Publikasi IAIN Batusangkar

IBS101-Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (3 SKS) 1 20-MPI-A SYAIFUL MARWAN, M.Pd Lokal KII.5, Kamis, 09.45 s.d 12.15 2020/2021

IBS101-Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (3 SKS) 1 20-MPI-A SYAIFUL MARWAN, M.Pd Lokal KII.5, Kamis, 09.45 s.d 12.15 2020/2021

 

1. Identitas Matakuliah

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
Jurusan MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM
Kode Matakuliah IBS101
Nama Matakuliah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Semester 1
SKS 3 sks
Pengampu Perkuliahan SYAIFUL MARWAN, M.Pd
Peserta Perkuliahan 2030103001 - ABAN RIFANDA,
2030103002 - AFDAL PUTRA FIRDAUS,
2030103003 - AFIFAH LARA JELITA,
2030103004 - AINI,
2030103005 - AISYAH,
2030103006 - AKHIYAR HANIF,
2030103007 - ALHADI,
2030103008 - ANDINI ARNITA,
2030103009 - ANDRE RIFALDO,
2030103010 - ANISA,
2030103011 - APRI YELLI,
2030103012 - ARIS TRI SAPUTRA,
2030103013 - ASMA YUNITA,
2030103014 - ASPA YANTI,
2030103015 - AULIA FITRI,
2030103016 - BUNGA SUCI MAWADDAH,
2030103017 - CICI RAMADHANI,
2030103018 - DELI RAHMADANI,
2030103019 - DIANA SYUKRI,
2030103020 - DINDA MEDINAH,
2030103021 - DIZERRA NATALIE PUTRY,
2030103022 - ELVITA NURYA,
2030103023 - EMILLYA PUTRIANI,
2030103024 - EVI YENI,
2030103025 - FAUZI JUHANDIKA,
2030103026 - FIKRA MAKHDAS,
2030103027 - FITRI ANNISA,
2030103028 - FRADYNA FRASELYA,
2030103029 - GITA FITRI PERMATA SARI,
2030103030 - HANIFAH AULIA,
2030103031 - HANIFFAH FITRI,
2030103032 - HELDA VIONA ROZAQ,
2030103033 - HIDAYATUL IHSAN,
2030103034 - IFNU HARIYANTO,
2030103035 - ILVAN ISMAN,
2030103036 - INTAN DARUL APRILIA,
2030103037 - IRSADUL FIKRI,
2030103038 - IRVAN EFENDI

2. Deskripsi Pembelajaran

Mata kuliah ini memberikan pengetahuan kepada mahasiswa S1 suatu pendekatan yang terintegrasi mengenai teori tentang konsep Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan yang membentuk sikap dan perilaku religius yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa; berakhlak mulia; berpikir kritis, rasional, filosofis dan dinamis ; cerdas dan trampil dalam mencari, merumuskan (menulis) informasi; memahami dan trampil dalam menyampaikan ide/gagasan/informasi; berani mempertahankan dan menghargai pendapat orang lain; memahami berbagai permasalahan aktual dan mampu menyikapinya sesuai dengan perspektif nilai-nilai luhur Pancasila

3. Capaian / Kompetensi

Mahasiswa mampu menjadi ilmuan dan profesional yang berjiwa, bersikap, berprilaku dan mampu menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa-negara. Memahami dan menghayati sistem kenegaraan berdasarkan UUD 1945; HAM; Hak dan Kewajiban sebagai warga negara yang baik. Memiliki wawasan kebangsaan yang kuat dalam memahami dan memecahkan berbagai permasalahan bangsa dengan mengembangkan budaya demokratis yang berkeadaban, Nasionalisme, Cinta Tanah Air dan semangat Bela Negara. Berpartisipasi aktif dalam pembangunan bangsa dan negara berdasarkan nilai-nilai luhur Pancasila. Mampu menanamkan prinsip demokrasi bagi terwujudnya masyarakat madani, mengembangkan masyarakat menjadi demokratis, kemampuan mendapatkan kepercayaan dari rakyat (masyarakat), mengembangkan kearifan diri (self wisdom) dalam menggunakan kepercayaan yang diberikan masyarakat melalui transfer pembelajaran (transfer learning), pengalihan nilai (transfer of falues), dan pengalihan prinsip-prinsip (transfer of principles).

4. Rencana Pembelajaran

Minggu ke Indikator Capaian Pembelajaran Bahan Kajian Metode Pembelajaran Pengalaman Belajar Waktu Pembelajaran Tugas dan Penilaian Sumber Belajar
1 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Perkuliahan selama satu semseter Pembahasan tentang Perkuliahan selama satu semseter Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
2 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang Konsep Dasar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
3 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang Membangun Negara Berkeadaban Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
4 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang Identitas Nasional dan Globalisasi Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
5 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Pancasila Sebagai Sistem Nilai Pembahasan tentang Pancasila Sebagai Sistem Nilai Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
6 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
7 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
8 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... 8 : UTS Mengerjakan soal UTS Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
9 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
10 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
11 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
12 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
13 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
14 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
15 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
16 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... 16 : UAS Mengerjakan soal UAS Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya

5. Daftar Rujukan







    News

    Artefak perkuliahan Matakuliah: IBS101-Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (3 SKS), Semester: 1 20-MPI-A, Dosen : SYAIFUL MARWAN, M.Pd, Ruang: Lokal KII.5, Hari: Kamis, 09.45 s.d 12.15, Tahun Akademik: 2020/2021, Jurusan: MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM

Pengunggahan Barusan

Cari Publikasi


Advanced Search

Lihat

Akunku

Discover

Umpan RSS