kretivitas dalam membuat scenario ungkapan atau dialog Bahasa Arab keseharian b. Ketepatan pelafalan/ pengucapan mufradat, ungkapan, dan dialog (makharijul hurufnya) c. Kelancaran dalam komunikasi lisan d. Ekspresi komunikasi dan property yang digunakan |
Kosakata dan Dialog tentang Keluarga Buku Arabiyah Baina Yadaik Jilid 1 |
6 | a. Mengidentifikasi dan memahami kosakata tentang tempat tinggal b. Mengidentifikasi dan memahami dialog tentang tempat tinggal c. Mempraktekkan dialog baru dan menceritakan secara lisan pengalaman pribadi tentang tempat tinggal dengan bahasa Arab lalu di upload d. Melakukan percakapan bebas tentang tempat tinggal |
Pembahasan tentang Tempat Tinggal | - Discovery Learning - Project Based Learning - Simulasi |
- Mahasiswa mempelajari materi dalam bentuk pdf /rekaman yang diberikan oleh dosen - Mahasiswa mendengarkan penjelasan materi melalui video yang di upload oleh dosen - Mahasiswa menghafal mufradat tentang tema tempat tinggal - Mahasiswa merancang scenario cerita/ dialog sesuai kreatifitas mereka masing-masing sesuai dengan tema yang dipelajari - Mahasiswa mempraktekkannya dalam bentu video yang di upload - Mahasiswa mendiskusikannya (sesi kritik/ saran ataupun tanya jawab) dan dosen memberikan penguatan di akhir kegiatan. |
2 x 50 menit | a. Kretivitas dalam membuat scenario ungkapan atau dialog Bahasa Arab keseharian b. Ketepatan pelafalan/ pengucapan mufradat, ungkapan, dan dialog (makharijul hurufnya) c. Kelancaran dalam komunikasi lisan d. Ekspresi komunikasi dan property yang digunakan |
Tempat Tinggal |
7 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | - Discovery Learning - Project Based Learning - Simulasi |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Kehidupan sehari0hari |
8 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 8 : UTS | Mengerjakan soal UTS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Lisan/ Praktek |
9 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | - Discovery Learning - Project Based Learning - Simulasi |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Makanan dan Minuman |
10 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | - Discovery Learning - Project Based Learning - Simulasi |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Perkuliahan |
11 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | - Discovery Learning - Project Based Learning - Simulasi |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Profesi |
12 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | - Discovery Learning - Project Based Learning - Simulasi |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Pasar |
13 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | - Discovery Learning - Project Based Learning - Simulasi |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Hobi |
14 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | - Discovery Learning - Project Based Learning - Simulasi |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Kesehatan |
15 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | - Discovery Learning - Project Based Learning - Simulasi |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Liburan |
16 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 16 : UAS | Mengerjakan soal UAS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Lisan/ Praktek |
Artefak perkuliahan Matakuliah: IBS202-Bahasa Arab Li Maharatil Kalam Yaumiyah (2 SKS), Semester: 1 20-PGMI-B, Dosen : MELISA REZI, S.PDI., MA, Ruang: L2.5, Hari: Kamis, 08.55 s.d 10.35, Tahun Akademik: 2020/2021, Jurusan: PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH
Semua hak cipta dilindungi oleh Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar