Fakultas | Tarbiyah dan Ilmu Keguruan |
Jurusan | PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH |
Kode Matakuliah | PGM112 |
Nama Matakuliah | Psikologi Perkembangan Anak |
Semester | 1 |
SKS | 2 sks |
Pengampu Perkuliahan | ZULHENDRI |
Peserta Perkuliahan | 2030111124 - RISKA AULIA AKMAL, 2030111125 - RISKA MEISYI PUTRI, 2030111126 - RISKA PUTRI WAHYUNI, 2030111127 - RONA NADILLA, 2030111128 - SALMA, 2030111129 - SALMA ARIFANI, 2030111130 - SALMAN ALFARISI, 2030111131 - SARA NOVITA SARI, 2030111132 - SHELA ANTIKA, 2030111133 - SISI ADRIANI, 2030111134 - SISKA JUNITA, 2030111135 - SISKA WULANDARI, 2030111136 - SITI NURLATIFAH, 2030111137 - SONIAH, 2030111138 - SRI PUTRIKA YULIANA, 2030111139 - SUCI INDAH LESTARI, 2030111140 - SYARIFATUL ULYA, 2030111141 - SYUKRA WATI OVERA, 2030111142 - TAKIN, 2030111143 - TIKA RAHMADANI, 2030111144 - TILZA RAHMI, 2030111145 - TITA CHIKAL KUMEINI, 2030111146 - TRI MUTIARA, 2030111147 - TRY OKTAFENNY, 2030111148 - ULFA FADILA, 2030111149 - VERSI INSANI FITRI, 2030111150 - VIOLA KAMARA, 2030111151 - VIONY AURELIA PUTRI, 2030111152 - WIDIA SATHIKMA, 2030111153 - WIDIA YONA MUFLIHA, 2030111154 - WIKI SAFITRI, 2030111155 - WILMA JUNIDA, 2030111156 - WULANDARI JUNIA PUTRI, 2030111157 - YANE TRISNAWATI, 2030111158 - YELNI DESRINA, 2030111159 - YELVINA, 2030111160 - YOSSI FAJRIWASTI, 2030111161 - YUNI KARLI SAPUTRI, 2030111162 - YUWINDI ZAHRA, 2030111163 - ZAHARA, 2030111164 - ZAKIA |
Materi perkembangan yang dibahas dalam mata kuliah ini meliputi konsep dan teori psikologi perkembangan anak, hakikat pertumbuhan dan perkembangan serta mengintegrasikan dalam pandangan psikologi Islam.
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar psikologi perkembangan
Mahasiswa mampu menjelaskan hakikat perkembangan
Mahasiswa mampu menjelaskan isu-isu penting dalam perkembangan
Mahasiswa mampu menjelaskan tahapan perkembangan
Mahasiswa mampu menjelaskan teori dan metode psikologi perkembangan
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep perkembangan anak
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep perkembangan kognitif anak
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep perkembangan kemandirian anak-anak
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep perkembangan emosi anak
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep perkembangan tingkah laku prososial anak
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep perkembangan Psiko-sosial
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep perkembangan moral
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep pengasuhan orang tua
Minggu ke | Indikator Capaian Pembelajaran | Bahan Kajian | Metode Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Waktu Pembelajaran | Tugas dan Penilaian | Sumber Belajar |
---|---|---|---|---|---|---|---|
1 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang Kontrak belajar, penjelasan tata tertib perkuliahan dan tugas | Kelas online dan diskusi melalui e-campus, WA, Google Classroom | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Kontrak belajar, penjelasan tata tertib perkuliahan dan tugas |
2 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
3 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
4 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
5 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
6 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
7 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 8 : UTS | Mengerjakan soal UTS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
8 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
9 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
10 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
11 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
12 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
13 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
14 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
15 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 16 : UAS | Mengerjakan soal UAS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya |
Artefak perkuliahan Matakuliah: PGM112-Psikologi Perkembangan Anak (2 SKS), Semester: 1 20-PGMI-D, Dosen : ZULHENDRI, Ruang: Lokal KII.1, Hari: Kamis, 10.35 s.d 12.15, Tahun Akademik: 2020/2021, Jurusan: PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH
Semua hak cipta dilindungi oleh Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar