Fakultas | Tarbiyah dan Ilmu Keguruan |
Jurusan | MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM |
Kode Matakuliah | IBS101 |
Nama Matakuliah | Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
Semester | 1 |
SKS | 3 sks |
Pengampu Perkuliahan | SYAIFUL MARWAN, M.Pd |
Peserta Perkuliahan | 2030103077 - REZA SAFITRI, 2030103078 - RILLA PUTRI ZONA, 2030103079 - RINCE WULANDARI, 2030103080 - RIRIN FARDILA, 2030103081 - RISKA RAHMADANI, 2030103082 - SALMA HANIFAH, 2030103083 - SALMI, 2030103084 - SEFTYA WULANDARI, 2030103085 - SELSA HANIFAH PUTRI, 2030103086 - SILVI ARIANTO, 2030103087 - SILVINA EFENDI, 2030103088 - SINTA MARDIA PUTRI, 2030103089 - SOPIALIS, 2030103090 - SRI HANDAYANI, 2030103091 - SUCI FEBRIANTI, 2030103092 - SUCI ROMADONA, 2030103093 - SUFITRI PRATIWI, 2030103094 - SYAFRI DONI PUTRA, 2030103095 - TIKA PURNAMA SARI, 2030103096 - TRI SULEZI SEPTIKA, 2030103097 - TRI SURYANI, 2030103098 - ULFA FAKHIRA, 2030103099 - ULFAH FADILLAH, 2030103100 - ULFI YULIANTI, 2030103101 - ULVIA NOVITRI, 2030103102 - USMIATI, 2030103103 - USWATUN HASANAH, 2030103104 - VELLIA MULTAFIAH, 2030103105 - WARSI LASMI, 2030103106 - WINDA MARTAVIA, 2030103107 - YAZID MUHAMMAD IHSAN, 2030103108 - YOLA YULIARA, 2030103109 - YULI NOVIA, 2030103110 - YULTIA, 2030103111 - YUSRI EKA PUTRI, 2030103112 - ZIKRA KHAIRUNNISA, 2030103113 - ZULFADLI SAPUTRA |
Mata kuliah ini memberikan pengetahuan kepada mahasiswa S1 suatu pendekatan yang terintegrasi mengenai teori tentang konsep Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan yang membentuk sikap dan perilaku religius yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa; berakhlak mulia; berpikir kritis, rasional, filosofis dan dinamis ; cerdas dan trampil dalam mencari, merumuskan (menulis) informasi; memahami dan trampil dalam menyampaikan ide/gagasan/informasi; berani mempertahankan dan menghargai pendapat orang lain; memahami berbagai permasalahan aktual dan mampu menyikapinya sesuai dengan perspektif nilai-nilai luhur Pancasila
Mahasiswa mampu menjadi ilmuan dan profesional yang berjiwa, bersikap, berprilaku dan mampu menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa-negara. Memahami dan menghayati sistem kenegaraan berdasarkan UUD 1945; HAM; Hak dan Kewajiban sebagai warga negara yang baik. Memiliki wawasan kebangsaan yang kuat dalam memahami dan memecahkan berbagai permasalahan bangsa dengan mengembangkan budaya demokratis yang berkeadaban, Nasionalisme, Cinta Tanah Air dan semangat Bela Negara. Berpartisipasi aktif dalam pembangunan bangsa dan negara berdasarkan nilai-nilai luhur Pancasila. Mampu menanamkan prinsip demokrasi bagi terwujudnya masyarakat madani, mengembangkan masyarakat menjadi demokratis, kemampuan mendapatkan kepercayaan dari rakyat (masyarakat), mengembangkan kearifan diri (self wisdom) dalam menggunakan kepercayaan yang diberikan masyarakat melalui transfer pembelajaran (transfer learning), pengalihan nilai (transfer of falues), dan pengalihan prinsip-prinsip (transfer of principles).
Minggu ke | Indikator Capaian Pembelajaran | Bahan Kajian | Metode Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Waktu Pembelajaran | Tugas dan Penilaian | Sumber Belajar |
---|---|---|---|---|---|---|---|
1 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Perkuliahan selama satu semester | Pembahasan tentang Perkuliahan selama satu semester | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
2 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Konsep Dasar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan | Pembahasan tentang Konsep Dasar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
3 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Membangun Negara Berkeadaban | Pembahasan tentang Membangun Negara Berkeadaban | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
4 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Identitas Nasional dan Globalisasi | Pembahasan tentang Identitas Nasional dan Globalisasi | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
5 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Pancasila Sebagai Sistem Nilai | Pembahasan tentang Pancasila Sebagai Sistem Nilai | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
6 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Integrasi Nasional | Pembahasan tentang Integrasi Nasional | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
7 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Konstitusi dan Peraturan Perundang-Undangan | Pembahasan tentang Konstitusi dan Peraturan Perundang-Undangan | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
8 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 8 : UTS | Mengerjakan soal UTS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
9 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
10 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
11 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
12 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
13 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
14 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
15 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
16 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 16 : UAS | Mengerjakan soal UAS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya |
Artefak perkuliahan Matakuliah: IBS101-Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (3 SKS), Semester: 1 20-MPI-C, Dosen : SYAIFUL MARWAN, M.Pd, Ruang: Lokal KII.5, Hari: Kamis, 13.15 s.d 15.45, Tahun Akademik: 2020/2021, Jurusan: MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM
Semua hak cipta dilindungi oleh Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar