Fakultas | Tarbiyah dan Ilmu Keguruan |
Jurusan | PENDIDIKAN AGAMA ISLAM |
Kode Matakuliah | PAI111 |
Nama Matakuliah | Filsafat Pendidikan Islam |
Semester | 3 |
SKS | 2 sks |
Pengampu Perkuliahan | Dr. ADRIPEN, M.Pd. |
Peserta Perkuliahan | 1930101037 - AFDAL WIDIAN HADI, 1930101038 - AFIFAH SUHAILA, 1930101039 - AFRI MAIYELI, 1930101040 - AGUS PRAYOGA INDRA, 1930101042 - AKBAR FEMZA, 1930101043 - ALDI FIRMANSYAH, 1930101044 - ALFAJRI, 1930101046 - AL-HAVIZA, 1930101047 - AMALIA CAHYANI PUTRI, 1930101048 - AMHARU RAHMAN SIDIQ, 1930101050 - ANISFA AZIZAH, 1930101051 - ANNISA FITRI, 1930101052 - ANNISA RAHMADINI, 1930101053 - ARDIANSYAH, 1930101054 - ARIF RUZIQNA, 1930101055 - ASNATUL HUSNA, 1930101056 - ASRIL YAKUB, 1930101057 - AULIA ARSY, 1930101058 - BIMA PRATAMA, 1930101059 - DELLA SAFIRA, 1930101060 - DESFIRA RAMADINA, 1930101061 - DESI RAMADHANI, 1930101062 - DEVI MULYANI, 1930101063 - DIFIA RAFINA, 1930101064 - DINA ANDRIYANI, 1930101065 - DWI EVINA MELVI, 1930101066 - ELSI APRILLA, 1930101067 - ELTRINA OKTANIA, 1930101068 - ERNAWATI, 1930101070 - FIRMA ADINDA, 1930101071 - HAFIZHAH AULIA, 1930101072 - HASNIRDA AYUNDA, 1930101073 - HAYATUL HASANAH, 1930101074 - IKHSAN ALKHAIRI, 1930101075 - IKSAN HABIL RAMADHAN, 1930101118 - RACHEL SAPUTRA, 1930101128 - RINDI ANDINI |
Mahasiswa memiliki pengetahuan dan keterampilan untuk mengkaji pemikiran-pemikiran para filosof pendidikan dan pendidikan Islam tentang berbagai aspek dan komponen pendidikan dengan berbagai tokohnya, sehingga memiliki keterampilan berpikir mengenai pendidikan sehingga dapat merumuskan pemikiran konsepsional dalam bidang pendidikan Islam.
1. Mahasiswa dapat menganalisis pentingnya komitmen dalam pembelajaran.
2. Mahasiswa dapat menjelaskan secara rinci kon sep dasar filsafat, filsafat pendidi kan dan filsafat pendidikan Islam.
3. Mahasiswa dapat mengidentifikasi beberapa panda ngan dari aliran filsafat pendidik an dan filsafat Pendidikan Islam.
4. Mahasiswa dapat menganalisis konsep manusia, masyarakat dan ilmu pengetahuan dalam perspektif filsafat pendidikan Islam.
5. Mahasiswa dapat membedakan berbagai komponen dalam pendidikan sebagai bagian dari filsafat pendidikan Islam.
6. Mahasiswa dapat menjelaskan pola pendidikan akhlak dan pendidikan nilai dalam perspektif filsafat pendidikan Islam.
7. Mahasiswa dapat menganalisis pemikiran pendidikan tokoh pendidikan Islam dunia, Indonesia dan Minangkabau.
Minggu ke | Indikator Capaian Pembelajaran | Bahan Kajian | Metode Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Waktu Pembelajaran | Tugas dan Penilaian | Sumber Belajar |
---|---|---|---|---|---|---|---|
1 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
2 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
3 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
4 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
5 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
6 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang Konsep Masyarakat perspektif filsafat pendidikan Islam | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
7 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
8 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 8 : UTS | Mengerjakan soal UTS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
9 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
10 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
11 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
12 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
13 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
14 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
15 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
16 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 16 : UAS | Mengerjakan soal UAS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya |
Artefak perkuliahan Matakuliah: PAI111-Filsafat Pendidikan Islam (2 SKS), Semester: 3 19-PAI-B, Dosen : Dr. ADRIPEN, M.Pd., Ruang: Lokal KI.9, Hari: Kamis, 10.35 s.d 12.15, Tahun Akademik: 2020/2021, Jurusan: PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Semua hak cipta dilindungi oleh Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar