Fakultas | Tarbiyah dan Ilmu Keguruan |
Jurusan | MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM |
Kode Matakuliah | IBS101 |
Nama Matakuliah | Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
Semester | 1 |
SKS | 3 sks |
Pengampu Perkuliahan | SYAIFUL MARWAN, M.Pd |
Peserta Perkuliahan | 2030103001 - ABAN RIFANDA, 2030103002 - AFDAL PUTRA FIRDAUS, 2030103003 - AFIFAH LARA JELITA, 2030103004 - AINI, 2030103005 - AISYAH, 2030103006 - AKHIYAR HANIF, 2030103007 - ALHADI, 2030103008 - ANDINI ARNITA, 2030103009 - ANDRE RIFALDO, 2030103010 - ANISA, 2030103011 - APRI YELLI, 2030103012 - ARIS TRI SAPUTRA, 2030103013 - ASMA YUNITA, 2030103014 - ASPA YANTI, 2030103015 - AULIA FITRI, 2030103016 - BUNGA SUCI MAWADDAH, 2030103017 - CICI RAMADHANI, 2030103018 - DELI RAHMADANI, 2030103019 - DIANA SYUKRI, 2030103020 - DINDA MEDINAH, 2030103021 - DIZERRA NATALIE PUTRY, 2030103022 - ELVITA NURYA, 2030103023 - EMILLYA PUTRIANI, 2030103024 - EVI YENI, 2030103025 - FAUZI JUHANDIKA, 2030103026 - FIKRA MAKHDAS, 2030103027 - FITRI ANNISA, 2030103028 - FRADYNA FRASELYA, 2030103029 - GITA FITRI PERMATA SARI, 2030103030 - HANIFAH AULIA, 2030103031 - HANIFFAH FITRI, 2030103032 - HELDA VIONA ROZAQ, 2030103033 - HIDAYATUL IHSAN, 2030103034 - IFNU HARIYANTO, 2030103035 - ILVAN ISMAN, 2030103036 - INTAN DARUL APRILIA, 2030103037 - IRSADUL FIKRI, 2030103038 - IRVAN EFENDI |
Mata kuliah ini memberikan pengetahuan kepada mahasiswa S1 suatu pendekatan yang terintegrasi mengenai teori tentang konsep Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan yang membentuk sikap dan perilaku religius yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa; berakhlak mulia; berpikir kritis, rasional, filosofis dan dinamis ; cerdas dan trampil dalam mencari, merumuskan (menulis) informasi; memahami dan trampil dalam menyampaikan ide/gagasan/informasi; berani mempertahankan dan menghargai pendapat orang lain; memahami berbagai permasalahan aktual dan mampu menyikapinya sesuai dengan perspektif nilai-nilai luhur Pancasila
Mahasiswa mampu menjadi ilmuan dan profesional yang berjiwa, bersikap, berprilaku dan mampu menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa-negara. Memahami dan menghayati sistem kenegaraan berdasarkan UUD 1945; HAM; Hak dan Kewajiban sebagai warga negara yang baik. Memiliki wawasan kebangsaan yang kuat dalam memahami dan memecahkan berbagai permasalahan bangsa dengan mengembangkan budaya demokratis yang berkeadaban, Nasionalisme, Cinta Tanah Air dan semangat Bela Negara. Berpartisipasi aktif dalam pembangunan bangsa dan negara berdasarkan nilai-nilai luhur Pancasila. Mampu menanamkan prinsip demokrasi bagi terwujudnya masyarakat madani, mengembangkan masyarakat menjadi demokratis, kemampuan mendapatkan kepercayaan dari rakyat (masyarakat), mengembangkan kearifan diri (self wisdom) dalam menggunakan kepercayaan yang diberikan masyarakat melalui transfer pembelajaran (transfer learning), pengalihan nilai (transfer of falues), dan pengalihan prinsip-prinsip (transfer of principles).
Minggu ke | Indikator Capaian Pembelajaran | Bahan Kajian | Metode Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Waktu Pembelajaran | Tugas dan Penilaian | Sumber Belajar |
---|---|---|---|---|---|---|---|
1 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Perkuliahan selama satu semseter | Pembahasan tentang Perkuliahan selama satu semseter | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
2 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang Konsep Dasar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
3 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang Membangun Negara Berkeadaban | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
4 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang Identitas Nasional dan Globalisasi | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
5 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Pancasila Sebagai Sistem Nilai | Pembahasan tentang Pancasila Sebagai Sistem Nilai | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
6 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
7 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
8 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 8 : UTS | Mengerjakan soal UTS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
9 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
10 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
11 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
12 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
13 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
14 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
15 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
16 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 16 : UAS | Mengerjakan soal UAS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya |
Artefak perkuliahan Matakuliah: IBS101-Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (3 SKS), Semester: 1 20-MPI-A, Dosen : SYAIFUL MARWAN, M.Pd, Ruang: Lokal KII.5, Hari: Kamis, 09.45 s.d 12.15, Tahun Akademik: 2020/2021, Jurusan: MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM
Semua hak cipta dilindungi oleh Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar