Publikasi IAIN Batusangkar

PAI111-Filsafat Pendidikan Islam (2 SKS) 3 19-PAI-B Dr. ADRIPEN, M.Pd. Lokal KI.9, Kamis, 10.35 s.d 12.15 2020/2021

PAI111-Filsafat Pendidikan Islam (2 SKS) 3 19-PAI-B Dr. ADRIPEN, M.Pd. Lokal KI.9, Kamis, 10.35 s.d 12.15 2020/2021

 

1. Identitas Matakuliah

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
Jurusan PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Kode Matakuliah PAI111
Nama Matakuliah Filsafat Pendidikan Islam
Semester 3
SKS 2 sks
Pengampu Perkuliahan Dr. ADRIPEN, M.Pd.
Peserta Perkuliahan 1930101037 - AFDAL WIDIAN HADI,
1930101038 - AFIFAH SUHAILA,
1930101039 - AFRI MAIYELI,
1930101040 - AGUS PRAYOGA INDRA,
1930101042 - AKBAR FEMZA,
1930101043 - ALDI FIRMANSYAH,
1930101044 - ALFAJRI,
1930101046 - AL-HAVIZA,
1930101047 - AMALIA CAHYANI PUTRI,
1930101048 - AMHARU RAHMAN SIDIQ,
1930101050 - ANISFA AZIZAH,
1930101051 - ANNISA FITRI,
1930101052 - ANNISA RAHMADINI,
1930101053 - ARDIANSYAH,
1930101054 - ARIF RUZIQNA,
1930101055 - ASNATUL HUSNA,
1930101056 - ASRIL YAKUB,
1930101057 - AULIA ARSY,
1930101058 - BIMA PRATAMA,
1930101059 - DELLA SAFIRA,
1930101060 - DESFIRA RAMADINA,
1930101061 - DESI RAMADHANI,
1930101062 - DEVI MULYANI,
1930101063 - DIFIA RAFINA,
1930101064 - DINA ANDRIYANI,
1930101065 - DWI EVINA MELVI,
1930101066 - ELSI APRILLA,
1930101067 - ELTRINA OKTANIA,
1930101068 - ERNAWATI,
1930101070 - FIRMA ADINDA,
1930101071 - HAFIZHAH AULIA,
1930101072 - HASNIRDA AYUNDA,
1930101073 - HAYATUL HASANAH,
1930101074 - IKHSAN ALKHAIRI,
1930101075 - IKSAN HABIL RAMADHAN,
1930101118 - RACHEL SAPUTRA,
1930101128 - RINDI ANDINI

2. Deskripsi Pembelajaran

Mahasiswa memiliki pengetahuan dan keterampilan untuk mengkaji pemikiran-pemikiran para filosof pendidikan dan pendidikan Islam tentang berbagai aspek dan komponen pendidikan dengan berbagai tokohnya, sehingga memiliki keterampilan berpikir mengenai pendidikan sehingga dapat merumuskan pemikiran konsepsional dalam bidang pendidikan Islam.

3. Capaian / Kompetensi

1. Mahasiswa dapat menganalisis pentingnya komitmen dalam pembelajaran.
2. Mahasiswa dapat menjelaskan secara rinci kon sep dasar filsafat, filsafat pendidi kan dan filsafat pendidikan Islam.
3. Mahasiswa dapat mengidentifikasi beberapa panda ngan dari aliran filsafat pendidik an dan filsafat Pendidikan Islam.
4. Mahasiswa dapat menganalisis konsep manusia, masyarakat dan ilmu pengetahuan dalam perspektif filsafat pendidikan Islam.
5. Mahasiswa dapat membedakan berbagai komponen dalam pendidikan sebagai bagian dari filsafat pendidikan Islam.
6. Mahasiswa dapat menjelaskan pola pendidikan akhlak dan pendidikan nilai dalam perspektif filsafat pendidikan Islam.
7. Mahasiswa dapat menganalisis pemikiran pendidikan tokoh pendidikan Islam dunia, Indonesia dan Minangkabau.

4. Rencana Pembelajaran

Minggu ke Indikator Capaian Pembelajaran Bahan Kajian Metode Pembelajaran Pengalaman Belajar Waktu Pembelajaran Tugas dan Penilaian Sumber Belajar
1 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
2 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
3 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
4 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
5 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
6 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang Konsep Masyarakat perspektif filsafat pendidikan Islam Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
7 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
8 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... 8 : UTS Mengerjakan soal UTS Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
9 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
10 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
11 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
12 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
13 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
14 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
15 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
16 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... 16 : UAS Mengerjakan soal UAS Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya

5. Daftar Rujukan







    News

    Artefak perkuliahan Matakuliah: PAI111-Filsafat Pendidikan Islam (2 SKS), Semester: 3 19-PAI-B, Dosen : Dr. ADRIPEN, M.Pd., Ruang: Lokal KI.9, Hari: Kamis, 10.35 s.d 12.15, Tahun Akademik: 2020/2021, Jurusan: PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Pengunggahan Barusan

Cari Publikasi


Advanced Search

Lihat

Akunku

Discover

Umpan RSS