Fakultas | Tarbiyah dan Ilmu Keguruan |
Jurusan | PENDIDIKAN (TADRIS) BAHASA INGGRIS |
Kode Matakuliah | TIK103 |
Nama Matakuliah | Psikologi Pendidikan |
Semester | 3 |
SKS | 2 sks |
Pengampu Perkuliahan | NANDIE HAYATI, M.Psi., Psikolog |
Peserta Perkuliahan | 1930104001 - ABDUL FIKRI, 1930104002 - ADHISTY MUTIARA PRATIWI, 1930104003 - ADRIAN NUGRAHA, 1930104004 - AISYAH HABIBAH, 1930104005 - ALFI ALFARIZY, 1930104006 - ALI AFDHAL, 1930104007 - ANGGUN JULIA GUSTI, 1930104008 - ANITA KURNIASIH, 1930104009 - ANNISA, 1930104010 - ANNISA ANDIRA PUTRI, 1930104011 - ANNISA NURULLITA, 1930104012 - ARIF FURQAN, 1930104013 - ASYRAF FUADI, 1930104014 - ATIFA SUKMA ERLIN, 1930104015 - BUNGA BERLIANSYAH, 1930104017 - DELLA RAHMATULLAH, 1930104018 - DWI OKTA FEBYOLA, 1930104019 - FADHILLAH ZAHRA, 1930104022 - FARHAN FURQANI, 1930104025 - INAYATILLA ZEIN, 1930104026 - IQBAL HADIMA, 1930104027 - IRA MAYSHAROH, 1930104038 - MUHAMMAD ARIF |
Memberikan pemahaman yang mendasar mengenai manfaat dan peran psikologi bagi dunia pendidikan. Mencakup teori-teori yang digunakan dalam psikologi pendidikan, memahami keterkaitan fungsi psikologis terhadap proses belajar serta mengatahui cara yang digunakan untuk menciptakan lingkungan belajar menurut pandangan psikologi pendidikan.
Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa dapat memahami konsep-konsep dasar psikologi pendidikan, menyebutkan teori-teori dalam psikologi pendidikan, memahami konsep belajar dan pembelajaran, memahami dan membuat evaluasi hasil belajar, menyebutkan proses kognitif kompleks, memahami motivasi dalam pembelajaran, memahami mengenai anak berkebutuhan khusus, mengetahui mengenai perbedaan individu dalam belajar, mengetahui manfaat kerjasama dan komunitas dalam dunia pendidikan, menciptakan lingkungan, serta penerapannya dalam bidang pendidikan.
Minggu ke | Indikator Capaian Pembelajaran | Bahan Kajian | Metode Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Waktu Pembelajaran | Tugas dan Penilaian | Sumber Belajar |
---|---|---|---|---|---|---|---|
1 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
2 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
3 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
4 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
5 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
6 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
7 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
8 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 8 : UTS | Mengerjakan soal UTS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
9 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
10 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
11 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
12 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
13 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
14 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
15 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
16 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 16 : UAS | Mengerjakan soal UAS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya |
Artefak perkuliahan Matakuliah: TIK103-Psikologi Pendidikan (2 SKS), Semester: 3 19-TBI-A, Dosen : NANDIE HAYATI, M.Psi., Psikolog, Ruang: L2.11, Hari: Kamis, 10.35 s.d 12.15, Tahun Akademik: 2020/2021, Jurusan: PENDIDIKAN (TADRIS) BAHASA INGGRIS
Semua hak cipta dilindungi oleh Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar